PENERAPAN PENDEKATAN PROBLEM CENTERED LEARNING (PCL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIK SISWA KELAS VIII SMP T.P 2022/2023

Authors

  • Yulia Br Sembiring FKIP, Universitas Katolik Santo Thomas Medan

Keywords:

Pemecahan masalah matematik siswa, pendekatan Problem Centered Learning (PCL)., Meningkatkan kemampuan

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan pemecahan masalah matematik siswa di kelas VIII-A SMP Advent 2 Medan melalui pendekatan Problem Centered Learning (PCL). Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian yaitu kelas VIII-A dengan jumlah siswa 26 orang. Objek penelitian adalah peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematik siswa dengan menerapakan pendekatan  Problem Centered Learning. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan tes. Observasi terdiri dari observasi untuk guru dan observasi untuk siswa. Tes yang diberikan yaitu tes pengetahuan materi prasyarat, tes kemampuan pemecahan masalah matematik siswa siklus I dan  tes kemampuan pemecahan masalah matematik siswa siklus II. Nilai rata-rata siswa pada siklus I adalah 68,61. Jumlah siswa yang tuntas pada siklus I yaitu 12 orang, secara klasikal  belum  mencapai 75% maka dilanjutkan pada siklus II. Hasil observasi aktivitas guru pada siklus II adalah 81,66% (baik sekali), observasi aktivitas siswa 81,76% (baik sekali) dan siswa yang sudah mencapai KKM adalah 22 orang (84,62%), siswa yang tidak mencapai KKM adalah 4 orang (15,38%) dan rata-rata nilai siswa pada siklus II adalah 80,77. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan Problem Centered Learning dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematik siswa pada materi sistem persamaan linier dua variabel di kelas VIII-A SMP Advent 2 Medan.

Author Biography

Yulia Br Sembiring, FKIP, Universitas Katolik Santo Thomas Medan

Dosen

References

Amsari, D., & Padang, U. N. (2018). Jurnal basicedu. 2(2).

Halimah, N. (2018). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika dengan Mengoptimalkan Metode Drill (Latihan) Kelas IV Di MI AL-Qur'an Tempuran Trimurjo Lampung Tengah Tahun Pelajaran 2017/2018. Skripsi, 63-76.

Hayati, N. (2019). Pengaruh Metode Problem Centred Learning (Pcl) Terhadap Hasil Belajar. MUBTADA, 2(2), 1-147.

Hutagalung, S. A. (2019). Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan Problem Centered Learning Padapokok Bahasan Himpunan Smp Tahun Pelajaran 2019/2020. Skripsi, 28-29.

Kania, N. (2016). Proses Pemecahan Masalah Matematis Calon Guru Sekolah Dasar. Seminar Pendidikan Matematika, 337-345.

Lingga, L. E. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif The Learning Cell Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VII SMP Swasta Masehi. Skripsi.

Lubis, M. A., & Azizan, N. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Di Smp Muhammadiyah 07 Medan Perjuangan Tahun Pelajaran 2018/2019. Logaritma: Jurnal Ilmu-Ilmu Pendidikan Dan Sains, 6(02), 150. https://doi.org/10.24952/logaritma.v6i02.1282

Lubur, D. N. L. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Materi Fungsi Melalui Penerapan Model Pendidikan Matematika Realistik. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 7(1), 182–189. https://doi.org/10.36312/jime.v7i1.1728

Manalu, F. P. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Tgt (Teams Games Tournament) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Peserta Didik Pada Materi Bangun Ruang Kubus Dan Balok Di Kelas VIII SMP Budi Setia. Skripsi, 1- 46.

Mayangsari, E. (2018). Penerapan Model Problem Centered Learning Terhadap Kemampuan Pemecahanmasalah Matematis Dan Self-Confidence Siswa SMP. Skripsi, 9-19.

Nurhikmayati, I. (2019). Implementasi Steam Dalam. DidNurhikmayati, I. (2019). Implementasi Steam Dalam. Didactical Mathematics, 1(2), 41–50.Actical Mathematics, 1(2), 41–50.

Novianti, E., & Yuanita, P. (2020). 12-Article Text-34-1-10-20200129. 1(1), 65–73.

Prihasyto, M., Nindiasari, H., & Syamsuri, S. (2019). Pendekatan Problem Centered Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Kemandirian Belajar Matematika Ditinjau Dari Gaya Belajar. TIRTAMATH: Jurnal Penelitian Dan Pengajaran Matematika, 1(1), 16. https://doi.org/10.48181/tirtamath.v1i1.6884

Rahmawati, A. D. (2020). Analisis Kesalahan Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal TIMSS- like Domain Data dan Peluang. MATHEdunesa, 9(3), 495–503. https://doi.org/10.26740/mathedunesa.v9n3.p495-503

Ramadhani, M. (2019). Pengaruh Pedekatan Problem Centered Learning Terhadapkemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Kelas VIII MTsN 2 Banda Aceh. Skripsi, 42-43.

Rinaldi, E., & Afriansyah, E. A. (2019). Perbandingan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa antara Problem Centered Learning dan Problem Based Learning. NUMERICAL: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 3(1), 9–18. https://doi.org/10.25217/numerical.v3i1.326

Ruswati, D., Utami, W. T., & Senjayawati, E. (2018). Analisis Kesalahan Siswa SMP Dalam Menyelesaikan Soal Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau dari Tiga Aspek. Maju, 5(1), 91–107.

Reski, R., Hutapea, N., & Saragih, S. (2019). Peranan Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 2(1), 049. https://doi.org/10.24014/juring.v2i1.5360

Safitri, F. A. (2018). Penerapan Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan Saintifik Menggunakan Strategi Pqrst (Preview, Question, Re-Write, Solve, Test) Pada Siswa SMP (Doctoral dissertation, University of Muhammadiyah Malang).

Sianturi, A. (2017). Pengaruh Model Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Matematis Siswa Di Kelas VIII SMP Negeri 5 Sumbul Tahun Pelajaran 2017/2018. Skripsi, 55-58.

Sugiana, A. (2018). Proses Pengembangan Organisasi Kurikulum Dalam Meningkatkan Pendidikan Di Indonesia. Jurnal Pedagogik, 05(02), 257–273. https://ejournal.unuja.ac.id/index.php/pedagogik

Sumartini, T. S. (2016). Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa melalui pembelajaran berbasis masalah. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 148-158.

Yuliati, I. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau Dari Motivasi Be-lajar Peserta Didik. Jurnal Kependidikan Matematika, 1-20.

Yusri, R. (2017). Pengaruh Pendekatan Problem Centered Learning Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas X Sma Negeri Kabupaten Solok. Jurnal LEMMA, 3(1). https://doi.org/10.22202/jl.2017.v3i1.1389

Zamnah, L. N. (2019). Analisis Self-Regulated Learning yang Memperoleh Pembelajaran Menggunakan Pendekatan Problem-Centered Learning dengan Hands-On Activity. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 2(1).https://doi.org/10.24176/anargya.v2i1.3495

Downloads

Published

2023-01-28

How to Cite

Sembiring, Y. B. . (2023). PENERAPAN PENDEKATAN PROBLEM CENTERED LEARNING (PCL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIK SISWA KELAS VIII SMP T.P 2022/2023. Cartesius : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 65–78. Retrieved from https://ejournal.ust.ac.id/index.php/CARTESIUS/article/view/2417

Issue

Section

Artikel