PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PAIKEM TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA

Authors

  • Lisbet Novianti Sihombing Universitas HKBP Nommensen P. Siantar
  • Rio Parsaoran Napitupulu Universitas HKBP Nommensen P. Siantar
  • Johannes Simorangkir Universitas HKBP Nommensen P. Siantar

DOI:

https://doi.org/10.54367/aquinas.v4i2.1228

Keywords:

Pendidikan

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran PAIKEM terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan observasi dan tes sebagai alat pengumpulan data. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Sebagai subjek penelitian adalah siswa kelas IV-1  sebagai kelas eksperimen yang terdiri dari 22 siswa dan kelas IV-2  Sebagai kelas kontrol yang terdiri dari 22 siswa.Dalam pengujian hipotesis digunakan uji statistic uji “t†hasil perhitungan tersebut dari daftar distribusi dengan dk =  dan = 0,05 untuk harga-harga t lainnya H ditolak. Berdasarkan harga kritik distribusi t ternyata dk = 42 (0,05) = 2.003. Dari hasil perhitungan ternyata thitung > ttabel  pada taraf = 0,05 yakni (3.50 > 2.003) dengan demikian H0 ditolak dan H1 diterima. Sehingga dapat dinyatakan bahwa model pembelajaran PAIKEM mempunyai pengaruh terhadap hasil belajar IPS siswa.

Author Biography

Lisbet Novianti Sihombing, Universitas HKBP Nommensen P. Siantar

Ketua Prodi PGSD UHKBPNP

References

Dalyono, M. (2009). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Darmajari, Heriawan Adang, Senjaya Arif. (2012). Metodologi Pembelajaaran: Kajian Teoritis Praktis; Model, Pendekatan, Strategi, Metode, Dan Teknik Pembelajaran. Serang –Banten: LP3G (Lembaga Pembinaan Dan Pengembangan Profesi Guru).

Dimyati & Mudjiono. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta. Djamarah, Syaiful Bahri. (2008). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta

Mohammad Jauhar. S, (2011). Implementasi PAIKEM dari behavioristik sampai konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Muhibbin Syah. (2010). Psikologi Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Muhibbin Syah dan Rahayu Kariadinata. (2009). Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, Dan Menyenangkan. Bandung : Bahan Pelatihan, UIN Sunan Gunung Djati.

Mulyani Sumantri dkk. (1999). Stategi Belajar Mengajar, Depdikbud, Dirjen Dikti, Proyek Pendidikan Guru Sekolah Dasar. IBRD: Loan 3496 - IND

Sanapiah Faisal. (1990). Penelitian kualitatif: Dasar- dasar dan Aplikasi. Malang: Yayasan Asah Asih Asuh (YA3 Malang).

Sofan Amri & Iif Khoiru Ahmadi, (2010). Proses Pembelajaran Inovatif Dan Kreatif Dalam Kelas. Jakarta: PT Prestasi Pustakarya

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Tim Penyusun. ( maret 2015). Panduan Penyusunan Proposal Skripsi, Skripsi dan Artikel Jurnal Ilmiah. Bandung: FKIP UNPAS.

Trianto. (2011). Model Pembelajaran Terpadu Konsep Strategi dan Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Bumi Aksara

Yudhi dan Farida Hamid. (2009). Strategi Dan Model-Model Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, Dan Menyenangkan. Jakarta: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FITK) UIN Syarif Hidayatullah

Published

2021-07-07

How to Cite

Sihombing, L. N., Napitupulu, R. P., & Simorangkir, J. (2021). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PAIKEM TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA. Jurnal Ilmiah Aquinas, 4(2), 203–213. https://doi.org/10.54367/aquinas.v4i2.1228

Issue

Section

Artikel