PENGARUH PENGUNGKAPAN COORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) TERHADAP PROFITABILITAS PERUSAHAAN PERTAMBANGAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA

Authors

  • Hendri Celvin FE, Universitas Katolik Santo Thomas SU
  • Romasi Lumban Gaol FE, Unika Santo Thomas SU

DOI:

https://doi.org/10.54367/jrak.v1i2.164

Keywords:

Corporate Social Responsibility (CSR), Net Profit Margin (NPM), dan Return On Asset (ROA)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) Terhadap Profitabilitas perusahaan pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) selama periode 2011-2013. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik purposive sampling. Jumlah sampel penelitian ini adalah sebanyak 20 perusahaan pertambangan yang telah memenuhi kriteria penentuan sampel. Data diperoleh dari website resmi Bursa Efek Indonesia tahun 2011 sampai dengan 2013. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier sederhana dan pengujian hipotesis menggunakan uji statistik t dengan tingkat signifikansi sebesar 5%. Hasil uji statistik t menunjukkan bahwa Corporate Social Responsibility (CSR) tidak mempengaruhi profitabilitas yang diwakilkan oleh Net Profit Margin (NPM) dan Return On Asset (ROA). Adapun saran yang dapat peneliti berikan untuk perusahaan adalah agar tetap melakukan kegiatan CSR meskipun tidak mempengaruhi profitabilitas, karena investor cenderung berinvestasi pada perusahaan yang melaksanakan kegiatan CSR. Adapun saran untuk peneliti selanjutnya adalah agar mengganti variabel dependen lain yang dapat dipengaruhi oleh CSR.

Author Biographies

Hendri Celvin, FE, Universitas Katolik Santo Thomas SU

Dosen Tetap UNIKA Santo Thomas SU

Romasi Lumban Gaol, FE, Unika Santo Thomas SU

Dosen Tetap

References

Daniri, Mas Achmad, 2008. “Standarisasi Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (Bag I)â€. www.madani-ri.com/2008/01/17/standarisasi-tanggungjawab-sosialperusahaan-bagi

Darsono dan Ashari, 2005. Pedoman Praktis Memahami Laporan Keuangan, Andi, Yogyakarta.

Darwin, Ali. 2008. CSR: Standards dan Reporting. Makalah Disampaikan pada Seminar Nasional CSR sebagai Kewajiban Asasi Perusahaan telaah Pemerintah, Pengusaha, dan Dewan Standar Akuntansi, Unika Soegijapranata, Semarang, 18 Juni.

Gendro, Andi. 2012. Beberapa Pengertian Citra Perusahaan (Corporate Image). Artikel Berita Nasional, (www.pramesnet.com).

Ghozali, 2005. Analisis Multivariate. Edisi Ketiga. Universitas Diponegoro

Gujarati, Damondar. 2003. Ekonometrika Dasar. Jakarta : Penerbit Erlangga.

Hanafi, M . M. dan Halim, A. 2004. Analisis Laporan Keuangan. Yogyakarta : UBP AMP YKPN

Harahap, Sofyan Syafri. 2007. Analisis Kritis atas Laporan Keuangan. Edisi Kesatu. PT. Raja Grafindo Persada. Jakarta

Hernitra, Wellarizma. 2011. Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) Terhadap Profitabilitas Perusahaan. Skripsi. Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Jember.

Horne, James C. Van dan Wachoicz John M. 2005. Prinsip-Prinsip Manajemen Keuangan. Jakarta: Salemba Empat Indrawan, Danu Candra. 2011. Pengaruh Corporate Social Responsibility

Terhadap Kinerja Perusahaan. Skripsi. Semarang: Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro.

Jefkins, Frank. 2004. Public Relations. Jakarta: Erlangga.

Mawarani, Elisabeth Inge. 2010. Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility (Csr) Terhadap Profitabilitas Perusahaan Pertambangan Di Bursa Efek Indonesia. Disertasi Tidak Diterbitkan. Surabaya: Fakultas Ekonomi Universitas Pembangunan Nasional Veteran.

Munawir. 2001. Analisa Laporan Keuangan. Edisi kelima. Yogyakarta : Liberty Rahmatullah Dan Kurniati, Trianita. 2011. Panduan Praktis Pengelolaan CSR (Corporate Social Responsibility). Padeglang Dan Depok: Samudera Biru.

Sartono, Agus. 2001. Manajemen Keuangan Teori Dan Aplikasi. Yogyakarta: BPFE

Sawir, Agnes. 2000. Analisis Kinerja Keuangan dan Perencanaan Keuangan Perusahaan. Jakarta: PT Gramedia PustakaUtama

Sembiring, E.R. 2005. Karakteristik perusahaan dan pengungkapan tanggung jawab sosial: study empiris pada perusahaan yang tercatat di Bursa Efek Jakarta, Simposium Nasional Akuntansi VIII.

Simamora, Henry. 2006. Akuntansi Basis Utama Pengambilan Keputusan. Jakarta : Salemba Empat

Sugiyono, 2003. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: CV Alfabeta. Utama, Sidharta, 2007. “Evaluasi Insfrastruktur Pendukung Pelaporan Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan di Indonesia,†www.google.com.

`www.idx.co.id

Published

2015-09-22

How to Cite

Celvin, H., & Gaol, R. L. (2015). PENGARUH PENGUNGKAPAN COORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) TERHADAP PROFITABILITAS PERUSAHAAN PERTAMBANGAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA. Jurnal Riset Akuntansi &Amp; Keuangan, 1(2), 139–166. https://doi.org/10.54367/jrak.v1i2.164

Issue

Section

Artikel