PERAN GURU DALAM PENERAPAN METODE HYPNOTEACHING DAN MOTIVASI TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SD

Authors

  • Fina Dwi Apriliyani Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara
  • Adinda Nur Istirohmah Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara
  • Wulan Sutriyani Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara

Keywords:

Metode Hypnoteaching, Motivasi, Hasil Belajar

Abstract

Guru memiliki peranan penting dalam proses pembelajaran. Pembelajaran dapat diartikan sebagai proses pendidik dan melatih agar mencapai hasil belajar yang baik. Sebagai seorang guru juga harus dapat memberikan dorongan atau motivasi kepada peserta didiknya agar dapat belajar dengan maksimal. Salah satu upayanya adalah menggunakan metode yang tepat dalam pembelajaran. Metode hypnoteaching merupakan salah satu alternatif yang dapat mendorong peserta didik untuk belajar serta menghilangkan rasa bosan dan monoton ketika belajar matematika. Dengan adanya penerapan metode hypnoteaching, peserta didik dapat meningkatkan hasil belajarnya. Penulisan ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran yang terjadi peserta didik belum lancar dalam membaca dan sikap yang ditunjukkan oleh peserta didik selama pembelajaran masih tergolong pasif. Dari hal tersebut, peneliti mencoba untuk melakukuan penelitian terhadap pembelajaran dengan menggunakan metode hypnoteaching. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan studi kepustakaan dengan mengkaji beberapa artikel hasil penelitian yang terpublikasi untuk dianalisis dan dibuat kesimpulan. Hasil penulisan menunjukkan bahwa metode hypnoteaching terhadap hasil belajar peserta didik pada pembelajaran dapat menjadi solusi dari permasalahan yang ditemui dalam proses belajar mengajar di kelas. Penggunaan hypnoteaching membuat guru lebih mudah dalam mengelola pembelajaran dengan pola komunikasi yang baik. Dalam pelaksanaannya langkah-langkah yang digunakan dalam hypnoteaching diantaranya adalah adanya motivas diri, pacing, leading, modelling, dan memberikan pujian

Author Biography

Fina Dwi Apriliyani, Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara

Dosen

References

Akmaliyah, Septi dan Aisyah N. 2021. Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Melalui Metode Hypnoteaching Pada Siswa Kelas V. Edutary (Education of Elementary School): Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(2), 34.

Andriani, Rike dan Rasto. 2019. Motivasi Belajar Sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran. 4(1).

As’ari, Kasan. 2018. Upaya Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) Menggunakan Metode Hypnoteaching Bagi Siswa Kelas

VII C SMPN 1 Limbangan Kabupaten Kendal Tahun 2016/2017. Al Fikri: Jurnal Studi dan Penelitian Pendidikan Islam. 1(1). 2

Bwarnirun, Yakobus dan Budi Santoso. 2021. Pengaruh Motivasi Guru Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Pecahan Pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Inpres 109 Perumnas Kota Sorong. Attadrib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. 4(1). 16.

Darmalaksana, W. 2020. Cara Menulis Proposal Penelitian. Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung. 3.

Fitria, Adelita. 2021. Metode Pengaruh Hypnoteaching Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Pemahaman Konsep Peserta Didik. Disertasi Doktor, UIN Raden Intan Lampung.

Halimah, Nur. 2018. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika dengan Mengoptimalkan Metode Drill (Latihan) Kelas IV di MI Al Qur’an Tempuran Trimurjo Lampung Tengah Tahun Pelajaran 2017/2018. Skripsi. Lampung: IAIN Metro Lampung.

Hermawan, Iwan. 2019. Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, dan Mixed Methode. Kuningan: Hidayatul Quran Kuning.

Latifah, Umi. 2019. Metode Hypnoteaching pada Pembelajaran Tematik di Madrasah Ibtidaiyah Istiqomah Sambas Kabupaten Purbalingga. Tesis, IAIN Purwokerto.

Nabillah, Tasya dan Abadi. 2019. Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Siswa. Prosiding Sesiomadika.

Nurrita, Teni. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Misykat: Jurnal Ilmu-Ilmu Al Quran, Hadist, Syariah dan Tarbiyah. 3(1).

Octavyanti, Ni Putu Liana dan I Gusti Agung Ayu Wulandari. 2021. Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Pendekatan Kontekstual Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas IV SD. Jurnal Edutech Undiksha. 9(1). 2.

Puspitasari, Wina Dwi. 2018. Implementasi Metode Hypnoteaching untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas. 4(1)

Putri, Risma Meiliza. 2020. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD Negeri 66 Kota Bengkulu dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TSTS) Tahun Ajaran 2019/2020. Skripsi. Bengkulu: IAIN Bengkulu.

Rumberawas, Selfia, dkk. 2018. Peran Orang Tua dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik di SD Negeri Saribi. Jurnal EduMatSains. 2(2).

Rumiyati. 2021. Model Talking Stick Sebagai Upaya Peningkatan Kreativitas dan Hasil Belajar. Pekalongan: PT. Nasya Expanding Management.

Sardiman. 2018. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo.

Sari, Buana, dkk. 2019. Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Melalui Penerapan Metode Hypnoteaching Pada Mata Pelajaran IPS Siswa Kelas V SD Nurul Ijtihad Pujut Lombok Tengah. Elementaris: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Islam. 1(2).

Saumi, Nafisah Nor, dkk. 2021. Peran Guru dalam Memberikan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar Pada Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Educatio. 7(1).

Setiadi, Agung Heru. 2018. Penerapan Metode Hypnoteaching untuk Mengembangkan Maharom Al Kalam. Jurnal Hukum, Sosial, dan Keagamaan. 14(1).

Shobirin, Ma’as dan Taslim Syahlan. 2018. Membangun Iklim Belajar Efektif Melalui Metode Hypnoteaching di Madrasah Ibtidaiyah. Magistra: Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar dan Keislaman. 9(1). 7.

Susanti, Lidia. 2020. Strategi Pembelajaran Berbasis Motivasi. Jakarta: Elex Media Kamputindo.

Susanti, Santi, dkk. 2018. Pembelajaran Menganalisis Teks Cerita Pendek dengan Menggunakan Metode Hypnoteaching. Parole: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. 1(3).

Wiguna, Ida Bagus Alit Arta. 2020. Efektivitas Penerapan Metode Hypnoteaching dalam Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa. Pembelajar: Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, dan Pembelajaran. 4(2). 69.

Wiranti, Dwiana Asih dan Wulan Sutriyani. 2020. Pengaruh Pembelajaran Daring Menggunakan Sorogan Hanacaraka Terhadap Kemampuan Menulis Aksara Jawa di Sekolah Dasar. Elementary Islamic Teacher Journal. 8(2).

Downloads

Published

2022-06-21

How to Cite

Apriliyani, F. D. ., Istirohmah, A. N. ., & Sutriyani, W. . (2022). PERAN GURU DALAM PENERAPAN METODE HYPNOTEACHING DAN MOTIVASI TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SD. Cartesius : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 25–35. Retrieved from https://ejournal.ust.ac.id/index.php/CARTESIUS/article/view/2074

Issue

Section

Artikel