ANALISIS NILAI KARAKTER CERPEN PADA BUKU SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR TEMA 8 DAERAH TEMPAT TINGGALKU

Authors

  • Shella Marcelina 1Universitas Adzkia

DOI:

https://doi.org/10.54367/aquinas.v5i1.1655

Keywords:

Keywords: Student Books, Short Stories, Character Values

Abstract

Permasalahan yang diungkapkan dalam penelitian ini yaitu nilai karakter apa saja yang terdapat pada cerpen dalam buku siswa kelas IV Sekolah Dasar tema 8 Daerah Tempat Tinggalku. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis nilai karakter yang ada pada cerpen dalam buku siswa kelas IV Sekolah Dasar tema 8 Daerah Tempat Tinggalku.Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah adalah pendekatan kualitatif.Subjek penelitian ini adalah seluruh cerpen yang terdapat dalam buku siswa  kelas IV Sekolah Dasar tema 8 Daerah Tempat Tinggalku. Data penelitian ini dikumpulkan dengan cara melakukan wawancara dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini terdiri dari empat tahap, yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa pendidik sudah menerapkan pendidikan karakter dalam proses pembelajaran di sekolah.Keberhasilan penerapan pendidikan karakter dapat terlihat dari tingkah laku siswa yang berubah menjadi lebih baik. Pendidikan karakter juga dapat menjadi salah satu indikator tercapainya  tujuan pembelajaran. Adapun nilai karakter yang terdapat dalam cerpen pada buku siswa kelas IV Sekolah Dasar tema 8 Daerah Tempat Tinggalku adalah nilai karakter religius, rasa peduli, kasih sayang, percaya diri,bekerja sama, tanggung jawab, kerja keras, rasa ingin tahu.

Author Biography

Shella Marcelina, 1Universitas Adzkia

Dosen Seni di PGSD STKIP ADZKIALatar Pendidikan S1 (Pendidikan Sendratasik UNP) dan S2 (Pendidikan Seni Budaya UNP)

References

A Sayuti.S, 2009.Teks Sastra. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Arifin ,Zaenal. 2002. Moralitas Al-Quran DAN Tantangan Modernitas, Semarang: Gama Media.

Badan Penelitian dan Pengembangan Budaya dan Karakter yang disusun Kemendiknas melalui Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum. Dalam Sayudi. 2013.

Budimansyah.Dasim, dkk. 2014. Hak Asasi Manusia. Jakarta : Universitas Terbuka.

Fadlillah, Muhammad dan Khorida, Mualifatu Lilif. 2013. Pendidikan Karakter Anak Usia Dini Konsep dan Aplikasinya dalam PAUD. Yogyakarta : Ar-Ruzz Media.

Frimayanti.2017. Implementasi Pendidikan Nilai dalam Pendidikan Agama Islam, (Online),Volume 8 No. II,(http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/tadzkiyyah/article/download/2128/1612, diakses 1 Juli 2020).

Ghufron dan Risnawati. 2010. Teori teori Psikologi. Jakarta: Ar- ruzz Media Group.

Gusal, La Ode. 2015. Nilai-Nilai Pendidikan Dalam Cerita Rakyat Sulawesi Tenggara Karya La Ode Sidu, (Online),No. 15, Vol. 3, (http://ojs.uho.ac.id/index.php/HUMANIKA/article/view/611, diakses 1 Juli 2020).

Ibn Al-Ghazali, ihya’ ulumuddin juz III, Mesir. Isa Bab Al- Balaby, tt.

Kementrian Pendidikan Nasional. 2011. Pedoman Pelaksanaan Karakter. Jakarta.

Mahmud. 2011. Metode Penelitian Pendidikan.Bandung : Pustaka Setia.

Millles, M.B, Huberman, A,M, & Saldana, J. ? (2014). Qualitative Data Analysis, A Methods Sourcebook, Edition 3. USA: Sage Publications. Terjemahan Tjetjep Rohindi Rohidi, UI-Press

Muchlas Samani dan Hariyanto. 2011. Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: Rosdakarya.

Ulfatin, Nurul.2014. Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan. Malang: Bayu Media.

Undang – undang No.20 Tahun 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Downloads

Published

2022-02-05

How to Cite

Marcelina, S. . (2022). ANALISIS NILAI KARAKTER CERPEN PADA BUKU SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR TEMA 8 DAERAH TEMPAT TINGGALKU. Jurnal Ilmiah Aquinas, 5(1), 169–179. https://doi.org/10.54367/aquinas.v5i1.1655