Respon Penawaran Padi/Beras di Indonesia

Authors

  • Julia Hutauruk Fakultas Pertanian, Universitas Katolik Santo Thomas Medan

DOI:

https://doi.org/10.54367/agriust.v1i1.1022

Keywords:

respon penawaran, produktivitas, luas lahan

Abstract

Padi / beras merupakan komoditi yang paling penting perannya di Indonesia karena merupakan sumber pendapatan dan kesempatan kerja bagi sebagian besar pernduduk, merupakan komponen penting dalam pengeluaran rumahtangga, sehingga kedua hal ini menyebabkan beras menjadi penentu stabilitas ekonomi dan politik nasional. Dalam dua puluh tahun terakhir, luas lahan di Indonesia menyusut. Menurut perkiraan, penyusutan terjadi sampai dengan 90.000 ha/thn. (terutama di jawa). Penyusutan lahan tersebut menjadi kontribusi utama dalam penyusutan produksi beras nasional sehingga impor beras meingkat dari tahun ke tahun.Peningkatan produksi padi merupakan upaya memenuhi kebutuhan masyarakat dan mengurangi impor. Studi ini dilakukan dengan menganalisa factor yang mempengaruhi penawaran padi/ beras di Indonesia dan respon penawaran didekati dengan menganalisa elastibilitas jangka pendek maupun jangka panjang. Hasil studi menunjukkan bahwa pengaruh harga signifikan terahadap produktivitas tetapi tidak signifikan pada luas areal. Dalam jangka pendek, elastisitas penawaran yang diwakili oleh luas areal ( 0,079 dalam jangka pendek dan 0,151 dalam jangka panjang) lebih kecil daripada elastisitas produktivitas (0,049 dalam jangka pendek dan 0,272 dalam jangka panjang. Elastisitas penawaran lebih kecil disbanding dengan elastisitas jangka panjang. Elasitisitas penawaran padi pada sawah di Indonesia adalah Inelastis baik dalam jangka pendek maupun dalam jangka panjang.

Author Biography

Julia Hutauruk, Fakultas Pertanian, Universitas Katolik Santo Thomas Medan

Dosen Tetap UNIKA Santo Thomas

References

Amalia, Dkk (2019). Badan Pusat Statistik Jakarta.

Badan Pusat Statistik, 1991 – 2015, Statistik Indonesia, BPS. Jakarta

Badan Pusat Statistik, 2005. Luas Penggunaan Lahan, BPS. Jakarta.

Gujaraty, D, 1978. Theory of economics Harper and Row Publisher Inc, New York.

Irawa, A. Analisis Respon Penawaran Padi sawah dan Ladang di jawa dan luar jawa.

Jalil, S (2018). Kementrian Koordinator bidang perekonomian, Jakarta.

Koytsoyiannis A. 1978. Theory of Econometrics Harper and Row Publisher Inc, New York.

Nerlove, M, 1958. The Dynamics of supply : estimation of farmers. Response to Price the John Hopkin Press/Boldtimore _____1958: Distributed lags and estimation of Long Run Supply and Demand Elosticities.

Sudaryanto, T. SH, Susilawati, 2009. Increasing Number of small farms : Decline of persistence, Universitu of Kent Coutenbury, UK.

Published

2020-12-13

How to Cite

Hutauruk, J. (2020). Respon Penawaran Padi/Beras di Indonesia. Jurnal Agriust, 1(1), 10–14. https://doi.org/10.54367/agriust.v1i1.1022

Issue

Section

Artikel