PENGARUH PENGUMUMAN DIVIDEN TUNAI TERHADAP ABNORMAL RETURN DAN TRADING VOLUME ACTIVITY PADA PERUSAHAAN KEUANGAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA

Evelin R.R Silalahi(1*), Robasa Inriani Sianturi(2),

(1) Fak Ekonomi, Universitas Katolik Santo Thomas Medan
(2) Fak Ekonomi, Universitas Katolik Santo Thomas Medan
(*) Corresponding Author

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pengumuman dividen tunai terhadap abnormal return saham dan trading volume activity sebelum dan sesudah pengumuman dividen. Populasi penelitian ini adalah semua perusahaan keuangan yang terdaftar di BEI di tahun 2016-2019. Sampel pada penelitian ini didapatkan dengan cara purposive sampling, dengan jumlah sampel 20 perusahaan. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi. Metode analisis yang digunakan adalah uji paired sample t-test dengan menggunakan program SPSS 24.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Pengumuman dividen tunai tidak berpengaruh terhadap abnormal return, hal ini dibuktikan dengan hasil uji paired sample t-test dengan tingkat signifikansi 0,948 (0,948>0,05) yang berarti tidak terdapat perbedaan rata-rata abnormal return yang signifikan antara sebelum dan sesudah pengumuman dividen tunai. (2) Pengumuman dividen tunai tidak berpengaruh terhadap trading volume activity, hal ini dibuktikan dengan hasil uji paired sample t- test dengan tingkat signifikasi 0,607 (0,607>0,05) yang berarti tidak terdapat perbedaan rata-rata trading volume activity yang signifikan antara sebelum dan sesudah pengumuman dividen saham.
Kata kunci: Dividen tunai, Abnormal Return, dan Trading Volume Activity.

Kata Kunci


Dividen tunai, Abnormal Return, dan Trading Volume Activity.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Brigham, Eugene F., dan Houston, Joel F. (2006). Dasar-Dasar Manajemen Keuangan. Buku Kedua. Edisi Kesembilan. (Alih bahasa: Ali Akbar Yulianto). Jakarta : Penerbit Salemba Empat.

Brigham, Eugene F., dan Houston, Joel F. (2009). Dasar-Dasar Manajemen Keuangan. Buku Kesatu. Edisi Kesepuluh. (Alih bahasa: Ali Akbar Yulianto). Jakarta : Penerbit Salemba Empat.

Chadilla, Ainul. (2013). Pengaruh Pengumuman Dividen Tunai Terhadap Return Saham. Penelitian. Fakultas Ekonomi. Universitas Muhammadiyah Malang

DC, Utomo dkk. (2017). Yuk Belajar Saham Untuk Pemula. Jakarta: PT Alex Media Komputindo.

Eliana, Afni. (2019). Event study: Reaksi Pasar Terhadap Pengumuman Dividen pada perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jurnal ekonomi. Vol.5 No.1. Hal 1- 24.

Fakhruddin, Hendy M. (2008). Strategi Pendanaan dan Peningkatan Nilai Perusahaan. Jakarta: PT Alex Media Komputindo.

Fakhruddin, Hendy M. (2008). Tanya Jawab Pasar Modal. Jakarta: PT Alex Media Komputindo.

Fama, Eugene F. 1970. Efficient Market: A Review of Theory and Empirical Work. Journal of Finance. Vol 25. No 2. Page 383-417.

Ghozali, Iman. (2006). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hartono, Jogiyanto. (2010). Studi Peristiwa : Menguji Reaksi Pasar Modal Akibat Suatu Peristiwa. Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta

Jagrataraning, Ekaliya T S . (2016). Pengaruh Pengumuman Dividen Saham Terhadap Abnormal Return Dan Trading Volume Activity Saham Di Bursa Efek Indonesia. Program Studi Manajemen Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta.

Marlina, Windi. (2017). Pengaruh Pengumuman Dividen Tunai Terhadap Abnormal Return dan Trading Volume Activity (TVA) :Studi Kasus pada Kelompok Cash Dividend Final Naik dan Turun pada Perusahaan yang Terdaftar di BEI Tahun 2014-2015. Skripsi. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Yogyakarta.

Mediaffani, Natalia (2009). Pengaruh pengumuman dividen terhadap volume perdagangan saham pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Program Studi Akuntansi Universitas Sanata Dharma. Yogyakarta.

Rahmah, Mas. (2015). Hukum Pasar Modal. Jakarta:KENCANA.

Riyanto, Bambang. (2001). Dasar-Dasar Pembelanjaan Perusahaan. Edisi keempat. Yogyakarta: BPFE.

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Sutrisno.(2000). Dasar-dasar Manajemen Keuangan. Yogyakarta. Ekonisia UII.

Tandelilin, Eduarnus. (2017). Pasar Modal :Manajemen Portofolio dan Investasi. Edisi Elektronik. Yogyakarta. Penerbit PT KANISIUS.

Zulfikar.(2016). Pengantar Pasar Modal Dengan Pendekatan Statistika. Yogyakarta: CV Budi Utama.

http://www.idx.co.id http://m.investing.com


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.



Didukung oleh:

p-ISSN : 2443-1079
e-ISSN : 2715-8136
Program Studi Akuntansi
Fakultas Ekonomi
UNIKA Santo Thomas Jl. Setiabudi No. 479 F Tanjungsari Medan
email : info@ust.ac.id