PERANAN PEMBERIAN REWARD DAN PUNISMENT TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SD

Authors

  • Rizka Alfis Salamah Universitas Islam Nahdlatul Ulama, Jepara
  • Syifa Fauziah Universitas Islam Nahdlatul Ulama, Jepara
  • Wulan Sutriyani Universitas Islam Nahdlatul Ulama, Jepara

Keywords:

Reward, Punishment, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan pemberian reward dan punishment terhadap hasil belajar matematika SD. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah studi pustaka. Dalam penelitian ini kami melakukan penelitian di SD Negerti 02 Tahunan pada pelajaran matematika di kelas IV.  Terdapat peserta didik yang kurang menyukai pembelajaran matematika, oleh karena itu peneliti memberikan solusi berupa pemberian reward dan punishment agar pembelajaran dapat terlaksana dengan efektif, efisien, menyenangkan dan bermakna sehingga dapat meningkatkan hasil belajar. Pembelajaran yang dilakukan dengan adanya reward dan punishment memiliki dampak perubahan yang baik karena yang awalnya kurang semangat berubah menjadi lebih semangat dalam pembelajaran. Pemberian reward dan punishment sangat berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik. Pemberian reward dan punishment membuat peserta didik sangat semangat (antusias) dan termotivasi dalam pembelajaran matematika serta dapat menciptakan kelas yang aktif dalam pembelajaran sehingga dapat meningkatkan hasil belajar

Author Biography

Rizka Alfis Salamah, Universitas Islam Nahdlatul Ulama, Jepara

Dosen

References

Ernata, Yusvida. (2017). Analisis Motivasi Belajar Peserta Didik Melalui Pemberian Reward dan Punishment di SD Ngaringan 05 Kec. Gandusari Kab. Blitar. e-Journal IKIP Budi Utomo Malang. Vol: 5 No: 2 Tahun 2017.

Fitriani. M. (2017). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Motivasi Belajar Sistem Koordinasi Pada Siswa di SMA Negeri 2 Bantaeng. Jurnal Biotek, Vol. 5 (1).

Hamdayama, Jumanta. (2015). Model dan Metode Pembelajaran Kreatif dan Berkarakter. Bogor: Ghalia Indonesia.

Kompri. (2016). Motivasi Pembelajaran Perspektif Guru dan Siswa. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Kompri. (2018). Motivasi Pembelajaran Perspektif Guru dan Siswa. Bandung: PT Rosdakarya.

Kusuma, Vredi.P. (2013) Pengaruh Pemberian Reward and Punismen Terhadap Peningkatan Motivasi Belajar Pendidikan Jasmani Peserta Didik. Skripsi tidak diterbitkan. Surabaya: Pendor FIK. Unesa.

Ode, Muh Nur Intan . Irman Matje., dkk. (2021). Pengaruh Pemberian Reward dan Punishment Terhadap Prestasi Belajar IPS Kelas V SD. Taksonomi Jurnal Pendidikan Dasar, Volume 1 Nomor 2 Tahun 2021 Halaman 19-27.

Parwati, N. N., Suryaman, I. P., & Apsari, R. A. (2018). Belajar dan Pembelajaran. Depok: Raja Grafindo Persada.

Prasetyo, Atik Heru dan Singgih Adi Prasetyo., dkk. (2019). Analisis Dampak Pemberian Reward dan Punishment dalam Proses Pembelajaran Matematika. Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran, Vol 2 No 3. 402-409.

Priatna, Nanang dan Yuliardi, Ricki. (2019). Pembelajaran Matematika. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset.

Rosyid, Z. dkk. (2018). Reward & Punishment Dalam Pendidikan. Malang: Literasi Nusantara.

Sabartiningsih, Mila, Jajang Aisyul Muzakki, Durtam. (2018). Implementasi Pemberian Reward dan Punishment dalam Membentuk Karakter Disiplin Anak Usia. Jurnal Pendidikan Anak, Vol. 4 No. 1.

Salminawati. (2019). Implementasi Reward Dan Punishment Dalam Pembelajaran Di Madrasah Se-Kota Medan. Al-Fatih: Jurnal Pendidikan Dan Keislaman, Vol.2 No.1: 1-13.

Suyuti, Rasfinahda Nur Ramli. (2017). Pemberian Reward dan Punishment dalam Rangka Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa (Studi Kasus Pada Siswa Kelas XI IPS 3 di MAN 2 Model Makassar). Jurnal Sosialisasi Pendidikan Sosiologi, Vol. 4 No. 1.

Shoimin, Aris. (2018). Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Sudjana, Nana. (2016). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2012.) Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.

Sujarweni, V. Wiratna. (2014). Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Sukardi. (2013). Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Pratiknya. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Supriyono, dkk. (2013). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Susanto, Ahmad. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Susanto, Ahmad. (2015). Teori Belajar Dan Pembelajaran Disekolah Dasar. Jakarta: Prenada Media.

Sutriyani, Wulan. (2020). Studi Pengaruh Daring Learning Terhadap Minat dan Hasil Belajar Matematika Mahasiswa PGSD Era Pandemi COVID-19. Jurnal Tunas Nusantara, 5 (1).

Syamsiyah, Lailatus, dkk. (2021). Pengaruh Pemberian Reward dan Punishment Terhadap Minat Belajar Siswa Mata Pelajaran IPS Terpadu. Jurnal Pendidikan, Sains, Teknologi, Vol. 8 No. 2. 19- 27.

Syarif, I. (2017). Implementasi Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Ips Kelas IV. Edumaspul, Volume 1 Nomor 1, 48-60.

Zaenuri & Maemonah. (2021). Strategi Mnemonic Sebagai Solusi Untuk Pengayaan Kosa Kata Pada Anak Tunarungu Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5 (4).

Downloads

Published

2022-06-21

How to Cite

Salamah, R. A. ., Fauziah, S. ., & Sutriyani, W. . (2022). PERANAN PEMBERIAN REWARD DAN PUNISMENT TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SD. Cartesius : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 1–14. Retrieved from https://ejournal.ust.ac.id/index.php/CARTESIUS/article/view/2072

Issue

Section

Artikel