KAJIAN POTENSI PENGEMBANGAN EKOWISATA BERBASIS EDUKASI DI KAWASAN WADUK SEI LADI KOTA BATAM

Authors

  • Yoseph Seno Prakoso Universitas Internasional Batam
  • Carissa Dinar Aguspriyanti Universitas Internasional Batam

DOI:

https://doi.org/10.54367/alur.v4i1.1078

Keywords:

Arsitektur, Rancang Kota, Arsitektur Lansekap

Abstract

Dalam upaya meningkatkan potensi pariwisata Kota Batam yang masih terfokus pada wisata pantai, pengembangan Waduk Sei Ladi dapat memberikan alternatif destinasi wisata alam yang menarik. Sebagai sarana penyediaan sumber daya air, keberadaan Waduk Sei Ladi cukup signifikan. Oleh karena itu, pengembangan pariwisata di kawasan tersebut harus berasaskan pembangunan berkelanjutan dan berwawasan lingkungan (ekowisata). Hal yang sama pentingnya, yakni keterlibatan masyarakat setempat dalam proses perencanaan dan pengelolaannya sehingga pengembangan yang berkelanjutan dapat terwujud, serta dapat menjadi bagian dari implementasi pengembangan kawasan ekowisata berbasis edukasi, di mana masyarakat dapat memperoleh pengetahuan yang lebih luas dalam prosesnya. Penelitian ini menemukan bahwa kawasan Waduk Sei Ladi memiliki potensi yang baik untuk dikembangkan sebagai kawasan ekowisata berbasis edukasi. Hal ini didukung dengan adanya daya tarik kawasan yang beragam, persepsi masyarakat yang positif terhadap pengembangan di kawasan tersebut, dan kebijakan pemerintah setempat yang juga mendukung pengembangan kawasan Waduk Sei Ladi sebagai objek wisata berwawasan lingkungan.

References

Arida, I. N. S. (2017). Ekowisata: Pengembangan, Partisipasi Lokal, dan Tantangan. In Cakra Press.

Badan Pusat Statistik Kota Batam. (2020a). Badan Pusat Statistik Kota Batam. https://batamkota.bps.go.id/subject/16/pariwisata.html#subjekViewTab3

Badan Pusat Statistik Kota Batam. (2020b). Kota Batam dalam Angka 2020: Penyediaan Data untuk Perencanaan Pembangunan (Vol. 66).

Breen, A., Rigby, D., Norris, D. C., (U.S.), W. C., & Staff, W. C. (1994). Waterfronts: Cities Reclaim Their Edge. McGraw-Hill.

Fennell, D. (2003). Ecotourism: An Introduction. Routledge.

Peraturan Menteri Dalam Negeri. (2009). Pedoman Pengembangan Ekowisata di Daerah.

Phillips, R., & Pittman, R. H. (2014). An introduction to community development: Second edition.

Prabudiantoro, B. (1997). Kriteria Citra Waterfront City. Universitas Diponegoro.

Rubenstein, H. M. (1969). A guide to site and environmental planning. New York (N.Y.) : Wiley.

Published

2022-01-12

How to Cite

Prakoso, Y. S., & Aguspriyanti, C. D. (2022). KAJIAN POTENSI PENGEMBANGAN EKOWISATA BERBASIS EDUKASI DI KAWASAN WADUK SEI LADI KOTA BATAM. ALUR : Jurnal Arsitektur, 4(1), 37–45. https://doi.org/10.54367/alur.v4i1.1078

Issue

Section

Artikel