Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematik Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif STAD Berbantuan Geoboard Materi Segi Empat dan Segitiga

Authors

  • Novita Marlina Damanik Universitas Katolik Santo Thomas

DOI:

https://doi.org/10.54367/cartesius.v2i2.607

Keywords:

Learning model, cooperative STAD, understanding

Abstract

This study aims to determine the improvement of students’ mathematical understanding abilities in class VII-2 SMP St. Thomas 3 Medan by applying the cooperative learning model type STAD assisted by geoboard. The method used in this research is classroom action research (CAR). The subjects in this study were students of class VII-2 St. Thomas Private School 3 Medan in the 2018/2019 Academic Year consisting of 32 students, 18 men and 14 women. From the research results it can be seen that there is an increase in students in students’ understanding ability by applying the geoboard-assisted type STAD cooperative learning model as follows: In the students’ mathematical early comprehension ability test is still realatively low, namely classical completeness obtained by 18.75% with very low categories. The results of the first cicle students’ mathematical understanding test that is obtained classical completeness of 53.12% with the medium category The results of the second cycle mathematical understanding test students obtained classical completeness 0f 84.37% with a high category. It can be seen that there is an increase starting from the ability of initial understanding, the ability to understand mathematical cycle I and mathematical understanding ability ability cycle II. So it can be concluded that the increase in students mathematical understanding abilities through the Geoboard-assisted STAD cooperative learning model increased from cycle I to cycle II, amounting to 31.25%.

Author Biography

Novita Marlina Damanik, Universitas Katolik Santo Thomas

Pendidikan Matematika

References

Amawardini, dkk. 2017. Pengaruh Media Pembelajaran Geoboard Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal : Didaktika Tauhidi .Volume: 4. No, 2. ISSN 2550-0252, Html, diakes pada 31 Januari 2019, Jam 16:21 WIB.

Arikunto. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto. 2013. Dasar – Dasar Evaluasi Pendidikan.Jakarta: Bumi Aksara.

Desi, Amelia, dkk. 2018. Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa SMP di Bandung Barat. Jurnal: JPPM Vol: 11, No:1, Html, diakses pada 30 januari 2019, jam 01:15 WIB.

Dolhasair. dkk. 2017. Penggunaan Media Geoboard (Papan Bepaku) Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Bangun Datar Pada Siswa Kelas II Sekolah Dasar. Jurnal Didaktika Dwija Indria.ISSN : 2337-8786. Html, diakses pada 16 januari 2019 jam 06:45 WIB.

Fatrima. 2017. Kemampuan Representasi Matematis Dan Kemampuan Pembuktian Matematika. Jurnal: Edumath , Vol: 3 No. 1, ISSN Online : 2356-2056. Html, diakses pada 23 Februari 2019, jam 14:01 WIB.

Gulo, W. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Grafindo.

Gusniar. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievment Division (STAD) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas IV SDN No. 2 Ogoamas II.Jurnal Kreatif Tadulako Online Vol. 2 No. 1ISSN 2354-614X. Html, diakes pada 21 januari 2019 Jam 12:06 WIB.

Hamdani. 2017. StrategiBelajarMengajar.Bandung : CV PustakaSetia.

Icahiriza. 2015. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Di SMP Negeri 3 Pagaralam. Html, diakses pada 2 Maret 2019, jam 20:01 WIB.

Huda, Miftahul. 2014. Model-Model PengajarandanPembelajaran.Yogyakarta :PustakaPelajar.

Ika, Sriyanti. 2017. Peningkatan Kemampuan Pemahaman Matematik Siswa SMP PGRI Pemanukan Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD. Jurnal: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education. Vol: 2 No 2, ISSN 2548-2297. Html, diakses pada 30 januari 2019, jam 10:15 WIB.

Jarmita, Nida. 2012. penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD dalam meningkatkan pemahaman matematis siswa pada pokok bahasan bangun ruang. Jurnal: lmiah didaktika. Vol: XIII, no. 1, 150-172. Html, diakses pada 31 Januari 2019, jam 17:42 WIB.

Jihad,Asep & Abdul Haris. 2018. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Presindo.

Kunandar. 2010. Penilitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

Kurniasih. 2016. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran. Kata Pena.

Masitoh 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Papan Berpaku Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Luas Bangun Datar. Jurnal:Bbtida’.Vol: 5 ,No. 01. Htlm, diakses pada 31 januari 2019, jam 16:00 WIB.

Ningsih. 2016. Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Mahasiswa Melalui Penerapan Lembar Aktivitas Mahasiswa (LAM) Berbasis Teori APOS Pada Materi Turunan.Jurnal edumatica.vol: 06 No.01. Html, diakses pada 15 januari 2019, jam 03:45 WIB.

