PENGARUH RESIKO KREDIT, KECUKUPAN MODAL, HUTANG, DAN PENDAPATAN BUNGA TERHADAP PROFITABILITAS PADA PERUSAHAAN PERBANKAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA

Authors

  • Sabeth Sembiring FE, Universitas Katolik Santo Thomas Medan

DOI:

https://doi.org/10.54367/jrak.v7i2.1213

Keywords:

Resiko Kredit, Tingkat Kecukupan Modal, Hutang, Pendapatan Bunga, Profitabilitas

Abstract

Adanya ketidaksesuaian antara teori dengan data yang diperoleh maka dilakukan penelitian yang bertujuan untuk menguji pengaruh resiko kredit yang dukur dengan non-performing loan, tingkat kecukupan modal yang diukur dengan capital adecuacy ratio, hutang yang diukur dengan debt equity ratio, dan pendapatan diukur dengan net interest margin terhadap profitabilitas yang diukur dengan return on assets pada perusahaan perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia.Penelitian ini tergolong penelitian kausatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan perbankan yang terdaftar di BEI tahun 2011 sampai 2015. Sedangkan sampel penelitian ini ditentukan dengan metode purposive sampling sehingga diperoleh 24 perusahaan sampel. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder yang diperoleh dari www.idx.co.id. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi berganda dengan tingkat signifikansi5 %.Hasil uji secara parsial menunjukkan bahwa resiko kredit dan hutang berpengaruh negative dan signifikan terhadap profitabilitas, kecukupan modal tidak berpengaruh terhadap profitabilitas, pendapatan bunga berpengaruh positif dan signifikan terhadap profitabilitas. Hasil uji secara simultan menunjukkan rediko kredit, kecukupan modal, hutang, dan pendapatan bunga berpengaruh terhadap profitabilitas.Oleh karena itu perbankan memperhitungkan factor-faktor resiko kredit, kecukupan modal, hutang dan pendapatan bunga dalam konteks pencapaian tingkat laba yang diharapkan dengan memperhatikan kualitas penyaluran kredit, mengolah modal dengan baik dan menggunakan modal secara efektif, hutang yang dijadikan aktiva produktif diolah dengan baik, serta menjaga tingkat suku bunga kredit yang ditawarkan sehingga dapat menghasilkan modal yang tinggi.

Author Biography

Sabeth Sembiring, FE, Universitas Katolik Santo Thomas Medan

Fakultas Ekonomi, Program Studi Akuntansi

References

BI. 2015. Tentang Kewajiban Penyediaan Modal Minimum Bank, www.bi.go.id.

BI. 2015. Tentang Resiko Kredit, www.bi.go.id.

Darma. G. 2012. ANALISIS PENGARUH JUMLAH AKTIVA PRODUKTIF BANK TERHADAP TINGKAT RENTABILITAS. HTTP://BANKING.BLOG.GUNADARMA.AC.ID/2012/04/13/ANALISIS PENGARUH-JUMLAH-AKTIVA-PRODUKTIF-BANK-TERHADAP-TINGKAT RENTABILITAS/. diakses 6 april 2017.

Debt To Equity Ratio (DER). https://www.seventhsoft.net/artikel/debt-to-equity-ratio-der, diakses 6 april 2017.

Ghozali, I. 2006. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Dipenogoro.

Hidayat.T.2011.Cara Menganalisis Debt to Equity Ratio. (Online). http://www.teguhhidayat.com/2011/07/tips-menganalisis-debt-to-equity-ratio.html, diakses 6 april 2017.

Kasmir. 2012. Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Kasmir. 2008. Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Kieso. E. Donald, dkk. 2008. Akuntansi Intermedite. Jakarta: Erlangga.

Mardiasmo. 1993. Akuntansi Keuangan Dasar 1. Yogyakarta: BPFE- Yogyakarta.

Novianty D Bella. 2016. Pengaruh Resiko Kredit, Perputaran Kas, dan Tingkat Kecukupan Modal Terhadap Profitabilitas Perusahaan Perbankan yang Terdaftarr di BEI periode 2012-2014. Lampung: Program Sarjana Universitas Lampung.

Pandia, F. 2012. Manajemen Dana dan Kesehatan Bank. Jakarta: Rineka Cipta.

Putri, S Fifit. 2013. Pengaruh Resiko Kredit dan Kecukupan Modal Terhadap Tingkat Profitabilitas Pada Perusahaan perbankan yang Terdaftar di BEI. Jurnal:(2-10).

Rimsky, K Judisseno. 2002. Sistem Moneter dan Perbankan di Indonesia. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Surat Edaran Bank Indonesia Nomor 3/30/DPNP tanggal 14 Desember 2001 tentang pedoman perhitungan rasio keuangan.

SURAT KEPUTUSAN DIREKSI BANK INDONESIA No. 31 / 147 / KEP / DIR TENTANG KUALITAS AKTIVA PRODUKTIF.

Surat edaran No.6/ 23 /DPNP tentang Sistem Penilaian Tingkat Kesehatan Bank Umum. 2004. Jakarta.

Undang-Undang No. 10 Tahun 1988 Tentang Perbankan.

Utami. M. Sari. Analisis LDR dan NIM terhadap Laba perbankan yang Terdaftar di BEI Periode 2007-2012. Universitas Komputer Indonesia

Wirartha, I Made. 2005. Metodologi Penelitian Sosial Ekonomi. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Published

2021-09-10

How to Cite

Sembiring, S. (2021). PENGARUH RESIKO KREDIT, KECUKUPAN MODAL, HUTANG, DAN PENDAPATAN BUNGA TERHADAP PROFITABILITAS PADA PERUSAHAAN PERBANKAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA. Jurnal Riset Akuntansi &Amp; Keuangan, 7(2), 234–251. https://doi.org/10.54367/jrak.v7i2.1213

Issue

Section

Artikel