PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA BERBANTUAN APLIKASI MATH MOBILE LEARNING

Authors

  • Deni Yanti Nainggolan Universitas Katolik Santo Thomas Medan

DOI:

https://doi.org/10.54367/cartesius.v3i1.796

Keywords:

PBL, berpikir kritis, math mobile learning.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pembelajaran matematika dengan model Problem Based Learning (PBL) berbantuan aplikasi Math Mobile Learning dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran matematika dengan materi segiempat dan segitiga kelas VII SMP Dharma Wanita Pertiwi Medan T.A 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan di kelas VII-1 SMP Dharma Wanita Pertiwi. Hasil temuan peneliti ini menunjukkan : (1) Siswa yang sudah mencapai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) yaitu 75, diantaranya 17 orang (62,96%) sedangkan yang belum mencapai KKM adalah 10 orang (37,04%). Nilai rata-rata hasil tes kemampuan berpikir kritis matematis siswa pada siklus 1 mencapai 69,12. Jumlah siswa yang tuntas secara klasikal belum mencapai 75%, maka dilanjutkan pada siklus II. Siswa yang sudah mencapai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) adalah 21 orang (77,78%) dan siswa yang belum mencapai KKM adalah 6 orang (22,22%). Nilai rata-rata tes kemampuan berpikir kritis matematis siswa siklus II mencapai 77,33. (2) Pembelajaran model Problem Based Learning (PBL) berbantuan aplikasi Math Mobile Learning berlangsung dengan baik dan efektif untuk dilakukan terlihat dari lembar observasi aktivitas guru dan lembar observasi aktivitas siswa . Aktivitas guru pada siklus I, dengan rata-rata 60,90% dan masih kriteria cukup baik , maka dilakukan tindakan selanjutnya untuk siklus II dan hasil lembar aktivitas guru meningkat pada siklus II  dengan rata-rata 80,90% dengan kriteria sangat baik. Hasil lembar observasi aktivitas siswa pada siklus I dengan rata-rata 58% dan masih kriteria cukup baik, sedangkan hasil observasi aktivitas guru meningkat pada siklus II dengan rata-rata 78% dengan kriteria baik. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan aplikasi Math Mobile Learning dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas VII SMP pada materi segitiga dan segiempat

References

Arikunto, Suharsimin. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimin. 2010. Manajemen Penelitian. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

As’ari, Abdur Rahman, dkk. 2016. Matematika Semester 2 Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan–Edisi Revisi.Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Dasa Ismaimuza. 2010. Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Strategi Konflik Kognitif Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis dan Sikap Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Matematika. 4(1).

{5] Fivi Nuraini. 2017. Penggunaan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas 5 SD. Jurnal Mitra Pendidikan. 1(4).

Hasna Dewi Ritonga. 2017. Kemampuan Koneksi Matematika antara Penguasaan Pecahan dengan Hasil Belajar Matematika Materi SPLDV.Seminar Nasional Matematika.

Husnidar, Ikhsan, dan Samsyul Rizal. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Disposisi Matematis Siswa. Jurnal Didaktik Matematika. 1(1).

Invany Idris. 2016. Penerapan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia untuk Meningkatkan Kemampuan Penyelesaian Soal Cerita Pada Sekolah Menengah Pertama. Jurnal EduMat Sains. 1(1).

Juhji. 2018. Profesi Guru dalam Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik di Era Globalisasi. Jurnal Genealogi PAI. 5(1).

Jumaisyaroh, Napitupulu, dan Hasratuddin. 2014. Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa SMP Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Kreano. 5(2).

Miftahul Husnah. 2017. Hubungan Tingkat Berpikir Kritis Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Dengan Menerapkan Model Pembelajaran Problem Based Learning. Jurnal PASCAL. 1(2).

Nur Hayadi. 2015. Hubungan Antara Efikasi Diri Akedemik Dengan Minat Melanjutkan Studi di Perguruan Tinggi Pada Siswa. Jurnal Bimbingan dan Konseling Edisi 11.

Pradimas Sigit Permadi. 2016. Kolaborasi Model Pembelajaran Kooperatif Jigsaw dan Kancing Gemerincing untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Informasi dan Komunikasi Administrasi Perkantoran. 1(1).

Putri Lestari, Adeng Hudayana. 2018. Penerapan Model Quantum Teaching Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa.Research and Development Journal Of Education. 5(1).

Rifaatul Mahmuzah. 2015. Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP Melalui pendekatan Problem Posing. Jurnal Peluang. 4(1).

Rochmad. 2016. Analisis Timeline dan Berpikir Kritis dalam Pemecahan Masalah Matematika pada Pembelajaran Kooperatif Resiprokal. Jurnal Kreano. Vol. 2.

Rusman. 2015. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: PT Kharisma Putra Utama.

Slameto. 2017. Belajar dan Faktor – Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta : PT Rineka.

Syuhada Sitompul, Laila Fitri. 2017. Upaya Meningkatkan Kemampuan Belajar Matematika Menggunakan Model Team Assisted Individualization Siswa MTS Tembung .Seminar Nasional Matematika.

Tampubolon, Saur. 2014. Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Pendidik dan Keilmuan. Jakarta: Erlangga.

Trianto. 2011. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif – Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Wahyudin Wisudawan. 2017. Pengembangan Aplikasi Math Mobile Learning Bangun Datar Berbasis Android Pada Materi Segitiga dan Segiempat Pelajaran Matematika di Tingkat SMP. Seminar Nasional Teknoka. Vol. 2.

Published

2020-07-06

How to Cite

Nainggolan, D. Y. (2020). PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA BERBANTUAN APLIKASI MATH MOBILE LEARNING. Cartesius : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 87–100. https://doi.org/10.54367/cartesius.v3i1.796

Issue

Section

Artikel