PENERAPAN SOFTWARE GEOGEBRA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN KEAKTIFAN SISWA KELAS VIII SMP

Authors

  • Berry Bernandus Sembiring Universitas Katolik Santo Thomas Medan

DOI:

https://doi.org/10.54367/cartesius.v3i1.793

Keywords:

Think Pair Share, komunikasi matematis, keaktifan.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pembelajaran dengan model TPS (Think Pair Share) berbantuan Software Geogebra dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis dan keaktivan siswa pada pembelajaran matematika dengan materi kubus dan balok kelas VIII SMP Dharma Wanita Pertiwi. Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan di kelas VIII SMP Dharma Wanita Pertiwi. Hasil temuan peneliti ini menunjukkan : (1) siswa yang sudah mencapai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) yaitu 75, diantaranya 17 orang (56,67%) sedangkan yang belum mencapai KKM adalah 13 orang (43,33%). Nilai rata-rata hasil tes kemampuan komunikasi matematis siswa komunikasi matematis siswa pada siklus I mencapai 66,87. jumlah siswa yang tuntas secara klasikal belum mencapai 75%, maka dilanjutkan pada siklus II. Siswa yang sudah mencapai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) adalah 25 orang (83,33%) dan siswa yang belum mencapai kkm adalah 5 orang (16,66%). Nilai rata-rata tes kemampuan komunikasi matematis siswa siklus II mencapai 82,5. (2) Pembelajaran dengan berbantuan Software Geogebra dan model pembelajaran (Think Pair Share)TPS berlangsung dengan baik dan efektif untuk dilakukan terlihat dari lembar observasi aktivitas guru dan lembar angket keaktifan siswa . aktivitas guru pada siklus I, dengan rata-rata 75% dan masih kriteria baik , maka dilakukan tindakan selanjutnya untuk siklus II dan hasil lembar aktivitas guru siklus II dengan rata-rata 90%, dan angket keaktifan siswa siklus I rata-rata 62,26% dan meningkat pada siklus II menjadi 71,53%. Hal ini menunjukkan bahwa  penggunaan Software Geogebra dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis dan keaktifan siswa kelas VIII pada materi kubus dan balok

References

Akbar, Mukalladin Ulil. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share untuk Melatih Sikap Sosial Siswa Kelas X5 SMAN 8 Makassar. Jurnal Chemica. 17(1).

Amir, Almira. 2014. Kemampuan dan Penalaran Komunikasi Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Logaritma. 2(1).

Cakyamuni, putu ayu. 2016. Pengaruh Model Kooperatif Tipe Make A Match Terhadap Prestasi Belajar IPS Siswa Kelas IV SDN 1 Bali Sadhar Utara. [skripsi]. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lampung. Bandar Lampung

Asnawati, Sri. 2013. Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP dengan Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams-Games-Tournaments. Jurnal euclid. 3(2).

Dasopang, Muhammad Darwis. 2017. Belajar dan Pembelajaran. Jurnal Kajian Ilmu-ilmu Agama. 03(2).

Gunawan, Adhi. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share untuk Meningkatkan Social Skill Siswa [Tesis]. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lampung. Bandar Lampung.

Hasratuddin. 2014. Pembelajaran Matematika Sekarang dan yang Akan Datang Berbasis Karakter. Jurnal Didaktik Matematika. 1(2).

Hati, Nursa’adah. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Make A Match Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis dan Keaktifan Siswa Pada Pembelajaran Matematika di Kelas VIII SMPN 2 Godean [Skripsi]. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Univarsitas Mercu Buana Yogyakarta. Yogyakarta.

Hidayah, Umy Aris Nur. 2017. Upaya Guru PAI dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar Mapel PAI Melalui Strategi Active Knowledge Sharing Pada Siswa Kelas IV SDN 2 Denggungan Kecamatan Banyudono Kabupaten Boyolali Tahun Pelajaran 2016/2017 [Skripsi]. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan. Institut Agama Islam Negeri Surakarta.

