AMANAT DALAM LIRIK LAGU KARYA HIKAYAT MANAO PADA ALBUM “ 9 SANORA GROUP”

Authors

  • Anita Zagoto Universitas Nias Raya http://orcid.org/0000-0003-3110-1253
  • Kalvintinus Ndruru Universitas Nias Raya
  • Bimerdin Daely Universitas Nias Raya
  • Helnanirma Susanti Fau Universitas Nias Raya
  • Merri Christina Zalukhu Universitas Nias Raya
  • Askarman Laia Universitas Nias Raya

Keywords:

Amanat, Lirik, Lagu, Karya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan amanat secara eksplisit dan amanat secara implisit yang terdapat pada lirik lagu pada album “9 Sanora group” Karya Hikayat Manao. Pendekatan dan metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan metode analisis isi. Sumber data dalam penelitian ini yaitu 8 lirik lagu yang terdapat pada album “9 Sanora group” Karya Hikayat Manao. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa dalam lirik lagu pada album “9 Sanora group” Karya Hikayat Manao terkadung dua jenis amanat dalam setiap lirik lagu, yakni amanat secara eksplisit (tersurat) dan amanat secara implisit (tersirat). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa di album “9 Sanora group” Karya Hikayat Manao terdapat amanat secara eksplisit dan amanat secara implisit. Yang mendominasi dari kedua jenis amanat yaitu amanat secara eksplisit. Karena didalam lirik lagu sering menggunakan amanat atau pesan yang disampaikan kepada pendengar khusunya menceritakan tentang alam, budaya, motivasi dan percintaan. Peneliti menyarankan bagi penggemar atau penggiat lagu “9 Sanora group” Karya Hikayat Manao ini jangan hanya sekedar mendengar saja akan tetapi mampu memahami amanat atau pesan-pesan yang terkandung pada setiap lirik-lirik lagu.

Author Biography

Anita Zagoto, Universitas Nias Raya

Bidang Keilmuan Pendidikan Fisika Dosen Pendidikan MIPA STKIP Nias Selatan

References

Adhitya, D. (2010). Memahami Novel. Quadra.

Adirasa Hadi Prastyo, D. (2021). Bookchapter Catatan Pembelajaran Dosen di Masa Pandemi Covid-19. Nuta Media.

Dambudjai, J, R. (2018). Analisis Tema Dan Amanat Dalam Novel “ Jangan ergi, Lara” Oleh Mira Widjaja, (Online),. (Https://ejournal.unsrat.ac.id, Diakses 18 Juli 2020).

Harefa, D. (2017). Pengaruh Presepsi Siswa Mengenai Kompetensi Pedagogik Guru Dan Minatbelajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Alam (Survey pada SMK Swasta di Wilayah Jakarta Utara). Horison Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Lingusitik, 7(2), 49–73.

Harefa, D. (2019). THE EFFECT OF GUIDE NOTE TAKING INSTRUCTIONAL MODEL TOWARDS PHYSICS LEARNING OUTCOMES ON HARMONIOUS VIBRATIONS. JOSAR (Journal of Students Academic Research) URL, 4(1), 131–145. https://ejournal.unisbablitar.ac.id/i ndex.php/josar/article/view/1109

Harefa, D. (2020a). Pengaruh Persepsi Guru IPA Fisika Atas Lingkungan Kerja Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru SMA Di Kabupaten Nias Selatan. Jurnal Education and Development, 8(3), 112–117.

Harefa, D. (2020b). Peningkatan Strategi Hasil Belajar IPA Fisika Pada Proses Pembelajaran Team Gateway. JURNAL ILMIAH AQUINAS, 3(2), 161–186.

Harefa, D. (2020c). Perkembangan Belajar Sains Dalam Model Pembelajaran. CV. Kekata Group.

Harefa, D. (2020d). Perbedaan Hasil Belajar Fisika Melalui Model Pembelajaran Problem Posing Dan Problem Solving Pada Siswa Kelas X-MIA SMA Swasta Kampus Telukdalam. Prosiding Seminar Nasional Sains 2020, 103–116.

Harefa, D. (2021). Monograf Penggunaan Model Pembelajaran Meaningful Instructional design dalam pembelajaran fisika. Cv. Insan Cendekia Mandiri.

Harefa, D., dkk. (2022). Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Belajar Siswa. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(1), 325–332.

Jumiati. (2015). Amanat Dan Realitas Sosial Yang Terkandung Dalam Cerpen “ Tak Ada Kata Lelah Untuk Ibu” Karya Tania Anjani Sebagai Bahan Pembelajaran Sastra di sekolah. (Online), (Http://eprints.unram.ac.id Jurnal Jumiati, Diakses 20 Juli 2020).

Surur, M., D. (2020). Effect Of Education Operational Cost On The Education Quality With The School Productivity As Moderating Variable. Psychology and Education Journal, 57(9), 1196–1205.

Zagoto, S. (2018). Variasi Bahasa Nias Sebuah kajian dialektologi. Disertasi tidak diterbitkan.Medan: Fakultas Ilmu Budaya Universitas Sumatera Utara.

Zagoto, A. (2017). Pengaruh Kompensasi Dan Motivasi Terhadap Etos Kerja Guru Di Sma Swasta Kampus Telukdalam. S2 thesis, Universitas Kristen Indonesia.

Zagoto, A. (2020). PENGARUH KOMPENSASI DAN MOTIVASI TERHADAP ETOS KERJA GURU DI SMA SWASTA KAMPUS TELUKDALAM. JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT (8)(3)

Zagoto, A. (2021). ANALISIS MAKNA UNGKAPAN DALAM BAHASA GAUL DI BUNGKUSAN PERMEN “KIS”. JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT (9)(2)

Downloads

Published

2022-02-05