PENGARUH PENGUMUMAN PEMBELIAN KEMBALI SAHAM (BUYBACK) TERHADAP ABNORMAL RETURN DAN VOLUME PERDAGANGAN SAHAM PADA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA

Authors

  • Afni Eliana Saragih FE, Universitas Katolik Santo Thomas SU

DOI:

https://doi.org/10.54367/jrak.v1i2.163

Keywords:

Buyback, Abnormal Return, Volume Perdagangan

Abstract

Pengumuman buyback sebagai salah satu aksi korporasi emiten merupakan salah satu informasi yang penting bagi investor. Reaksi investor atas pengumuman aksi korporasi tersebut dilihat dari perubahan harga yang ditunjukkan oleh abnormal return dan volume perdagangan yang ditunjukkan dengan trading volume activity (TVA). Penelitian ini berbasis event study dengan pengumuman buyback sebagai event yang diteliti. Metode pengambilan sampel menggunakan simple random sampling dan diperoleh 54 sampel penelitian dari 74 populasi. Uji hipotesis dilakukan dengan uji one sample t-test untuk melihat pengaruh pengumuman buyback terhadap abnormal return dalam jangka pendek (11 hari di sekitar pengumuman) dan jangka waktu yang lebih panjang (enam bulan setelah pengumuman). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat abnormal return dan peningkatan volume perdagangan dalam jangka pendek dan jangka waktu yang lebih panjang.

Author Biography

Afni Eliana Saragih, FE, Universitas Katolik Santo Thomas SU

Dosen Tetap UNIKA Santo Thomas SU

References

Agrawal, Anup, J. F. Jaffe dan G. N. Mandelker. 1992. The Post-Merger Performance of Acquiring Firms: A Re-examination of an Anomaly. The Journal of Finance Vol. XLVII, No. 4

Asquith, Paul dan D. W. Mullin.1986. Signalling with Dividends, Buyback, and Equity Issues. Financial Management Journal, Vol. 15, No. 3 pp. 27-44

Axelsson, Lars dan P. Brissman. 2011. Buyback Announcements and Abnormal returns for Swedish Listed Real Estate Companies. Thesis, Department of Real Estate and Construction Management Stockholm

Baker, H. Kent, G. E. Powell. dan E. T. Veit 2003. Why Companies Use Open-Market Repurchases: A Manajerial Perspective. The Quarterly Review of Economics and Finance 43, 483-504

Barron, Orie E. dan J.M. Karpoff. 2004. Information Precision, Transaction Cost, and Trading Volume. Journal of Banking and Finanace 28, 1207-1223

Boudry, Walter I., J. G. Kallberg, dan C. H. Liu. 2013. Investment Opportunities and Buyback. Journal of Corporate Finance 23, 23-38

Chua, Jian Ming. 2010. Corporate Governance and Earnings Management Before Buyback Announcements in Singapore. Thesis, Singapore Management University

Dixon, Rob, G.Palmer, B. Stradling dan A. Woodhead. 2008. An Emperical Survey of the Motivation for Buyback in the UK. Managerial Finance Vol.34 No.12, 886-906

Gumanti, Tatang A. 2009. Teori Sinyal dalam Manajemen Keuangan. Usahawan No.06 XXXVIII

Haw, In-Mu, S. S. M. Ho, B. Hu dan X. Zhang. 2011. The Contribution of Buyback to the Value of the firm and Cash Holdings Around the World. Journal of Corporate Finance 17, 152-166

Husnan, Suad. 2005. Dasar-Dasar Teori Portofolio dan Analisis Sekuritas. Yogyakarta: UPP AMP YKPN

Published

2015-09-22

How to Cite

Saragih, A. E. (2015). PENGARUH PENGUMUMAN PEMBELIAN KEMBALI SAHAM (BUYBACK) TERHADAP ABNORMAL RETURN DAN VOLUME PERDAGANGAN SAHAM PADA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA. Jurnal Riset Akuntansi &Amp; Keuangan, 1(2), 115–138. https://doi.org/10.54367/jrak.v1i2.163

Issue

Section

Artikel