Perancangan Stasiun Televisi Lokal di Tembilahan Dengan Penerapan Prinsip Desain Richard Rogers

ar nina(1*),

(1) Universitas Riau
(*) Corresponding Author

Sari


Di era globalisasi perkembangan informasi sangatlah pesat melaui berbagai macam media yang ada, baik itu media cetak maupun media elektronik. Televisi merupakan salah satu media informasi yang banyak digunakan oleh  masyarakat untuk memperoleh informasi. Televisi berperan penting dalam penyampaian informasi yang dapat menampilkan gambar (visual) sekaligus suara (Audio) secara langsung melalui sebuah tayangan/siaran. Kabupaten Indragiri Hilir merupakan kabupaten yang memiliki potensi besar dalam bidang wisata dan agricultural sehingga memerlukan adanya media informasi dengan teknologi yang memadai sebagai sarana untuk mempromosikan potensi yang dimiliki oleh Kabupaten Indragiri Hilir sendiri. Oleh karena itu, rancangan Stasiun Televisi lokal di Tembilahan dengan penerapan prinsip desain Richard Rogers diharapkan dapat menciptakan stasiun televisi lokal yang dapat memfasilitasi  proses produksi maupun pra-produksi informasi lokal dengan perkembangan teknologi dan berstandar nasional serta dapat menjadi media lokal yang dapat meningkatkan pendapatan daerah Indragiri Hilir.


Kata Kunci


Stasiun televisi lokal, Richard Rogers, Tembilahan

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abdullah, Muhajir. 2014. Stasiun Televisi Swasta Makassar. Program Studi Arsitektur, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Makassar.

Al Hadi, Razief, M. 2012. Peranan LPP dalam Memberikan Informasi Pembangunan Terhadap Masyarakat Kota Pekanbaru. Jurusan Ilmu Komunikasi, Universitas Sultan Syarif Kasim Riau. Pekanbaru.

Aswiydan. 2011. Gedung Menara Telekomunikasi di Makassar. Universitas 45 Makassar.

Azhar, Arsyad. (2002). Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Rajawali Pers.

Edgar E. Willis, Henry B. Aldridge. 1991. Televison, Cable and Radio: A Communication Approach. Prentice-Hall.

Effendy, Onong Uchjana. 2000. Ilmu Teori dan filsafat Komunikasi. PT. Citra Aditya Bakti. Bandung.

Jencks, Charles. 1990. High Tech Maniera. Academy Edition.

Ilham, Rifai, Ahmad. 2016. Stasiun Televisi Batu TV Malang. Program Studi Arsitektur, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim. Malang.

Kawatu, E, Freike. 2017. Aplikasi Bangunan High-Tech Dalam Teori Perancangan Richard Rogers. Universitas Negeri Manado. Manado.

Ramadhansyah. 2016. Stasiun Televisi Swasta di Pontianak. Program Studi Arsitektur, Universitas Tanjung Pura. Pontianak.

Selvira, Heriyati (2011), Redesain Stasiun TVRI Makassar, Universitas Hasanuddin.

Suptandar, J.Pamudji, 1999, Desain Interior Pengantar Merencana Interior untuk Mahasiswa Desain dan Arsitektur, Penerbit Djambatan, Jakarta.

Riswandi. 2009. Dasar-dasar Penyiaran. Penerbit Graha Ilmu. Yogyakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.17605/jalur.v3i2.800

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Statistik Pengunjung
 

Didukung oleh:
   

Program Studi Arsitektur -S1
Fakultas Teknik
Universitas Katolik Santo Thomas Medan
Jl. Setiabudi No. 479 F Tanjungsari - Medan Email : obed_sito@yahoo.com
p-ISSN : 2615-1472
e-ISSN : 2685-1490