Estimasi Fungsi Permintaan Dan Elastisitas Permintaan Beras di Kota Medan

Authors

  • Cyprianus PH. Saragi Fakultas Pertanian, Universitas Katolik Santo Thomas Medan
  • Palentina Pia Sinaga Fakultas Pertanian, Universitas Katolik Santo Thomas Medan

DOI:

https://doi.org/10.54367/agriust.v1i1.1020

Abstract

Padi yang setelah digiling berubah menjadi beras, merupakan salah satu komoditas pertanian yang ada di Kota Medan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan beras di Kota Medan. dan menganalisis elastisitas permintaan beras di Kota Medan. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data time series ( tahun 2000 - tahun 2019), analisis data dengan menggunakan regresi linier berganda. Koefisien determinasi (R2)  sebesar 0,72 menunjukkan bahwa sekitar 72% permintaan beras di Kota Medan dijelaskan oleh harga beras, harga jagung, harga ubi kayu, harga telur, pendapatan per kapita, dan jumlah penduduk, sedangkan 28% sisanya dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam model. Hasil uji over-all  menunjukkan bahwa harga beras, harga jagung, harga ubi kayu, harga telur, pendapatan per kapita, dan jumlah penduduk secara simultan berpengaruh nyata terhadap permintaan beras. Berdasarkan uji parsial, variabel harga jagung, harga ubi kayu, pendapatan per kapita, dan jumlah penduduk berpengaruh positif dan signifikan sedangkan variabel harga beras dan harga telur  berpengaruh positif dan tidak signifikan. Elastisitas harga beras adalah inelastis, elastisitas silang dari jagung dan ubi kayu dengan beras bertanda positif atau substitusi serta elastisitas silang antara telur dengan beras bertanda negatif atau komplementer, dilihat dari elastisitas pendapatan beras adalah barang normal. 

Author Biography

Cyprianus PH. Saragi, Fakultas Pertanian, Universitas Katolik Santo Thomas Medan

Dosen Tetap UNIKA Santo Thomas

References

Amang.B. dan M. H. Sawit.1999. Kebijakan Beras dan Pangan Nasional.IPB Press. Bogor.

Arsyad. 1995. Ekonomi Mikro. BPFE.Yogyakarta.

BPS. 2020. Kota Medan Dalam Angka 2020. BPS Kota Medan.

Dinas Ketahanan Pangan Kota Medan. 2020. Perkembangan Permintaan Beras Kota Medan. Dinas Ketahanan Pangan Kota Medan.

Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Medan. 2020. Perkembangan Harga Beras, Harga Jagung, Harga Ketela Pohon, dan Harga Telur Tahun 2000-2019. Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Medan.

Nugraheni. 2008. Analisis Permintaan Beras Pada Rumah Tangga Miskin di Kabupaten Demak. Universitas Sebelas Maret. Surakarta.

Sudarman, Ari. 2000. Teori Ekonomi Mikro Jilid 1 Edisi Ketiga.BPFE.Yogyakarta.

Sukirno. 2005. Pengantar Teori Mikro Ekonomi. PT Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Winarto.2010. Analisis Permintaan dan Penawaran Beras di Jawa Tengah. Majalah Ilmiah Ekonomika Volume 13 Nomor 1, Februari 2010:1-46.

Published

2020-12-13

How to Cite

Saragi, C. P., & Sinaga, P. P. (2020). Estimasi Fungsi Permintaan Dan Elastisitas Permintaan Beras di Kota Medan. Jurnal Agriust, 1(1), 1–4. https://doi.org/10.54367/agriust.v1i1.1020

Issue

Section

Artikel