KAJIAN ARSITEKTUR TROPIS PADA BANGUNAN RUMAH SAKIT KELUARGA KUDUS ENDE

Authors

  • Petrus Jhon Alfred Universitas Flores

DOI:

https://doi.org/10.54367/alur.v4i2.1200

Keywords:

arsitektur tropis, ende flores, keluarga kudus, rumah sakit

Abstract

Rumah Sakit Keluarga Kudus adalah Rumah Sakit Bersalin yang ada di Ende, Flores, NTT. Rumah Sakit ini merupakan bangunan lama yang masih bertahan dan menyerupai ciri arsitektur kolonial yang tanpa disadari keberadaannya beradaptasi dengan iklim tropis. Iklim tropis adalah iklim dimana panas merupakan masalah yang dominan pada hampir keseluruhan waktu. Kondisi iklim tropis memerlukan syarat-syarat khusus dalam perancangan bangunan, mengingat ada beberapa faktor-faktor spesifik yang hanya dijumpai secara khusus pada iklim tersebut. Untuk itu perlu dilakukan penelitian mengenai sejauh mana bangunan Rumah Sakit Keluarga Kudus ini memenuhi prinsip-prinsip arsitektur tropis yang meliputi elemen desain rancangannya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Metode kualitatif deskriptif digunakan untuk menguraikan elemen desain rancangan bangunan Rumah Sakit Keluarga Kudus yang berkaitan erat dengan iklim tropis. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan literatur kepustakaan. Dari hasil analisis dapat disimpulkan orientasi bangunan arah timur-barat belum optimal karena menerima panas sehingga suhu ruangan rata-rata tinggi. Penempatan massa bangunan menghasilkan sirkulasi udara dan pola pergerakan aliran udara lebih dinamis. Ventilasi yang ada menciptakan nafas untuk sirkulasi udara dan suhu ruangan terasa sejuk. Penerapan ventilasi bawah mengurangi kelembaban pada permukaan lantai dan tanah. Kanopi belum optimal menghalau sinar matahari karena ukurannya tidak sesuai dengan sudut datang sinar matahari. Bentuk atap dengan kemiringan 45Ëš dan tinggi 3 - 4 meter mampu mengalirkan air hujan dengan baik dan membantu mengurangi pemanasan ruang di dalam bangunan.

Author Biography

Petrus Jhon Alfred, Universitas Flores

Program Studi Arsitektur Fakultas Teknik Universitas Flores

References

Aprita, D. R. (2020). Arsitektur Tropis Pada Tata Ruang Dan Permukiman Di Kampung Pulo Garut. Jurnal Arsitektur ZONASI, 3(3), 413-421.

Arisal, Y. S. (2020). Analisis Penerapan Arsitektur Tropis Pada Bangunan Kantor Sewa Wisma Dharmala Sakti jakarta. Purwa Rupa,, 4(1), 53-58.

Fanger, P. (1970). Thermal Comfort: Analysis And Applications In Environmental Engineering. New York: McGraw-Hill.

Givoni, B. (1998). Climate Considerations In Building and Urban Design. New York: Van Nostrand Reinhold.

Groat, L. a. (2002). Architectural Research Methods. Canada: Jhon Wiley & Sons.

Karyono, T. H. (1998). Arsitektur Tropis dan Bangunan Hemat Energi. Jurnal KALANG, Jurusan Teknik Arsitektur, Universitas Tarumanagara, 1(1).

Karyono, T. H. (2010). Arsitektur dan Kota Tropis Dunia Ketiga: Suatu Bahasan tentang Indonesia. Depok: PT Raja Grafindo.

Koenigsberger, O. e. (1975). Manual Of Tropical Housing and Building Part 1: Climatic Design. London: Longman.

Lippsmeier, G. (1994). Bangunan Tropis. Jakarta: Erlangga.

Malama, A. d. (1996). Thermal and Economic Implications of Passive Cooling Strategies in Low-Cost Housing in Tropical Upland Climate. Architectural Science Review, 39(2), 95-106.

Purwanto, L. (2006). Arsitektur Tropis dalam Penerapan Desain Arsitektur. Semarang: Unika Soegija Pranata.

Rosadi, H. N. (2012). Pengaruh Sudut Kemiringan Atap Bangunan dan Orientasinya Terhadap Kualitas Termal. Prosiding Temu Ilmiah IPLBI, 93-96.

Samodra, F. B. (2009). Spesifikasi Kinerja Termal Sistim Konstruksi Kulit Rumah Tinggal Tropis dalam Variasi Altitude. Surabaya: Seminar Nasional Pascasarjana IX – ITS.

Santosa, M. (1997). Arsitektur Tradisional Tropis Lembab: Sebuah Referensi untuk Pengembangan Arsitektur di Indonesia. Surabaya: Kumpulan Karya Ilmiah, Jurusan Arsitektur ITS.

Santosa, M. (2001). Harmoni di Lingkungan Tropis Lembab: Keberhasilan Bangunan Kolonial. Dimensi Teknik Arsitektur, 29(1), 34 – 42.

Sardjono, A. B. (2011). Respon Rumah Tradisional Kudus Terhadap Iklim Tropis. Modul, 11(1), 7-16.

Szokolay, S. (1980). Environmental Scince Handbook For Architecs And Builders. Lancaster: The Construction Press.

Published

2021-09-20

How to Cite

Alfred, P. J. (2021). KAJIAN ARSITEKTUR TROPIS PADA BANGUNAN RUMAH SAKIT KELUARGA KUDUS ENDE. ALUR : Jurnal Arsitektur, 4(2), 90–97. https://doi.org/10.54367/alur.v4i2.1200