PENGARUH ECONOMIC VALUE ADDED DAN MARKET VALUE ADDED TERHADAP RETURN SAHAM PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA

Authors

  • Esli Silalahi Fak Ekonomi, Universitas Katolik Santo Thomas Medan
  • Meiyanti Manullang Fak Ekonomi, Universitas Katolik Santo Thomas Medan

DOI:

https://doi.org/10.54367/jrak.v7i1.1171

Keywords:

Economic Value Added (EVA), Market Value Added (MVA) dan Return Saham.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Economic Value Added (EVA) dan Market Value Added (MVA) terhadap Return Saham pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tehnik dokumentasi dengan memperoleh data laporan keuangan perusahaan, yang dapat diakses melalui www.idx.co.id. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda, dengan melakukan uji asumsi klasik yaitu: uji normalitas, uji multikolonieritas dan uji heteroskedastisitas, kemudian melakukan uji t dan uji F untuk menguji secara empiris pengaruh Economc Value Added (EVA) dan Market Value Added (MVA) terhadap Return Saham pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2014-2017 sebanyak 156 perusahaan. Teknik pengambilan sampel dengan metode purposive sampling, berdasarkan tujuan peneliti dengan menggunakan beberapa kriteria tertentu, total sampel diperoleh sebanyak 25 perusahaan. Hasil penelitian uji t menunjukkan bahwa: Economic Value Added (EVA) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Return Saham ; Market Value Added (MVA) berpengaruh negatif dan signifikan terhadap Return Saham. Uji F menunjukkan Economic Value Added (EVA) dan Market Value Added (MVA) berpengaruh simultan dan signifikan terhadap Return Saham.

Author Biography

Esli Silalahi, Fak Ekonomi, Universitas Katolik Santo Thomas Medan

Fakultas Ekonomi, Program Studi Akuntansi

References

Andrias, Sang Sang dan N, Margasari. 2017. Pengaruh Economic Value Added dan Market Value Added terhadap Return Saham pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Manajemen dan Bisnis Indonesia. Universitas Negeri Yokyakarta.

Ang, Robert. 2001. Buku Pintar Pasar Modal lndonesia. Mediasoft.com

Amin Widjaja Tunggal, 2011, Memahami Konsep Economic Value Added (EVA) dan Value Based

Management (VBM), Harvarindo.

Brigham, F.E. & Houston, F.J. 2009. Fundamentals of Financial Management. (Terjemahan Ali Akbar Yulianto). Jakarta: Salemba Empat.

Dasar-Dasar Manajemen Keuangan. Terjemahan Ali Akbar Yulianto.Jakarta: Salemba Empat.

Bacidore, Jeffery M., Boquist, John A., Milbourn, Todd., and Thakor, Anjan V, 1997. The search for the best financial performance measure, Financial Analyst Journal, May- June: 1 1-20.

Dodd, James L., 1996, EVA: A New Panacea Business & Economic ,Review, July-Sept: 26-27. Dewanto, 1988. Pengaruh EVA Terhadap Harga Saham, Jurnal Ekonomi dan Bisnis Indonesia, Vol.14, No.4, pp. 1 24- 126

Ghozali, Imam. 2018. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program Spss. Semarang : Badan penerbit Universitas Diponegoro.

Gunawan, Barbara dan R, Putri Hardyani. 2014. Analisis Pengaruh Pengukuran Kinerja Keuangan Dalam Memprediksi Return Saham Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar di BEI. Jurnal Akutansi,Vol 2. Juni. Universitas Muhammadiyah Yokyakarta.

Halim, A. 2003. Analisis Investasi. Edisi Pertama. Jakarta: Salemba Empat.

Hidajat, Natasya Cindy .2018. Pengaruh Retun On Equity ,Earning Per Share Economic Value Added, Dan Market Value Added Terhadap Return Saham Pada Perusahaan Sektor Pertanian di BEI. Jurnal Ekonomi,Vol XXlll. Maret. Universitas Tarumanegara.

