ANALISIS PEMAHAMAN SISWA PADA KONSEP FOTOSINTESIS MENGGUNAKAN TES DIAGNOSTIK BERTINGKAT DUA (TWO TIER DIAGNOSTIC TEST) DI KELAS IV SD 08 ENAM LINGKUNG

Authors

  • Sisri Wahyuni STKIP ADZKIA Padang
  • Riri Marfilinda STKIP ADZKIA Padang
  • Reni Syafrina Gusti STKIP ADZKIA Padang

DOI:

https://doi.org/10.54367/aquinas.v4i1.981

Keywords:

MISKONSEPSI, TES DIAGNOSTIK BERTINGKAT DUA

Abstract

PEMBELAJARAN Ipa MEMBUTUKAN PENGUASAAN UNTUK MEMBENTUK PEMAHAMAN SISWA. MISKONSEPSI MERUPAKAN MASALAH UTAMA DALAM PEMBELAJARAN IPA KARENA MISKONSEPSI YANG MUNCUL PADA SISWA TERUS MENERUS DAPAT MENGGANGGU PEMBENTUKAN KONSEPSI ILMIAH DAN MISKONSEPSI JUGA MERUPAKAN SUMBER KESULITAN SISWA. SALAH SATU INSTRUMEN YANG DIGUNAKAN UNTUK MENDIAGNOSA MISKONSEPSI SISWA YAITU MENGGUNAKAN TES DIAGNOSTIK BERTINGKAT DUA YANG MERUPAKAN TES PILILHAN BERGANDA TERDIRI DARI PERTANYAAN, PILIHAN JAWABAN DAN PILIAN ALASAN. SEHINGGA DIHASILKAN TIGA KATEGORI DUIANTARANYA SISWA PAHAM, MISKONSEPSI, DAN TIDAK PAHAM.

References

Dani, Singgih. 2014. Miskonsepsi tentang fotosintesis pada siswa kelas V SDN 4 Trebungan Situbondo Tahun pelajaran 2013/2014,. , (ningsihagustin83@gmail.com) , diakses tahun 2014).

Suparno. 2005. Identifikasi miskonsepsi siswa pada konsep archaebacteria dan eubecteria menggunakan two-tier multiple choice , Vol. VI No. 02, (dwiseptisepti@gmail.com), diakses tahun 2014).

Singarimbun,dkk. 1995. Metode Penelitian Survai. Jakarta: LP3ES

Dahar . 1996. Teori-teori Belajar. Bandung: Erlangga

Abdurrahman. 2003 . Pendidikan bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Klausmeier, Dahar . 2001. Teori-teori Belajar. Jakarta: Penerbit Erlangga

Jhon M. Echols, dkk .1996. An English-Indonesia Dictionary. Jakarta: Gramedia

Hasan Alwi,dkk . 2007 . Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi ketiga. Jakarta: Balai Pustaka

Paul Suparno . 2005 . Miskonsepsi dan Perubahan Konsep dalam Pendidikan Fisika. Jakarta: Grasindo

Salisbury. 2005 . Perkembangan tumbuhan dan fisiologi lingkungan. Bandung:ITB Press

Agustriani, dkk . 2006 . Fisiologi Tumbuhan I. Bandar Lampung: Universitas Lampung

Syamsuri . 2006 . Biologi untuk SMA Kelas X. Jakarta: Erlangga

Odum . 1993 . Dasar-dasar Ekologi. Yogyakarta: University Press

Anna Roosyanti. 2017. Identifikasi Miskonsepsi konsep fotosintesis melalui Two-Tier Diagnostic Test, Vol. 2, No. 2, (a.roosyanti@gmail.com diakses tahun 2017)

(Karmila Br Karo. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Media Audio Pada Mata Pelajaran PPKN di Kelas viii SMP Nnegeri 1 Tigapanah Tahun Pelajaran 2018/2019 (jurnal ilmiah aquinas p-issn: 2615-7683 e-issn: 2714-6472 volume: iii no. 2 juli 2020) Diakses 4 Desember 2020.

Published

2021-01-25

How to Cite

Wahyuni, S., Marfilinda, R., & Gusti, R. S. (2021). ANALISIS PEMAHAMAN SISWA PADA KONSEP FOTOSINTESIS MENGGUNAKAN TES DIAGNOSTIK BERTINGKAT DUA (TWO TIER DIAGNOSTIC TEST) DI KELAS IV SD 08 ENAM LINGKUNG. Jurnal Ilmiah Aquinas, 4(1), 65–71. https://doi.org/10.54367/aquinas.v4i1.981