ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA MATERI KUBUS DAN BALOK PADA SISWA KELAS VIII SMP

Authors

  • Cristine Magdalena Universitas Katolik Santo Thomas Medan

DOI:

https://doi.org/10.54367/cartesius.v3i1.795

Keywords:

Kesalahan, Newman, penyelesaian soal matematika.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis-jenis kesalahan siswa dan factor-faktor penyebab kesalahan siswa kelas VIII SMP Santo Petrus Medan dalam menyelesaikan soal-soal matematika materi kubus dan balok berdasarkan prosedur Newman.Metode penelitian ini adalah  deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan menggunakan metode tes tertulis dan wawancara. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VIII SMP Santo Petrus Medan yang berjumlah 34 siswa.Hasil penelitian menunjukkan persentase kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal matematika terkait materi kubus dan balok berdasarkan prosedur Newman adalah: (a) persentase kesalahan membaca yang dilakukan siswa sebesar 23%, (b) persentase kesalahan memahami konsep sebesar 38%, (c) persentase kesalahan transformasi sebesar 9%, (d) persentase kesalahan keterampilan proses sebesar 92%, (e) persentase kesalahan penulisan jawaban akhir sebesar 81%.  Persentase kesalahan total siswa sebesar . faktor-faktor penyebab kesalahan siswa adalah tidak lancar membaca soal serta kurangnya pengetahuan tentang simbol-simbol yang terdapat dalam soal-soal  matematika,tidak memiliki kemampuan menuliskan hal yang diketahui dan ditanyakan dalam soal dengan benar,tidak menguasai materi kubus dan balok,asal-asalan mengerjakan soal,tidak menyukai pelajaran matematika,tidak pahan dengan metode penyelesaian yang digunakan dengan benar,tidak paham dengan rumus  yang seharusnya digunakan, terburu-buru dalam mengerjakan proses penyelesaian.

References

Amalia & Widyati. 2012. Analisis Butir Soal Tes Kendali Mutu Kelas XII SMA Mata Pelajaran Ekonomi Akuntasi di Kota Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Akuntasi Indonesia. X(1).

Amalia, Aufin & Khusniah. 2018. Analisis Kesalahan dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Pokok Bahasan Persamaan Linear Berdasarkan Newman Kelas X-MIA di SMA Bayt Al-Hikmah Kota Pasuruan. Jurnal Pendidikan Matematika.

Arikunto, S. 2009. Prosedur Peneliian Suatu Pendekatan Praktek. Penerbit Rineka Cipta: Jakarta.

Arnidha.2015. Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Operasi Hitung Bilangan Cacah. Jurnal E-dumath. I(I).

Farida. 2015. Analisis Kesalahan Siswa SMP Kelas VIII dalam Menyelesaikan Masalah Soal Cerita Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika. IV(2).

Fatahillah.2017. Analisis Kesalahan Siswa salam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Berdasarkan Tahapan Newmann Beserta Bentuk Scaffolding yang Diberikan. Jurnal Pendidikan Matematika. VIII(1).

Fitri, Helma & Syarifuddin. 2014. Penerapan Strategi The Firing Line Pada Pembelajaran Matematika Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Batipuh. Jurnal Pendidikan Matematika. III(1).

Friedberg, Stephen H, Arnold J. Insel, Lawrence E, Spence. 1997. Linear Algebra Third Edition. Prentice-Hall International, Inc.

Komarudin. 2016. Analisis Kesalahan Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematika Pada Materi Peluang Berdasarkan High Order Thinking Dan Pemberian Scaffolding. Jurnal Pendidikan Matematika. VIII(1).

Lestari, Rini Dwi. 2011. Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Faktorisasai Suku Aljabar Kelas VIII SMP Negeri 1 Jaten Tahun Ajaran 2010/2011.Skripsi. Surakarta: Studi S-1 FKIP Universitas Negeri Surakarta.

Manibuy, Ronald, Mardiyana, dan Dewi Retno Sari Saputro. 2014. Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Persamaan Kuadrat Berdasarkan Taksonomi Solo pada Kelas X SMA Negeri 1 Plus di Kabupaten Nabire – Papua. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika. 2(9). Hal. 933-945.

Mulyadi, Riyadi, dan Sri Subanti. 2015. Analisis Kesalahan Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Materi Luas Permukaan Bangun Ruang Berdasarkan Newman’s Error Analysis (NEA) Ditinjau Dari Kemampuan Spasial. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika. 3(4). Hal. 370-382.

Nurussafa’at, Fitri Andika, Imam Junadi, dan Riyadi. 2016. Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Materi Volume Prisma Dengan Fong’s Schematic Model for Error Analysis Ditinjau dari Gaya Kognitif Siswa Studi Kasus Siswa Kelas VII Semester II SMP IT Ibnu Abbas Klaten Tahun Ajaran 2013/2014. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika 4(2). Hal. 174-187.

Prakitipong, Natcha and Nakamura, Satoshi. 2006. Analysis of Mathematics Performance of Grade Five Studentsin Thailand Using Newman Procedure. CICE Hiroshima University, Journal of International Cooperation in Education. 9(1). Hal.111.

Priyanto, Arif, Suharto, dan Dinawati Trapsilasiwi. 2015. Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Pokok Bahasan 14 Teorema Pythagoras Berdasarkan Kategori Kesalahan Newman di Kelas VIII A SMP Negeri 10 Jember. Jurnal Artikel Ilmiah Mahasiswa. 1(1). Hal.1-5.

Rahmania & Rahmawati. 2016. Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Persamaan Linear Satu Variabel. Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika. I(2).

Rindyana, Bunga Suci Bintari & Chandra, Tjang Daniel. 2012. Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel Berdasarkan Analisis Newman. Jurnal Online.

Susanto,A.2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Bandung: Alfabeta.

Susiowati & Ratu. 2018. Analisis Kesalahan Siswa Berdasarkan Tahapan Newman dan Scaffolding Pada Materi Aritmatika Sosial. Jurnal Pendidikan Matematika. VII(1).

White, A. L. 2010. Numeracy, Literacy, and Newman’s Error Analysis Journal of Science and Mathematics Education in Southeast Asia. 33(2). p.129-148.

Wiyanto, et al. 2011. Panduan Penulisan Skripsi dan Artikel Ilmiah. Semarang: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Semarang.

Published

2020-07-06

How to Cite

Magdalena, C. (2020). ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA MATERI KUBUS DAN BALOK PADA SISWA KELAS VIII SMP. Cartesius : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 71–86. https://doi.org/10.54367/cartesius.v3i1.795

Issue

Section

Artikel