FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI STRUKTUR MODAL PADA PERUSAHAAN WHOLESALE AND RETAIL TRADE DI BURSA EFEK INDONESIA

Authors

  • Joana L. Saragih Fakultas Ekonomi, Universitas Katolik Santo Thomas Medan

DOI:

https://doi.org/10.54367/jrak.v6i2.1056

Keywords:

Struktur Modal, Ukuran Perusahaan, Pertumbuhan Aktiva, Profitabilitas

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh current ratio dan debt ratio terhadap return on investment pada Perusahaan Retail And Wholesale di Bursa Efek Indonesia. Populasi penelitian adalah seluruh perusahaan Retail And Wholesale yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2012-2014. Metode pengambilan sampel adalah purposive sampling sehingga sampel penelitian sebanyak 15 perusahaan. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linear berganda. Dari hasil pembahasan disimpulkan bahwa persamaan regresi linear berganda yang diperoleh adalah Y = 13,914 – 0,400 X1 + 0,038 X2 – 10,457 X3 . Artinya, Ukuran Perusahaan dan Return On Assets mempunyai pengaruh negatif signifikan terhadap Debt To Equity Ratio dan Petumbuhan Aktiva Tidak berpengaruh terhadap Debt To Equity Ratio pada perusahaan Retail And Wholesale di Bursa Efek Indonesia. Hal ini dapat dilihat dari nilai koefisien regresinya. Nilai koefisien determinan menunjukkan bahwa return on investment dapat dijelaskan oleh current ratio dan debt ratio sebesar 17,6 %, sedangkan 22,4 % dijelaskan oleh faktor lain. Dilihat dari uji t, Ukuran Perusahaan berpengaruh negatif dan signifikan terhadap Debt To Equity Rati, Pertumbuhan Aktiva tidak berpengaruh terhadap Debt To Equity Rati, dan Return On Assets berpengaruh positif dan signifikan terhadap Debt To Equity Ratio pada perusahaan Retail And Wholesale di Bursa Efek Indonesia.

Author Biography

Joana L. Saragih, Fakultas Ekonomi, Universitas Katolik Santo Thomas Medan

Dosen Tetap UNIKA Santo Thomas

References

Brigham, Eugene G., dan Joel F. Houston, 2001, Manajemen Keuangan, Edisi Kedelapan, Erlangga, Jakarta.

Ghozali, Imam, 2005, Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPPS, edisi ketiga. Indonesia: Universitas Diponegoro.

Harahap, Nakman, 2003. Analisis Pengaruh Struktur Modal Terhadap Profitabilitas Pada Industri Pulp And Paper Yang Masuk Pasar Modal Indonesia.Tesis Mahasiswa FE USU.

Purhadi, Imam, 2006. Pengaruh Struktur Modal Terhadap Profitabilitas Perusahaan Barang Konsumsi Terbuka Di Bursa Efek Jakarta. Tesis Mahasiswa FE Universitas Terbuka.

Riyanto, Bambang, 2001. Dasar-Dasar Pembelanjaan Perusahaan, Edisi Keempat, Cetakan Ketujuh, Yogjakatra: BPFE.

Sawir, Agnes, 2003. Analisa Kinerja Keuangan Dan Perencanaan Keuangan Perusahaan, Cetakan Ketiga, Indonesia: PT. Gramedia Pustama Utama.

Setiyono, Gunawan, 2007. Pengaruh Perputaran Modal Kerja Dan Struktur Modal Terhadap Profitabilitas (Studi Empiris Pada Perusahaan Food And Beverage yang Listing Di Bursa Efek Jakarta). Skripsi Mahasiswa FE UMM.

Supranto, J.2001. Statistik: Teori Dan Aplikasi.Jilid Satu, Edisi Keenam, Jakarta: Erlangga.

Sawidji, Widoatmodjo, 2004. JurusJito Go Publik,Indonesia: JurnalindoAksaraGrafika.

Saidi, 2004, Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Struktur Modal Pada Perusahaan Manufaktur Go Publik Di Bej Tahun 1997-2002, NO.1 VOL 11.Maret.

Sartono, R. Agus, 1996, Manajemen Keuangan Teori Dan Aplikasi, Edisi 3, BPFE, Jogjakarta.

Sugiyarso, G., dan F. Wunarni, 2005. Manajemen Keuangan, Edisi Pertama, Cetakan Pertama, Yogjakarta: Media Pressindo.

Susetyo, Arief, 2009, Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Struktur Modal Pada Perusahaan Manufaktur Yang Go Publik Di Bej Perode 2000-2003, Skripsi, Universitas Islam Indonesia, Yogjakarta.

Published

2020-12-22

How to Cite

Saragih, J. L. (2020). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI STRUKTUR MODAL PADA PERUSAHAAN WHOLESALE AND RETAIL TRADE DI BURSA EFEK INDONESIA. Jurnal Riset Akuntansi &Amp; Keuangan, 6(2), 169–184. https://doi.org/10.54367/jrak.v6i2.1056

Issue

Section

Artikel