KAJIAN PERSEPSI OWNER TERHADAP FAKTOR-FAKTOR PENGHAMBAT KINERJA TUKANG PADA PROSES PEMBANGUNAN RUMAH DI KOTA MEDAN

Authors

  • Polin DR Naibaho Unika Santo Thomas

DOI:

https://doi.org/10.54367/alur.v4i2.1423

Keywords:

persepsi, tukang, owner, penghambat, kinerja.

Abstract

Pekerja bangunan atau tukang dalam proyek membangun rumah merupakan pendukung penting dalam membangun rumah ataupun merenovasi rumah.Kenyataan dilapangan, banyak pemilik rumah yang  membangun rumah ataupun renovasi, mengeluhkan kinerja dari pekerja bangunan yang lalai dalam pekerjaannya sehingga menyebabkan kerugian material yang tidak sedikit.  Penelitian ini diadakan untuk mencari faktor-faktor yang menjadi penghambat bagi pekerja bangunan dalam proses pekerjaan mereka dilapangan. Metode penelitian dilakukan secara kualitatif deskriptif. Lokasi penelitian berada di kota Medan di 3 (tiga) kecamatan yaitu Medan Selayang, Medan Tuntungan dan Medan Johor. Responden terbagi atas mandor, kepala tukang, tukang kayu, tukang batu dan kernet. Hasil dari penelitian ini didapat bahwa faktor penghambat dalam kelompok faktor internal hubungan kerja adalah:  faktor pemilik rumah yang banyak permintaan. Kemudian faktor penghambat dalam kelompok faktor eksternal di lapangan adalah: bahan bangunan yang kurang. Sedangkan untuk faktor penghambat bagi kelompok faktor eksternal lingkungan adalah: faktor cuaca buruk.

References

Samovar, L. A., 2017. Communication Between Cultures Ninth Edition. Boston.

Soeharto, I, 1999, Manajemen Proyek: Dari Konseptual Sampai Operasional. Jilid I Jakarta : Erlangga.

Wiyana, Y, 2012, Analisis Kegagalan Konstruksi dan Bangunan dari Perspektif Faktor Teknis, Jurnal Wahana Teknik Sipil Vol 17 No II, hal.77-86, Semarang

Melati, R, 2011, Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kinerja Kerja Wanita pada Proyek Konstruksi di Kota Denpasar, Jurnal Rekayasa Sipil, Volume 5 No. 2, hal 108-117, Malang.

Musthofa, 2015, Analisa Pengaruh Kinerja Mandor Terhadap Kualitas Proyek Konstruksi di Kota Tuban, Jurnal Teknik Sipil Untag,Vol 8 No. 2, Surabaya.

Siagian, P., 2014, Manajemen Sumber Daya Manusia, Bumi Aksara, Jakarta

Nazir, Moh. 1983, Metode Penelitian. Jakarta : Ghalia Indonesia.

Sinulingga, S, 2014, Metode Penelitian. USU Press.

Mangkunegara, A.P. 2000. Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Remaja Rosdakarya, Padalarang.

Yusuf, A. Muri, Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif dan Penelitian Gabungan, 2014, Kencana Preamedia Group, Jakarta.

Sinungan, M, Drs, 2009, Produktivitas Apa dan Bagaimana, Bumi Aksara, Jakarta

Published

2021-09-20

How to Cite

Naibaho, P. D. (2021). KAJIAN PERSEPSI OWNER TERHADAP FAKTOR-FAKTOR PENGHAMBAT KINERJA TUKANG PADA PROSES PEMBANGUNAN RUMAH DI KOTA MEDAN. ALUR : Jurnal Arsitektur, 4(2), 105–117. https://doi.org/10.54367/alur.v4i2.1423