Deskripsi Efisiensi Agribisnis Usahatani Kentang pada Alternatif Kombinasi Input Produksi di Desa Kaban Kecamatan Kabanjahe Kabupaten Karo

Authors

  • Stefanus Deras Fakultas Pertanian, Universitas Katolik Santo Thomas
  • Helviani Sinulingga Fakultas Pertanian, Universitas Katolik Santo Thomas

DOI:

https://doi.org/10.54367/agriust.v1i2.1438

Keywords:

input produksi, efisiensi, alternative kombinasi input

Abstract

Agribisnis kentang penting sebagai sumber pendapatan petani, kebutuhan ekspor, dan bahan baku  industri. Produksi ditentukan oleh jenis, kualitas, dan kuan-titas input produksi, juga kombinasi in-put yang digunakan. Harga input dan harga produksi menentukan efsiensi dal-am agribsinis kentang. Penelitian ini ber-tujuan untuk mendeskripsikan tingkat efisiensi penggunaan input produksi pa-da kondisi riil usahatani, dan kombinasi alaternatif yang membuat sesuatu input tertentu dapat memberi nilai efisiensi yang rasional daripada input yang lain-nya. Hasil analisis data memperlihatkan input produksi yang penggunaannya sudah rasional dalam kondisi riil usaha-tani hanyalah pupuk kandang, pupuk hidro dan pupuk paten kali, dengan nilai elastisitas produksi (1 < Ep < 0). Melalui metode apriori terhadap informasi, di-ketahui bahwa input produksi bibit mem-beri nilai efisiensi teknis yang rasional pada: kombinasi I (bibit, pupuk kandang, pupuk cantik, pupuk hidro, pupuk paten kali, X-TraNil, dan tenaga kerja);.kombi-nasi IV (bibit, pupuk kandang, pupuk hidro, pupuk paten kali, X-TtraNil, dan tenaga kerja); kombinasi V (bibit, pupuk kandang, pupuk hidro, X-TtraNil, dan tenaga kerja). Input produksi pupuk kandang dan pupuk paten kali menyum-bang nilai efisiensi yang rasional pada kombinasi I. Pestisida mantab menyum-bang nilai efisiensi yang rasional pada kombinasi I. Berbagai kombinasi itu menyumbang nilai efisiensi teknis de-ngan elastisitas produksi (1 < Ep < 0).   Dari segi harga, penggunaan input pro-duksi dengan berbagai alternative dan kondisi riil di lapangan semuanya pada kondisi yang tidak rasional, dengan efisiensi (k) > 1.

Author Biography

Stefanus Deras, Fakultas Pertanian, Universitas Katolik Santo Thomas

Dosen Tetap UNIKA Santo Thomas

References

Ashandi, 2014. Komoditas Kentang. Balai Penelitian Dan Pengem-banganPertanian Hortikultura Lembang.

Santoso. 2008. Hasil Olahan Ken-tang. Penerbit Kanisius. Yogya-karta.

Anonimus. 2019. Statistik Tanaman Hortikultura Sumatera Utara. BPS. Provinsi Sumatera Utara.

………2020. Produktivitas Tanaman Kentang Kabupaten Karo Tahun 2015-2019. BPS Kabupaten Karo.

…………2020. UPT BI Hortikultura Berastagi. Dinas Pertanian Kabupaten Karo, Propinsi Suma-tera Utara.

Afifah, FJ., 2011. Penanganan Penyimpanan Kentang Bibit di Hikmah Farm Pengalengan, Bandung Jawa Barat. Departe-men Agronomi dan Hortikul-tura, Fakultas Pertanian. Institut Per-tanian Bogor.

Soekartawi, 1999. Agribisnis Teori dan Aplikasinya. PT. Raja Gra-findo Persada. Jakarta.

Meiners, 2000. Teori Mikroekonomi Intermediate, Penerjemah Haris Munandar, PT. Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Mubiyarto. 1987. Teori Ekonomi Produksi Dengan Pokok Bahasan Analisis Fungsi Cobb Douglas PT. Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Setia, 2009. Budidaya Kentang.

Penebar Swadaya. Jakarta.

Anny, Hartati. 2011. Tingkat Efisi-ensi Faktor Produksi Pada Usahatani Kentang di Keca-matan Karangreja Jawa Tengah. Jurnal ISSN:1410-0029. Fakultas Pertanian Unsoed.Purwokerto.

Deras Stefanus. 2020. Peningkatan Efisiensi Agribisnis Kentang Melalui Introduksi Bibit Granola 4 Dii Desa Bandar Hinalang Kecamatan Purba Kabupaten

Simalungun, Jurnal Agriust, edisi pertama. Program Studi Agri-bisnis, Fakultas Pertanian Unika St Thomas, Medan.

Tri Widayati, 2014. Analisis Efisi-ensi Penggunaan Faktor Pro-duksi Pada Usahatani Kentang di Kawasan Dieng Jawa Tengah. Jurnal ISBN: 978-602-141192-6. Fakultas Ekonomika dan Bisnis UNTAG, Semarang.

Sudradjat, M. SW. 1984. Mengenal Ekonometrika Pemula. Penerbit Armico. Bandung.

Published

2021-09-28

How to Cite

Deras, S., & Sinulingga, H. (2021). Deskripsi Efisiensi Agribisnis Usahatani Kentang pada Alternatif Kombinasi Input Produksi di Desa Kaban Kecamatan Kabanjahe Kabupaten Karo. Jurnal Agriust, 1(2), 76–81. https://doi.org/10.54367/agriust.v1i2.1438

Issue

Section

Artikel