PENGEMBANGAN SOAL-SOAL OPEN ENDED PADA POKOK BAHASAN PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL BERBASIS YOUTUBE BERBANTUAN GOOGLE CLASSROOM DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DI KELAS VIII SMP NUSA PENIDA MEDAN

Authors

  • Evi Kartika Simanjuntak FKIP, Universitas Katolik Santo Thomas Medan

Keywords:

youtube, open ended, google classroom

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan soal-soal open ended berbasis youtube berbantuan Google Classroom pada materi Persamaan Linear Dua Variabel kelas VIII dan mengetahui kelayakannya menurut validator. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan yang mengadaptasi model Borg & Gall sampai tahap kelima saja. Tahap tersebut terdiri dari potensi dan kebutuhan, pengumpulan data, desain produk, validasi produk, dan revisi produk.  Desain media pembelajaran berbasis youtube berbantuan Google Classroom yang dikembangkan dalam penelitian ini, yaitu mudah digunakan, sesuai dengan teknologi dan lingkungan belajar siswa, menarik, dan interaktif. Hal ini terlihat pada tampilan materi yang terdiri dari tulisan, video, latihan soal, dan dapat digunakan secara berulang. Berdasarkan hasil validasi, produk ini termasuk sangat layak. Hal ini dapat dilihat berdasarkan perolehan persentase kelayakan media dan materi sebesar 90% dan masuk dalam kriteria tersebut. Kesimpulan yang diberikan validator pada media ini adalah layak digunakan/ diujicobakan dengan revisi sesuai saran.

Author Biography

Evi Kartika Simanjuntak, FKIP, Universitas Katolik Santo Thomas Medan

Dosen

References

Elva mardayanti, z. B. (januari 2016). Pengembangan soal open ended menggunakan konteks sumatera selatan materi persamaan linear dua variabel kelas x sma. Pendidikan matematika, 1-15.

Faridah, n. (2016). Pendekatan Open-Ended Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Serta Percaya Diri Siswa . Pena ilmiah , 1-10.

Handarini, o. I., & Wulandari, s. S. (2020). Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From Home(Sfh) Selama Pandemi Covid 19. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran, 8(3), hlm 496- 502.

Indonesia, p. (2003). Undang-Undang Nmor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Sekretariat Negara.

Indonesia, p. (2016). Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Nomor 24 Tahun 2016 Tentang Kompetensi Inti Dan Kompetensi Dasar. Jakarta : Sekretariat Negara

Jannah, I. M. (2019). Rancang Bangun Media Pembelajaran Matematika Matriks Untuk Kelas X Di Smk Muhammadiyah 1 Sragen Berbasis Mobile Learning. Skripsi. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Kurniati, r. (2016). Penerapan Strategi Pembelajaran Open Ended Terhadap Kemampuan Berpikirkritis Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas V Di Madrasah Palembang . Jurnal Ilmiah Pgmi , 1-18.

Mardayanti, Elva, Zulkardi Zulkardi, And Budi Santoso. 2016. “Pengembangan Soal Open-Ended Menggunakan Konteks Sumatera Selatan Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Kelas X ” jurnal pendidikan matematika (2016):1–15.

Model Pembelajaran Open Ended Sebagai Solusi Untuk Memaksimalkan Hasil Belajar Matematika Siswa Sd , 2020; Ningsih, 2020

Nur Ajeng Maftukhah, K. N. (2017). Kemampuan Berpikir Kreatif Dalam Pembelajaran Model Connecting Organizing, Reflecting, Extending Ditinjau Dari Kecerdasan Emosional . Journal Of Primary Of Education , 267-276.

Pamungkas, Eryka Mayang. 2021. “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Android Berbantuan Smart Apps Creator Pada Materi Persamaan Linear Dua Variabel” Jurnal Pendidikan Matematika(2021):1-10.

Ratna Widianti Utami, B. T. (2020). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Melalui Pendekatan Open Ended . Jurnal Ilmiah Kependidikan , 43-48.

Rohmatulloh, Ahmad Musid, Bekti Istiyanto, And Dian Bestari. 2018. “Youtube Sebagai Media Pengendalian Orang Tua Terhadap Anak (Studi Kasus Parental Mediation Orang Tua Terhadap Siswa Sdit Al-Marjan Bekasi).” Jurnal Ilmu Komunikasi (2017):100–107

Salma Aprianka, A. S. (november 2021). Validitas E-Modul Berbasis Open Ended Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Pada Pembelajaran Daring Untuk Siswa SMK . Pendidikan Matematika , 3111-3122.

Samura, A. O. (oktober 2019 ). Kemampuan Berpikir Kritis Dan Kreatif Matematis Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah . Mathematics Education And Science , 1-9.

Setiawan, R. H. (2014). Penaruh Pendekatan Open Ended Dan Pendekatan Kontekstual Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Sikap Siswa Terhadap Matematika . Pendidikan Matematika , 1-17.

Wulandari, P. R. (2020). Pendekatan Pendidikan Matematika Realistk Berbasis Open Ended Terhadap Kemampuan Pemcahan Masalah Matematika Siswa . Ilmiah Sekolah Dasar , 3-15.

Downloads

Published

2023-01-28

How to Cite

Simanjuntak, E. K. . (2023). PENGEMBANGAN SOAL-SOAL OPEN ENDED PADA POKOK BAHASAN PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL BERBASIS YOUTUBE BERBANTUAN GOOGLE CLASSROOM DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DI KELAS VIII SMP NUSA PENIDA MEDAN. Cartesius : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 102–114. Retrieved from https://ejournal.ust.ac.id/index.php/CARTESIUS/article/view/2419

Issue

Section

Artikel