PENGARUH INTENSITAS ASET TETAP, LEVERAGE, LIKUIDITAS, PERTUMBUHAN PERUSAHAAN DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP REVALUASI ASET TETAP PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR SEKTOR INDUSTRI DASAR DAN KIMIA YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA

Authors

  • Herdini Br Sitepu FE, Universitas Katolik Santo Thomas
  • Evelin R.R. Silalahi FE, Universitas Katolik Santo Thomas

DOI:

https://doi.org/10.54367/jrak.v5i2.156

Keywords:

Revaluasi Aset Tetap, Intensitas Aset Tetap, Leverage, Likuiditas, Pertumbuhan Perusahaan dan Ukuran Perusahaan.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh intensitas aset tetap, leverage, likuiditas, pertumbuhan perusahaan dan ukuran perusahaan terhadap revaluasi aset tetap pada perusahaan manufaktur sektor industri dasar dan kimia yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 96 perusahaan dengan periode penelitian selama 4 tahun dari tahun 2014-2017. Data diperoleh dari Bursa Efek Indonesia melalui website www.idx.co.id.Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi logistik. Hasil uji menunjukkan bahwaleverage dan pertumbuhan perusahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap revaluasi aset tetap, intensitas aset tetap berpengaruh negatif dan signifikan terhadap revaluasi aset tetap, likuiditas berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap revaluasi aset tetap, dan ukuran perusahaan berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap revaluasi aset tetap dan secara bersama-sama variabel intensitas aset tetap, leverage, likuiditas, pertumbuhan perusahaan dan ukuran perusahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap revaluasi aset tetap. Oleh karena itu, penulis menyarankan agar penelitian selanjutnya dapat menambahkan variabel lain serta memperpanjang periode penelitian sehingga dapat melihat kecendrungan yang terjadi dalam jangka panjang sehingga hasil yang diperoleh lebih dapat menggambarkan kondisi yang sesungguhnya selama jangka panjang.

Author Biographies

Herdini Br Sitepu, FE, Universitas Katolik Santo Thomas

Dosen Tetap UNIKA Santo Thomas

Evelin R.R. Silalahi, FE, Universitas Katolik Santo Thomas

Dosen Tetap UNIKA Santo Thomas

References

Brigham, Eugene F. & Joel F.Houston. 2010. Dasar-Dasar Manajemen Keuangan. Jakarta: Salemba Empat.

Ghozali, Imam. 2018. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25.Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Harahap, Sofyan Syafri. 2018. Teori akuntansi Edisi Revisi 2011. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Ikatan Akuntansi Indonesia (IAI). 2018. Standar Akuntansi Keuangan (SAK). Jakarta: Salemba Empat.

Kasmir. 2011. Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Khairati, Adzkya. 2015. Pengaruh Leverage, Firm Size dan Fixed Asset Intensity terhadap Keputusan Perusahaan Melakukan Revaluasi Aset Tetap.Skripsi.Universitas Bung Hatta, Padang.

Lin, Y. C dan K. V Peasnell, 2000a. Asset Revaluation and Current Cost Accounting: UK Corporate Disclosure Decision in 1983.British Accounting Review, 32.

Manihuruk, Tunggul Natalius H. & Aria Farahmita.2015. Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Pemilihan Metode Revaluasi Aset Tetap pada Perusahaan yang Terdaftar di Bursa Saham Beberapa Negara ASEAN.Simposium Nasional Akuntansi 18Universitas Sumatera Utara, Medan 16-19September 2015.

Missonier-Piera, F. (2007). Motives for fixed-asset revaluation: An empirical analysis with Swiss data. Journal of Business Finance and Accounting, 34, 1025 – 1050.

Murti, Wahyu. 2011. Pengaruh Kinerja Keuangan Terhadap Return Saham. Jakarta: Cintya Press.

Riyanto,Bambang.2001. Dasar-Dasar Pembelanjaan Perusahaan.Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Rudianto.2012. Akuntansi Pengantar. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Sartono, Agus. 2016. Manajemen Keuangan Teori Dan Aplikasi. Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta.

Seng, Dyna & Jiahua Su. 2010. Managerial Incentives Behind Fixed Asset Revaluation. International Journal of Business Research, Vol 10 (2).

Sihombing, Rohana L. 2017. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Dipilihnya Model Revaluasi Dalam Pengukuran Aset Tetap Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di BEI. Skripsi. Universitas Sumatera Utara, Medan.

Sumarsan, Thomas. 2018. Akuntansi Dasar Dan Aplikasi Dalam Bisnis Versi IFRS. Jakarta: PT Indeks.

Syamsuddin, Lukman. 2009. Manajemen Keuangan Perusahaan: Konsep Aplikasi dalam: Perencanaan, Pengawasan, dan Pengambilan Keputusan. Jakarta: Rajawali Pers.

Tay, Ink. 2009. Fixed Asset Revaluation:Management Incentives and Market Reactions. Thesis. Canterbury: Lincoln Univeristy.

Published

2019-10-15

How to Cite

Sitepu, H. B., & Silalahi, E. R. (2019). PENGARUH INTENSITAS ASET TETAP, LEVERAGE, LIKUIDITAS, PERTUMBUHAN PERUSAHAAN DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP REVALUASI ASET TETAP PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR SEKTOR INDUSTRI DASAR DAN KIMIA YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA. Jurnal Riset Akuntansi &Amp; Keuangan, 5(2), 165–190. https://doi.org/10.54367/jrak.v5i2.156

Issue

Section

Artikel