PENGARUH PEMERIKSAAN PAJAK TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK BADAN DI KANTOR PELAYANAN PAJAK MEDAN PETISAH

Sabeth Sembiring(1*), Ria Veronica Sinaga(2), Angelina Ginting(3),

(1) Fak Ekonomi, Universitas Katolik Santo Thomas Medan
(2) Fak Ekonomi, Universitas Katolik Santo Thomas Medan
(3) Fak Ekonomi, Universitas Katolik Santo Thomas Medan
(*) Corresponding Author

Sari


Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk Untuk mengetahui penyebab tidak tercapainya target penerimaan pajak berdasarkan penyelesaian Surat Perintah Pemeriksaan (SP2) di KPP Pratama Lubuk Pakam dan mengetahui faktor faktor yang mendukung pelaksanaan pemeriksaan dan faktor-faktor penghambat yang dihadapi dalam pelaksanaan pemeriksaan. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data penyelesaian Surat Perintah Pemeriksaan (SP2) dan data target dan realisasi penerimaan pajak dari hasil pemeriksaan berdasarkan Surat Perintah Pemeriksaan (SP2) di KPP Pratama Lubuk Pakam. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah jumlah penyelesaian Surat Perintah Pemeriksaan (SP2) tahun 2016-2018. Jenis data yangdigunakan adalah data sekunder. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui metode wawancara dan dokumentasi. Metode analisis data menggunakan metode analisis deskriptif. Hasil penelitian dari efektivitas pelaksanaan pemeriksaan pajak dalam rangka meningkatkan penerimaan pajak di KPP Pratama Lubuk Pakam menunjukkan belum dapat mencapai target yang telah ditentukan, karena adanya faktor-faktor penghambat yang mempengaruhi pelaksanaan pemeriksaan tersebut yang bersifat internal maupun eksternal, yaitu jumlah pemeriksa yang kurang, terlalu luas wilayah KPP Pratama Lubuk Pakam, tingkat pengetahuan Wajib Pajak yang kurang tentang pajak, pembukuan wajib pajak yang kurang lengkap dan kurang sesuai dengan standart perpajakan serta wajib pajak yang pindah alamat tanpa memberitahu dulu pada KPP Pratama Lubuk Pakam.
Kata Kunci : Pelaksanaan Pemeriksaan Pajak, Penerimaan Pajak, Efektivitas

Kata Kunci


Pelaksanaan Pemeriksaan Pajak, Penerimaan Pajak, Efektivitas

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Aryobimo P. T. 2012. Perpajakan, Edisi Revisi. Andi offset. Yogyakarta.

Amalia, Gani. 2015. Alat Analisis Data Penelitian Bidang Ekonomi Dan Sosial, Edisi Revisi. Andi offset. Yogyakarta.

Safitri,Arya Erwin.2010.Pengaruh Pemeriksaan Pajak Terhadap Penerimaan Pajak Penghasilan, Jurnal EMBA Vol.2.

Billy, Ricky dan Inggriani Elim. 2015. Analisis Efektivitas Pemeriksaan Pajak dalam Upaya Meningkatkan Penerimaan pajak, Jurnal EMBA Vol.3.

Burhanuddin. 2017. Pengaruh Pemeriksaan Pajak terhadap Tingkat Kepatuhan Wajib Pajak PPH Badan dalam Pemenuhan Kewajiban Perpajakannya. Skripsi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Univ. Halu Oleo Kendari.

Erly,Suandy.2011. Perencanaan Pajak. Jakarta: SalembaEmpat.

Fakultas Ekonomi Universitas Katolik Santo Thomas Sumatera Utara Jurusan Akuntansi, 2019. Buku Petunjuk Teknik Penulisan Proposal Penelitian dan Penulisan Skripsi, Medan.

Ghozali, I, 2016. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang: BP. Undip.

Harahap H.N.H. 2013. Pengaruh Pelaksanaan Pemeriksaan Pajak Terhadap Tingkat Kepatuhan Wajib Pajak badan. Fakultas Ekonomi Universitas Pasundan. SkripsiUnpas. Bandung.

Priantara, Diaz. 2013. Perpajakan Indonesia. Jakarta: Penerbit Mitra Wacana Media.

Resmi,Siti.2013. Perpajakan Teori Kasus, Jakarta: SalembaEmpat.

Referensi dari Internet : www.pajak.go.id

Sitanggang,2014.Efektivitas Pelaksanaan Pemeriksaan Dalam Upaya Meningkatkan Penerimaan Negara di KPP Pratama Tulunggung.Skripsi (S1). UniversitasBrawijaya, Malang.

Siti Kurnia Rahayu. (2010). Perpajakan Indonesia: KonsepdanAspek Formal. Yogyakarta: GrahaIlmu.

Sarjono, Haryadi dan Winda Julianita. 2013.SPSS VS LISREL: Sebuah Pengantar, Aplikasi Untuk Riset, Jakarta: Salemba Empat.

Siregar, Syofian. 2018. Statistika Parametrik untuk Penelitian Kuantitatif: Dilengkapi dengan Perhitungan Manual dan Aplikasi SPSS Versi 20. Jakarta: Bumi Aksara.

Undang-undang Nomor 16 Tahun 2000. Tentang Perubahan Ketiga atas undang-undang Nomor 6 Tahun 1983 Tentang Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakan.

Undang- undangNomor 31 tahun 1968.Tata Cara Pemeriksaan Tentang Perpajakan Peraturan Pemerintah.

Waluyo. 2012. Akuntansi Pajak, Edisi 10, Salemba Empat, Jakarta.

Yun Tampubolon. 2015, Pengaruh pelaksanaan Pemeriksaan Pajak Dalam Meningkatkan Kepatuhan Wajib Pajak Badan Pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Medan Timur, Skripsi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Univ Islam Negeri Sumatera Utara.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.



Didukung oleh:

p-ISSN : 2443-1079
e-ISSN : 2715-8136
Program Studi Akuntansi
Fakultas Ekonomi
UNIKA Santo Thomas Jl. Setiabudi No. 479 F Tanjungsari Medan
email : info@ust.ac.id