Horne V. James dan Jhon M. 1999.Prinsip –Prinsip Manajemen Keuangan (Fundamental Of Financial Management). Edisi 12. Jakarta: Salemba Empat.

Husniawati. 2008. Analisis Pengaruh Economic Value Added, Market Value Added, dan Risiko Sistematik terhadap Return Saham pada Perusahaan Food and Baverages. Jurnal Ekonomi dan Bisnis. Universitas Gunadarma.

Iman Ghozali dan Irwansyah, 2002. Analisis kinerja keuangan perusahaan dengan alat ukur EVA, MVA dan ROA terhadap return saham pada perusahaan manufaktur, jurnal penelitian Akuntansi-Bisnis dan Manajmen Vol 9, No 1 hal 18-33

Kartini dan G,Hermawan.2008. Economic Value Added dan Market Value Added Terhadap Return Saham. Jurnal Keuangan dan Perbankan, Vol 12. September.Yokyakarta 55283.

Kasmir. 2010. Pengantar Manajemen keuangan. Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Kountur,Melinda,F dan Victoria,N Untu. 2015. Analisis Economic Value Added Sebagai Alat Pengukuran Perbandingan Kinerja Keuangan Pada Pt.Xl Axiata Dan Pt Indosat. Jurnal Emba,

Maret. Universitas Sam Ratulangi Manado.

Kusumawati, Nugrahini dan N, Hamidah.2017. Economic Value Added Sebagai Alat Ukur Keuangan Perrusahaan. Jurnal Akademika,Vol 15. Februari. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bina Bangsa Serang.

Rahayu, Ni, Made, Putri, Sri. Dan M, Dana. 2016. Pengaruh Eva ,Mva Dan Likuiditas Terhadap Harga Saham Pada Perusahan Food dan Beverages. Jurnal Manajemen Unud,Vol 5. Universitas Udayana.

Rousana M, 1997, Memanfaatkan EVA Untuk Menilai Perusahaan di Pasar Modal Indonesia, Usahawan, No.4, Th.XXVI, April, 1997

Sartono R. Agus dan Kusdhianto Setiawan Kusdhianto, 1999. Adakah Pengaruh EVA Terhadap Nilai Perusahaan dan Kemakmuran Pemegang Saham Pada Perusahaan Publik? Jurnal Ekonomi dan Bisnis Indonesia Vol 14 No.4

Sihaloho, Johan De La Rey, Y Siahaan, P Tarigan dan Supitriyani.2017. Analisis Pengaruh Economic Value Added (EVA) Sebagai Alat Ukur Kinerja Keuangan Pada Pt Unilever Indonesia Yang Terdaftar di BEI. Jurnal Financial, Vol 3. Juni.

Soemarsono S.R. 2005. .Pengantar Akuntansi .Buku satu. Edisi lima. Jakarta: Salemba Empat.

Sidharta Utama,1997. Economic Value Added: Pengukuran Penciptaan Nilai Perusahaan. Usahawan no. 09. Th. XXXVI, September.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan (R&D). Bandung: Alfabeta.

Triyono dan Jogiyanto HM, 2000, Hubungan Kandungan Informasi Arus Kas, Komponen Arus Kas, dan Laba Akuntansi dengan Harga atau Return Saham, Jurnal Riset Akuntansi Indonesia, Vol 3, No,l, Januari:54

van Horne, J.C. & Wachowicz, J.M. 2007. Fundamentals of Financial Management (12th ed.). (Terjemahan Fitriasari, D. & Kwary, D.A.). Jakarta: Salemba Empat.

Young S. David dan Stephen F. O’Bryne. 2001. EVA& Manajemen Berdasarkan Nilai, Edisi Pertama. Jakarta: Salemba Empat.

Published

2021-04-15

How to Cite

Silalahi, E., & Manullang, M. (2021). PENGARUH ECONOMIC VALUE ADDED DAN MARKET VALUE ADDED TERHADAP RETURN SAHAM PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA. Jurnal Riset Akuntansi &Amp; Keuangan, 7(1), 30–41. https://doi.org/10.54367/jrak.v7i1.1171

Issue

Section

Artikel