PENGARUH PENCITRAAN, PROMOSI DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP MINAT MAHASISWA UNTUK MEMILIH PERGURUAN TINGGI SWASTA DI PROVINSI SUMATERA UTARA

Authors

  • Joana L. Saragih FE, Universitas Katolik Santo Thomas SU

Keywords:

Pencitraan, Promosi, Kualitas Pelayanan, Minat Mahasiswa

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh pencitraan, promosi dan kualitas pelayanan terhadap minat mahasiswa untuk memilih Perguruan Tinggi Swasta di Provinsi Sumatera Utara. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif yang didasarkan atas survey terhadap objek penelitian untuk menggambarkan suatu fenomena berkaitan dengan populasi penelitian atau estimasi proporsi populasi yang mempunyai karakteristik tertentu .Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 3(tiga) SMU yang ada di Provinsi Sumatera Utara. Pemilihan sampel data dilakukan secara purposive sampling, yaitu seleksi data yang didasarkan pada kriteria tertentu atau judgement sampling. Sampel penelitian dipilih 10(sepuluh) SMU yang dianggap repsentatif dan yang diteliti hanya siswa kelas 3(tiga) dengan perincian dipilih 30 siswa dari masing – masing SMU yang terpilih sebagai obyek penelitian, maka jumlah sampel sebanyak 300 responden. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah : Wawancara (Interview), Koesioner (Questionaire) dan Studi Dokumentasi. Metode analisis dengan regresi berganda dengan melakukan uji asumsi klasik yaitu : uji normalitas, uji multikolonieritas dan uji heteroskedastisitas kemudian di uji dengan uji F dan uji t untuk melihat pengaruh Pencitraan, Promosi dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Mahasiswa untuk memilih Perguruan Tinggi Swasta di Provinsi Sumatera Utara.

Author Biography

Joana L. Saragih, FE, Universitas Katolik Santo Thomas SU

Dosen Tetap UNIKA Santo Thomas SU

References

Eko Indrajit.2006. Manajemen Perguruan Tinggi Modern, Yogyakarta :

Penerbit Andi.

Chrisdiawan Satriyo Nugroho, 2010, Analisis Pengaruh Pencitraan,

Promosi dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Kuliah di Diploma

III Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro Semarang

Cooper, Donald R. and Pamela S.Schindler, 2003, Business Research

Methods, Eighth Edition, McGraw-Hill, Inc. New York.

Dharmmesta, B. S. (1997), Manajemen Pemasaran Analisa Perilaku

Konsumen. Edisi 1. Yogyakarta: BPFE.

David Loudon dan Albert J.Della Bitta.1993.Consumer Behaviour Concept

and Application, Penerbit Mc Grow Hill Book. Co

Erna Ferrinadewi dan S. Pantja Djati. 2004. “Upaya Mencapai Loyalitas

Konsumen Dalam Perspektif Sumber Daya Manusia†. Jurnal

Manajemen & Kewirausahaan, Vol. 6, No. 1, Maret 2004: 15 – 26

Engel, J.F., R.D. Blackweel and P.W. Miniard, (1995), Perilaku

Konsumen, jilid 1. Edisi ke enam, terjemahan oleh Budiyanto,

Binarupa Aksara, Jakarta.

Fandy Tjiptono. 1999. Strategi Pemasaran. Yogyakarta : Andi.

Lamb, Charles W; Hair, Joseph F., McDaniel, Carl. 2001. Pemasaran.

Buku 1, Alih Bahasa: David Octarevia, Jakarta: Salemba Empat.

Kotler, Philip 2000. Manajemen Pemasaran di Indonesia: Analisis,

Perencanaan, Implementasi dan Pengendalian. Buku 1, Alih Bahasa:

Hermawan, Edisi Pertama, Jakarta: Salemba Empat.

Kotler, Philips dan Armstrong, Gary. 2004. Dasar-dasar Pemasaran, Jilid

, Alih Bahasa : Alexander Sindoro, Edisi Kesembilan, Jakart:

Indeks.

Nur Indriantoro dan Bambang Supomo. 2002. Metodologi Penelitian

Bisnis Yogyakarta : Fakultas Ekonomi Universitas Gajahmada

Parasuraman, A., Valerie A. Zeithaml, dan Leonard L. Berry (1988), “A

Multiple Item Scale for Measuring Consumer Perception on Future

Researchâ€, Journal of Marketing, Vol. 49/1.

Peter, Paul J dan Olson, Jerry C. 2000. Costumer Behavior: Perilaku

Konsumen dan Strategi Pemasaran. Alih Bahasa: Damos Sihombing.

Jakarta: Erlangga.

Reinartz Werner, et al. 2004. “The Customer Relatinship management

Process : It’s measurement and Impact on Performanceâ€. Journal of

Marketing Research . Vol. XLI, P 293-305.

Santoso, Singgih. 2000. SPSS Statistik Parametrik, Jakarta : PT Elex

Media Computindo.

Schiffman, Leon G. dan Lestie L. Kanuk, 2004. Consumer Behavior, Fifth

Edition, Prentice Hall Inc, Ney Jersey

Sugiyono, 2002. Metode Penelitian, Cetakan Keenam, Bandung: Alfabeta.

Sutisna, 2001. Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran, Edisi

Pertama, Jakarta : Rosda.

Published

2015-04-22

Issue

Section

Artikel