ANALISIS MINAT BACA MAHASISWA PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN DI PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS RIAU

Authors

  • Ones Riboy Universitas Riau
  • Otang Kurniaman Universitas Riau
  • Munjiatun Munjiatun Universitas Riau

Keywords:

Pendidikan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan minat baca mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan di perpustakaan Universitas Riau. Metode kuantitatif deskriptif digunakan untuk mendapatkan gambaran minat baca mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan di perpustakaan Universitas Riau. Sampel penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Riau yang berjumlah 113 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah kuesioner terkait minat baca yang terdiri dari pernyataan positif dan negatif, dengan jawaban berupa pilihan selalu, sering, kadang-kadang dan tidak pernah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat baca mahasiwa Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau berada pada kategori tinggi dengan persentase sebesar 66,2%. Faktor yang mempengaruhi minat baca  mahasiswa yang terdiri dari faktor dorongan,  motif sosial, emosional, situasi belajar dan pengalaman. Jadi, faktor yang memiliki konstribusi terbesar yaitu faktor dorongan dengan dengan persentase keseluruhan yaitu 22,4%. Hasil ini juga menunjukkan bahwa faktor yang mempengaruhi minat baca mahasiswa sangat beragam.

References

Alexander, Jesi dkk. (2009). Statistik Pendidikan. Pekanbaru: Cendika Insani.

Ali, Muh. 2017. Analisis Minat Baca Mahasiswa Universitas Sembilanbelas November Di Perpustakaan Universitas Sembilanbelas November Kolaka. Wakapendik. 2(1), 1-13.

Farida, Rahim. (2005). Membaca Di Sekolah Dasar. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Farida Rahim. (2008). Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar: Edisi Kedua. Jakarta: Bumi Aksara.

Kurniaman, Otang & Noviana Eddy. 2016. Metode Membaca SAS, Keterampilan Membaca Permulaan di Kelas 1 SDN 79 Pekanbaru. Jurnal Primary program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan ilmu Pendidikan Universitas Riau. 5(2), 149-157.

Rahmawati. 2019. Menumbuh Kembangkan Minat Baca Mahasiswa Dalam Proses Pembelajaran Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris. Jurnal Kependidikan. 4(1), 28-36.

Rahman, Siti Royyania Fitria. 2017. Analisis Minat Baca Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri 130 Pekanbaru. Skripsi (Online).

Siswati. 2010. Minat Membaca Pada Mahasiswa. Jurnal Psikologi Undip. 8(2), 124-134.

Shaleh, Abdul Rahman dkk. (2014). Psikologi Suatu Pengantar dalam Perspektif Islam. Jakarta: Kencana.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan; Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan; Kuantitatif, Kualitatif, Kombianasi,, R & D dan Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sukardi. (2007). Metodologi Penelitian Pendidikan: Kompetensi dan Prakteknya. Jakarta: Bumi Aksara.

Tarigan, Henry Guntur. (2008). Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Triatma, I. N. (2016). Minat Baca Pada Siswa Kelas VI Sekolah Dasar Negeri Delegan 2 Prambanan Sleman Yogyakarta. E-Jurnal Prodi Teknologi Pendidikan. 5(6), 166-178.

Weni Zulkaidah, H. M. (2018). Analisis cara-cara guru memotivasi belajar siswa pada pembelajaran ips di sekolah dasar gugus 7 kecamatan tampan kota peknabaru. JOM FKIP, 5-6.

Winarsunu, Tulus. (2006). Statistik dalam Penelitian Psikologi dan. Pendidikan. Malang : Universitas Muhammadiyah Malang.

Published

2021-07-07

Issue

Section

Artikel