HUBUNGAN ANTARA POLA ASUH ORANG TUA DENGAN KEMANDIRIAN BELAJAR PESERTA DIDIK

Authors

  • Panni Ance L. Tobing Universitas Sari Mutiara
  • Ruth Donda Eleonora Panggabean Universitas Sari Mutiara
  • Niken Farida Universitas Sari Mutiara

DOI:

https://doi.org/10.54367/aquinas.v4i2.1158

Keywords:

Parenting Parents and Learning Independence

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pola asuh orang tua dengan kemandirian belajar peserta didik yang dilaksanakan di SD Negeri 066652 Medan Helvetia pada bulan Oktober –November 2020 Tahun Ajaran 2019/2020. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode yang digunakan adalah analisis korelasi. Sampel pada penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SD Negeri 066652 Medan Helvetia dengan jumlah 38 orang. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data yaitu berupa angket dan untuk menguji hipotesis digunakan analisis korelasi product moment dari Karl Pearson. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif antara pola asuh orang tua dengan kemandirian belajar peserta didik kelas IV SD Negeri 066652 Medan Helvetia dengan besar korelasi 12,1%.

References

Ajat, S. (2015). Mengapa Pedidikan Karakter? Jurnal Pendidikan Karakter, No.1 Vol.1.

Ali, M., & Asrori, M. (2014). Psikologi Remaja. Jakarta: Bumi Aksara.

Arifin, B. S., & Rusdiana, H. A. (2019). Manajemen Pendidikan Karakter. Bandung: Pustaka Setia.

Arikunto, S. (2019). Prosedur Penelitian. Jakarta : Rineka Cipta.

Asrori. (2017). Psikologi Pembelajaran. Bandung: CV.Wacana Prima.

Ayu, R. E., Yusmansyah, & D. U. (2018). Hubungan Antara Pola Asuh Orang Tua dengan Kemandirian Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan SMA, 41-51.

Basri, H. (20013). Remaja Berkualitas. (problematika remaja dan solusinya). Yogyakarta: Pustaka Jaya.

Casmini. (2017). Emotional Parenting. Yogyakarta: Pilar Media.

Darajat, Z. (2015). Perawatan Jiwa Anak. Jakarta: N.V Bulan Bintang.

Desmita. (2019). Psikologi Perkembangan Peserta Didik: Panduan Bagi Orang Tua dan Guru dalam Memahami Anak Usia SD, SMP dan SMA. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Djamarah, & Bahri, S. (2014). Pola Asuh Orang Tua dan Komunikasi dalam Keluarga. Jakarta: Rineka Cipta.

Euis , S. (2004). Mengasuh Anak dengan Hati. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Gregory, J. R. (2015). Tes Psikologi. Jakarta: Erlangga.

Gunarsa, & Gunarsa. (2018). Psikologi untuk Membimbing. Jakarta: Libri.

Gunarsa, S. D. (2018). Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Jakarta: PT BPK Gunung Mulia.

Hartono. (2012). Statistik Untuk Penelitian. Pekanbaru Riau: Pustaka Pelajar.

Hurlock, & B, E. (2010). Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Masa Edisi ke V. Jakarta: Erlangga.

Jakni. (2016). Metodologi Penelitian Eksperimen Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Jayantini, S., Sulastri, M., & Sedenayasa, G. (2014). Hubungan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Kemandirian Belajar Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Sukasada Tahun Pelajaran 2013/2014. e-journal Undiksa Jurusan Bimbingan Konseling, 1-10.

Kadir. (2017). Statistika Terapan. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Khoirurrohman, T. (2018). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Kemandirian Siswa Kelas IV SD Sekecamatan Butuh Kabupaten Purworejo. Jurnal Dialektika Jurusan PGSD, 8-17.

Mulyawati, Y., & Christine, C. (2019). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Kemandirian Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan & Pengajaran Guru Sekolah Dasar, 02, 21-25.

Santrock, W. J. (2011). Perkembangan Masa Hidup. Jakarta: Erlangga.

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sunarty, K. (2015). Pola Asuh Orang Tua dan Kemandirian Anak. Makassar: Edukasi Mitra Grafika.

Sunarty, K. (2016). Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Kemandirian Anak. Journal of EST, 152-160.

Surya, M. (2014). Psikologi Pembelajaran dan Pengajaran. Bandung: Pustaka Quaraisy.

Syahputra, D. (2017). Pengaruh Kemandirian Belajar dan Bimbingan Belajar Terhadap Kemampuan Memahami. Jurnal Penyesuaian Pada Siswa SMA Melati Perbaungan. Jurnal AT-Tasawuth, Volume II, Nomor 2. Jurnal.uinsu.ac.id.

Thoha, C. (2014). Kapita Selekta Pendidikan Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Published

2021-07-07

How to Cite

Tobing, P. A. L., Panggabean, R. D. E., & Farida, N. (2021). HUBUNGAN ANTARA POLA ASUH ORANG TUA DENGAN KEMANDIRIAN BELAJAR PESERTA DIDIK. Jurnal Ilmiah Aquinas, 4(2), 168–175. https://doi.org/10.54367/aquinas.v4i2.1158

Issue

Section

Artikel