ANALISIS KEMAMPUAN GURU SEKOLAH DASAR TENTANG PENGGUNAAN APLIKASI MACROMEDIA FLASH GUGUS 2 KECAMATAN TAMPAN KOTA PEKANBARU

Authors

  • Nabila Ulfa Universitas Riau
  • Otang Kurniaman Universitas Riau
  • Jaya Adi Putra Universitas Riau

DOI:

https://doi.org/10.54367/aquinas.v4i2.1347

Keywords:

Macromedia Flash, Ability.

Abstract

The development of science and technology is increasingly encouraging renewal efforts in the use of technological results in the learning process. Teachers are required to be able to understand and use the available tools in an effort to achieve the expected teaching goals. This study aims to determine the teacher's knowledge about the use of macromedia flash applications. Based on the results in several schools in general, teachers are not well acquainted with the application of macromedia flash, until it was found that there were still many teachers who taught using conventional methods. With such conditions, it certainly has an impact on low student learning outcomes.

References

Adlin. 2017. Analisis Kemampuan Guru dalam Memanfaatkan Media Berbasis Komputer pada Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Online Mahasiswa, 3 (1), 31-35.

Arifin, Zainal. 2011. Penelitian Pendidikan Metode dan Paradigma Baru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Badan Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. 2014. Kementrian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia: Menuju Masyarakat Informasi Indonesia. Jakarta: https://balitbangsdm.kominfo.go.id/?q=puslitbang%20ppi&mod=pencarian&option=label.

Bungin, Burhan. 2017. Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rineka Cipta

Danim, Sudarman. 2010. Profesionalisasi dan Etika Profesi Guru. Bandung: Alfabeta.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2015. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Fidaroin, Barik. 2010. Kompetensi Profesional dan Kompetensi Pedagogik Guru Mata Pelajaran Fiqih dalam Mengelola Proses Pembelajaran di MAN Pakem Sleman Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah UIN.

Gumanti, Yunidar dan Syahruddin. 2016. Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: Mitra Wacana Merdeka.

Hamalik, Oemar. 2006. Pendidikan Guru Berdasarkan Pendekatan Kompetensi. Jakarta: Bumi Aksara.

Hamzah, Uno. 2007. Profesi Kependidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Mahamit. 2006. Tahapan Penelitian Kualitatif. Universitas Pendidikan Indonesia.

Mahmud, Deni Darmawan, Usman Suherman dan Jamilah. 2015. Pengaruh Media Pembelajaran Interaktif Berbantuan Aplikasi Ispring Presenter Terhadap Kemampuan. Jurnal Teknologi Pembelajaran, 3 (1), 462-485.

Mujtahid. 2011. Pengembangan Profesi Guru. Malang: UIN Maliki Press.

Mulyasa. 2012. Praktik Penelitian Tindakan Kelas. Bandung:Remaja Rosda karya.

Nana Sudjana. 2005. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nana Sudjana dan Ibrahim. 2009. Penelitan Dan Penilaian Pendidikan. Bandung : Sinar Baru Algensindo.

Nina. 2016. Tugas Guru Dalam Pembelajaran Aspek Yang Mempengaruhi. Jakarta: bumi aksara.

Nuryanto, Hery. 2012. Sejarah Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jakarta: Balai Pustaka.

Ridwan. 2012. Pengertian Penelitian Deskriptif. Medan: Sofmedia.

Ruslan, Ahmadi. 2013. Metode Praktis Penelitian Deskriptif Kualitatif. Jakarta: GP Press.

Sudrajat, Akhmad. 2007. Kompetensi Guru dan Peran Kepala Sekolah. http://akhmadsudrajat.wordpress.com.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif dan RnD. Bandung: Alfabeta.

Supangat, Anis R. Amna, dan Dwi Harini Sulistiyawati. 2016. Analisa Pemahaman Guru tentang Teknologi Informasi (Studi Kasus Guru di SD dan SMP Sekolah Shafta Surabaya).

Suparlan. 2006. Guru Sebagai Profesi. Yogyakarta: Hikayat Publishing.

Suyanto, dan Jihad, A. 2013. Menjadi Guru Profesional (Strategi Meningkatkan, Kualifikasi, dan Kualitas Guru di Era Global). Jakarta: Esensi Erlangga Group.

Trianto Ibnu Bahar. 2015. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Konstekstual. Jakarta: Prenadamedia Group.

Undang-undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Standar Kompetensi.

Usman, Mohammad. 2011. Metodologi Penelitian Sosial. Jakarta: Bumi Aksara.

Zamroni. 2001. Pendidikan untuk Demokrasi Tantangan Menuju Civil Society. Yogyakarta: Bigraf Publishin.

Ziden, dkk. 2013. The Effectiveness of Web-based Multimedia Applications Simultan in teaching and Learning International Journal of Instruction, 6 (2),212-222

Published

2021-07-13

How to Cite

Ulfa, N., Kurniaman, O., & Adi Putra, J. (2021). ANALISIS KEMAMPUAN GURU SEKOLAH DASAR TENTANG PENGGUNAAN APLIKASI MACROMEDIA FLASH GUGUS 2 KECAMATAN TAMPAN KOTA PEKANBARU. Jurnal Ilmiah Aquinas, 4(2), 366–374. https://doi.org/10.54367/aquinas.v4i2.1347

Issue

Section

Artikel