Izzati, Nurma. 2014. Pengaruh Keterampilan Sosial Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Mahasiswa. Jurnal Edueksos. III(1).

Kariani, Ribka. (2013). Pengaruh Pembelajaran Think Talk Write (TTW)

Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematik dan Sikap Positif Siswa Terhadap Matematika. [Tesis] Unimed.

Kurniawan, Hana. 2012. Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Teknik Think Pair Share Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Akuntansi Kompetensi Dasar Menghitung Mutasi Dana Kas Kecil Siswa Kelas X Akuntansi 2 SMK Negeri 7 Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Akuntansi. Indonesia. X(1).

Kurniawati, Chintya. 2017. Pengaruh Keaktifan Belajar dan Motovasi Belajar

Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII B SMP Kanisus Kalasan Pada Topik Operasi Aljabar Menggunakan Model Kooperatif Tipe Jigsaw II Tahun Ajaran 2016/2017 [Skripsi]. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sanata Dharma: Yogyakarta.

Mahmudi, Ali. 2015. Keefektifan Experiential Learning Pembelajaran Matematika MTS Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Jurnal Riset Pendidikan Matematika. 2(2).

Maulani, Dewi. 2017. Pengaruh Penerapan Model Recipropocal Teaching Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Ditinjau Dari Self-Concept Siswa di SMAN Kecamatan Tambun Selatan Bekasi. JPPM. 10(2).

Mulyastuti, Indah Dwi. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Geogebra Pada Materi Garis Singgung Lingkaran Untuk Siswa Kelas VIII SMPN 1 Purwodadi [Skripsi]. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Univarsitas Muhamadiyah Surakarta.

Ningrum, Dian Ayu Setia. 2016. Keaktifan dan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Pada Pembelajaran Kooperatif Tipe Tsts Berbantuan LKS Materi PLDV Kelas VIII [Skripsi]. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Semarang: Semarang.

Ningsih, Ica 2105. Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Question Students Have (Qsh) Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VII SMP Negeri 11 Yogyakarta. Jurnal Pendidikan IPA. 2(1).

Nopiyani, Dian. 2016. Penerapan Pembelajaran Matematika Realistik Berbantuan Geogebra Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP. Jurnal Mosharafa. 5(2).

Rusman. 2017. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta. PT Kharisma Putra Utama.

Skolikhah, Ria Amalia. 2014. Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Melalui Penerapan Metode Eksperimen Kelas V SDN 1 Sedayu Tahun Ajaran 2013/2014 [Skripsi]. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Yogyakarta: Yogyakarta.

Sholilah, Ummu. 2018. Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa dalam

Menyelesaikan Soal Materi Komposisi Fungsi Ditinjau dari Kemampuan Matematika. Jurnal Tadris Matematika. 1(1).

Siagian, Muhammad Daut. 2016. Kemampuan Koneksi Matematika dalam

Pembelajaran Matematika. Journal of Mathematics Education and Science. 2(1).

Suharmini, Arikunto. 2010. Prosedur Penelitian. Jakarta. Rineka Cipta.

Suharmin, Arikunto. 2010. Manajemen Penelitian. Jakarta. Rineka Cipta.

Titisari, Fransisca Niken. 2017. Efektivitas Penggunaan Program Geogebra Pada Pembelajaran Matematika Materi Geometri Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar di Kelas X SMA Bopkri 2 Yogyakarta Tahun Ajaran 2016/2017 [Skripsi]. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sanata Dharma. Yogyakarta.

Wijayanti, Noviana. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SDN 01 Ampel Kecamatan Ampel Boyolali Semester Genap Tahun Ajaran 2013/2014 [Skripsi]. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Kristen Satya Wacana: Salatiga.

Published

2020-07-06

How to Cite

Sembiring, B. B. (2020). PENERAPAN SOFTWARE GEOGEBRA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN KEAKTIFAN SISWA KELAS VIII SMP. Cartesius : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 44–57. https://doi.org/10.54367/cartesius.v3i1.793

Issue

Section

Artikel