PENGARUH CURRENT RATIO, TOTAL ASSETS TURN OVER, DAN DEBT TO ASSETS RATIO TERHADAP RETURN ON ASSETS PADA PERUSAHAAN MAKANAN DAN MINUMAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA

Authors

  • Joana Saragih Fak Ekonomi, Universitas Katolik Santo Thomas Mean

DOI:

https://doi.org/10.54367/jrak.v7i1.1163

Keywords:

current ratio, total asset turn over, debt to asset ratio, dan return on asset

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pengaruh current ratio, total asset turn over dan debt to asset ratio terhadapr return on asset pada perusahaan makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Untuk mencapai tujuan tersebut dirumuskan masalah “ apakah current ratio, total asset turn over dan debt to asset ratio berpengaruh terhadap return on asset pada perusahaan makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2014-2016. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling dengan jumlah sampel 10 perusahaan. Data diperoleh dari www.idx.co.id dari tahun 2014-2016. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda dan pengujian hipotesis menggunakan uji t dan uji f dengan tigkat signifikansi sebesar 5%. Hasil uji parsial (uji t) menunjukkan bahwa current ratio berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap return on asset, total asset turn over berpengaruh positif dan signifikan terhadap retun on asset, dan debt to asset ratio berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap retun on asset. Hasil Uji secara simultan (uji f) menunjukkan bahwa current ratio, total asset turn over dan debt to asset ratio berpengaruh positip dan signifikan terhadap return on asset.

Author Biography

Joana Saragih, Fak Ekonomi, Universitas Katolik Santo Thomas Mean

Fakultas Ekonomi, Program Studi Akuntansi

References

Amin, Widjaja Tunggal. (2000). Dasar-Dasar Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: Rineka Cipta.

Bursa Efek Indonesia. Laporam keuangan Tahunan Bursa Efek Indonesia www.idx.co.id dan fact Book www.idx.co.id.

Bambang, Riyanto. (2001).“Dasar-Dasar Pembelanjaan Perusahaanâ€. Yogyakarta: BPFE Yogyakarta.

Brigham, Eugene F., dan Houston, Joel. F. 2001. Manajemen Keuangan. Edisi Kedelapan. Jakarta: Erlangga.

Djarwanto, 2001.Analisis Laporan Keuangan, BPFE, Yogyakarta.

Elyas setiawan. 2015. “Pengaruh Current ratio,Inventory Turn Over,Debt to equity Ratio,Total Asset Turn Over, Sales dan Firm Size terhadap Return On Asset pada perusahaan food and beverange yang terdaftar di Bursa efek Indonesia.

Ghozali, Imam. 2006. Aplikasi Analisis Multivarisate dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Harahap, Sofian Syafri. 2008. Analisis Kritis atas Laporan Keuangan. Jakarta: Rajawali Press.

Kasmir. 2012.Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Munawir, S. 2002. Analisis Laporan Keuangan. Edisi keempat. Yogyakarta: Liberty.

Marbun, Mahardika. 2010. “Pengaruh Current ratio, Debt to equity ratio terhadap Return on Asset pada kelompok industri alas kaki yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia.

Ni Putu Juni, Candrawita (2016). “Analisis Pengaruh Likuiditas, Dan Aktivitas Terhadap Profitabilitas Pada Perusahaan Makanan Dan Minuman Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2010-2014â€. Skripsi. Universitas Lampung.

Putri, 2010. “Pengaruh rasio likuiditas, rasio solvabilitas dan rasio aktivitas terhadap profitabilitas pada perusahaan logam yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia.

Sundjaja, Ingeberlian. 2002. Manajemen Keuangan. Edisi kelima. Jakarta: Literata Lintas Media.

Published

2021-04-15

How to Cite

Saragih, J. (2021). PENGARUH CURRENT RATIO, TOTAL ASSETS TURN OVER, DAN DEBT TO ASSETS RATIO TERHADAP RETURN ON ASSETS PADA PERUSAHAAN MAKANAN DAN MINUMAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA. Jurnal Riset Akuntansi &Amp; Keuangan, 7(1), 49–57. https://doi.org/10.54367/jrak.v7i1.1163

Issue

Section

Artikel