Nisa, dkk. 2015. Efektivitas Penggunaan Geoboard Bangun Datar Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Apotema. Vol: 1. No. 2.ISSN 2407-8840. Html, diakses pada 08 januari 2019 jam 14:43 WIB.

Nursaadah, dkk. 2018. Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Smp Pada Materi Segitiga Dan Segiempat.Jurnal Numeracy.vol: 5 No.1. Html, diakes pada 15 Januari 2019,jam 01:44 WIB.

Purwanto. 2017. Evaluasi Hasil Belajar.Yogyakarta :PustakaPelajar.

Rusman. 2013. Model – Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru.Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Rusman. 2017. Belajar & Pembelajaran.Bandung : Kencana.

Sanjaya, Wina. 2013. Penelitian Pendidikan.Jakarta: Kencana.

Sanjaya,Wina. 2013. Penelitian Tindakan Kelas.Jakarta: Kencana.

Sari, isnaweni. Dkk.2017. pengaruh metode diskusi dengan alat peraga papan berpaku terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Muhammadiyah Limbung. Html, diakses pada 31 Januari 2019, jam 13:01 WIB.

Sarjanti, Esti. Dkk. Peningkatan Aktivitas Dan Prestasi Belajar Siswa Melalui Metode Picture And Picture Dengan Media Audio Visual Pada Mata Pelajaran Geografi Di Kelas XI Ips 2 Sma Negeri 1 Bantarkawung. Jurnal: Geoedukasi Vol: IV, No: 2. Html, diakses pada 10 Maret 2019, Jam 13: 56 WIB.

Setiawan. Dkk. 2013. kemampuan pemahaman matematik siswa smp melalui penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD. Jurnal: Pendidikan Informatika dan Sains, Vol: 2, No: 2 Html, diakses pada 18 Januari 2019, Jam 12: 56 WIB.

Sipayung, T. N. & Simanjuntak, S. D. 2018. Pengembangan Lembar Aktivitas Siswa (Las) Matematika Kelas X Sma Dengan Penerapan Variasi Model Pembelajaran Kooperatif. Jurnal: JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika). Vol: 2, No. 1. Html, diakses pada 07 Februari 2018, jam 13:45 WIB.

Slameto. 2017. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya.Jakarta : PT RinekaCipta.

Soemarmo,Utari. 2014. Penilaian Pembelajaran Matematika. Bandung: PT Refika Aditama.

Sudjana, Nana. 2016. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar.Bandung: PT RemajaRosdakarya Offset.

Susanto Ahmad. 2014. Teori Belajar dan Pembelajaran di SekolahDasar.Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Tampubolon,Saur. 2014. Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Pendidikdan Keilmuan. Jakarta: Erlangga.

Tiska, dkk. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP 1 Sindue Tombusabora Pada Materi Persamaan Linear Satu Variabel. Jurnal: Pendidikan Matematika Tadulako.Vol.04.No.04. Html, diakses pada 2 Februari 2019, jam 07:18 WIB.

Trianto. 2011. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif.Jakarta :Kencana.

Wijaya, Ariyadi.2012. Pendidikan Matematika Realistik Suatu Alternatif Pendekatatan Pembelajaran Matematika.Yogyakarta : Graha Ilmu.

Yezita, dkk. 2012. Mengkonstruksi Pengetahuan Siswa Pada Materi Segitiga Dan segiempat Menggunakan Bahan Ajar Interaktif Matematika Berbasis Konstruktivisme. Jurnal: pendidikan matematika.Vol: 1 No, 1. Html, diakses pada 18 Januari 2019, Jam 11: 56 WIB.

Yezita, dkk. 2012. Mengkonstruksi Pengetahuan Siswa Pada Materi Segitiga Dan segiempat Menggunakan Bahan Ajar Interaktif Matematika Berbasis Konstruktivisme. Jurnal: pendidikan matematika.Vol: 1 No, 1. Html, diakses pada 18 Januari 2019, Jam 11: 56 WIB.

Yohannes. 2017. Penggunaan Media Papan Berpaku Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaranmatematik Materi Bangun Datar Pada Siswa Kelas III SDN SAWIT Sawon, Yogyakarta. Html, diakses pada 2 Maret 2019, jam 20:01 WIB.

Yusuf, A. Muri. 2014. Metode Penelitian. Jakarta: Kencana.

Published

2020-01-09

How to Cite

Damanik, N. M. (2020). Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematik Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif STAD Berbantuan Geoboard Materi Segi Empat dan Segitiga. Cartesius : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 76–89. https://doi.org/10.54367/cartesius.v2i2.607

Issue

Section

Artikel