PENGARUH DEBT TO EQUITY RATIO, NET PROFIT MARGIN, TOTAL ASSETS TURN OVER DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP KETEPATAN WAKTU PENYAMPAIAN LAPORAN KEUANGAN PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2011-2013

Authors

  • Irna Wati Lena Sinurat FE, Universitas Katolik Santo Thomas SU
  • Abdonsius Sitanggang FE Unika Santo Thomas SU

DOI:

https://doi.org/10.54367/jrak.v1i2.166

Keywords:

NPM, DER, SIZE, TATO dan Ketepatan Waktu Penyampaian Laporan Keuangan.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi ketepatan waktu penyampaian laporan keuangan perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Faktor-faktor yang diuji dalam penelitian ini adalah profitabilitas (Net Profit Margin), Leverage (Debt To Equity Ratio), ukuran perusahaan (SIZE) dan aktivitas (Total Asset Turn Over). Untuk mengetahui pengaruh NPM, DER, SIZE dan TATO terhadap ketepatan waktu penyampaian laporan keuangan penulis menggunakan analisis regresi logistic. Penarikan jumlah sampel menggunakan metode purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 94 dengan periode pengamatan tahun 2011- 2013 maka jumlah sampel adalah 94x3= 192 sampel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Net Profit Margin dan Debt To Equity Ratio berpengaruh positif dan tidak signifikan sedangkan ukuran perusahaan dan Total Asset Turn Over berpengaruh positif dan signifikan terhadap ketepatan waktu penyampaian laporan keuangan. Nilai koefisisen determinasi (R Square) sebesar 17.10% yang artinya variabel independen NPM, DER, SIZE dan TATO dapat menjelaskan ketepatan waktu penyampaian laporan keuangan sebagai variabel dependen sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain.

Author Biographies

Irna Wati Lena Sinurat, FE, Universitas Katolik Santo Thomas SU

Dosen Tetap UNIKA Santo Thomas SU

Abdonsius Sitanggang, FE Unika Santo Thomas SU

Dosen tetap

References

Agus. 2010. Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Ketepatan Waktu Pelaporan Keuangan di Bursa Efek Indonesia. Skripsi. Universitas Syarif Hidayatullah Jakarta.

Brigham, Eugene Fand Joel F. Houston. 2001. Fundamentals of Financial Management, Dasar – Dasar Manajemen Keuangan Buku Satu Edisi Sepuluh Salemba Empat Jakarta.

Ceacilia. 2008. Ketepatan waktu pelapoan keuangan. E-Jurnal. Universitas Stikubank Semarang.

Gozali, 2005. Aplikasi Analisis Multivrate Dengan Program IBM SPSS. Universitas Diponegoro, Semarang.

Harahap, Sofyan. 2004. Analisa Kritis Atas Laporan Keuangan. PT.Raja GrafindoPersada, Jakarta.

Herlyaminda dan Arfan, 2013. Pengaruh Financial Leverage, Likuiditas, Ukuran Perusahaan dan Umur Perusahaan terhadap Ketepatan Waktu Penyampaian Laporan Keuangan pada perusahaan Real Estate dan Property yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Akuntansi Pascasarjana Universitas Syiah Kuala. Banda Aceh.

Ifada, 2009. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Ketepatan Waktu Pelaporan Keuangan Perusahaan Manufaktur di Bursa Efek Jakarta, JAI Vol 5No. Maret 2009:43-56. Fakultas Ekonomi Universitas Islam Agung Semarang Ikatan Akuntansi Indonesia. 2009. Standar Akuntansi Keuangan. Salemba Empat Jakarta.

Kadir Abdul, 2011. Faktor-Faktor Berpengaruh Terhadap Ketepatan Waktu Pelaporan Keuangan Perusahaan Manufaktur. Jurnal Akuntansi dan Manajemen Volume 12 Nomor 1. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia ,Banjarmasin.

Kartika. 2009. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Audit Delay Pada Perusahaan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Skripsi. Universitas Sumatera Utara.

Kasmir. 2008. Pengantar Manajemen Keuangan Edisi Pertama, Kencana.

Kieso dan Weygant. 2002. Akuntansi Intermediate Edisi Kesepuluh Jilid1. Diterjemahkan oleh Emil Salim Penerbit Erlangga Jakarta.

Munawir. 2004. Analisa Laporan Keuangan. Liberty, Yogyakarta Nachrowi dan Hardius. 2008, Penggunaan Teknik Ekonometri Edisi 1. PT. Raja Grafindo Persada.

Rini Dwiyanti. 2010. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pelaporan Keuangan Pada Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Skripsi. Universitas Diponegoro, Semarang

www.bapepam.go.id.

www.Indonesian Capital Market Directory (ICMD).co.id

www.idx.co.id

Published

2015-09-22

How to Cite

Sinurat, I. W. L., & Sitanggang, A. (2015). PENGARUH DEBT TO EQUITY RATIO, NET PROFIT MARGIN, TOTAL ASSETS TURN OVER DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP KETEPATAN WAKTU PENYAMPAIAN LAPORAN KEUANGAN PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2011-2013. Jurnal Riset Akuntansi &Amp; Keuangan, 1(2), 167–180. https://doi.org/10.54367/jrak.v1i2.166

Issue

Section

Artikel