PENERAPAN METODE SQ3R UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS IV SDN 017119 DESA GAJAH TAHUN PEMBELAJARAN 2019/2020

Authors

  • Juli Ana Universitas Katolik Santo Thomas Medan

Keywords:

SQ3R Method, Reading Comprehension.

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh : (1) kemampuan membaca pemahaman siswa di kelas IV SDN 017119 Desa Gajah masih rendah; (2) metode pembelajaran yang digunakan guru kurang bervariasi; (3) hasil belajar siswa khususnya pada pelajaran bahasa Indonesia rendah. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan sampel 23 siswa kelas IV. Hasil belajar siswa pada pra siklus termasuk kategori kurang (buruk) dengan 21,74 %. Setelah siklus I terjadi peningkatan menjadi 43,48% dan siklus II 86,96 %. Dapat disimpulkan bahwa metode SQ3R dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa.

Author Biography

Juli Ana, Universitas Katolik Santo Thomas Medan

3B

References

Abidin, Yunus. 2012. Pembelajaran Membaca Berbasis Pendidikan Karakter. Bandung: Rafika Aditama

Arikunto, Suharsimi. 2008. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Cetakan ke III. Jakarta: Bumi Aksara.

Dalman. 2014. Keterampilan Menulis. Jakarta: Rajawali Pers

Halik, Abdul. 2009. Penelitian Tindakan Kelas (Bahan Ajar). Makassar: Universitas Negeri Makassar.

Hardianti, dkk. Metode SQ3R untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman, Teks Bahasa Jerman, http://jerman.upi.edu, 2013, h, 6.

Kunandar. 2011. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas. Jakarata: PT Rajawali Pers.

Muhibbin, Syah. 2014. Psikologi Pendidikan Suatu Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya

Mullis, I.V.S.; Martin, M.O.; Kennedy, A.M.; & Foy, P. 2007. PIRLS 2006 International Report. Boston: TIMSS & PIRLS International Study Center

-----. 2012. PIRLS 2011. International Report. Boston: TIMSS & PIRLS International Study Center

Nofiya, Yuliani. Penerapan Metode SQ3R untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Intensif Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Surabaya: Universitas Negeri

Surabaya. JPGSD Volume 01 Nomor 02 Tahun 2013.

Prastowo, Andi. 2014. Pengembangan Bahan Ajar Tematik. Cetaka ke-1: Jakarta.

Rahim, Faridah. 2008. Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta: Sinar Grafika

Rusman. 2013. Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer. Bandung.

Sagala, Syaiful. 2010. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Samsu, Somadoyo. 2011. Strategi dan Teknik Pembelajaran Membaca. Yogyakarta: Graha Ilmu

Tarigan, Henry. 2008. Membaca sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa

Wawan Krismanto, dkk.“Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman melalui Metode Survey, Question, Read, Recite, Review (SQ3R) pada Siswa Kelas IV SD

Negeri 46 Parepareâ€, (Parepare: Publikan Journals UNM), Volume V Nomor 3 September 2015/ISSN 2028-2092, h.23

Published

2021-07-07

Issue

Section

Artikel