PENGARUH PERPUTARAN PERSEDIAAN, PERPUTARAN PIUTANG DAN PERTUMBUHAN PENJUALAN TERHADAP LIKUIDITAS PADA PERUSAHAAN INDUSTRI BARANG KONSUMSI YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA

Authors

  • Romasi Lumban Gaol FE, Universitas Katolik Santo Thomas SU

DOI:

https://doi.org/10.54367/jrak.v1i2.167

Keywords:

Perputaran Persediaan, Perputaran Piutang dan Pertumbuhan Penjualan dan Likuiditas

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menemukan bukti secara empiris pengaruh tingkat perputaran persediaan, tingkat perputaran piutang dan pertumbuhan penjualan terhadap likuiditas. Data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan data sekunder berupa laporan keuangan perusahaan industri barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Periode amatan dimulai dari tahun 2011-2013. Teknik analisis menggunakan regresi linier berganda. Hasil statistik dengan uji F diperoleh Fhitung sebesar 5,663 dengan tingkat signifikan sebesar 0,005, sehingga H1 diterima. Artinya, perputaran persediaan, perputaran piutang dan pertumbuhan penjualan berpengaruh positif dan signifikan secara simultan terhadap likuiditas. Dilihat dari hasil uji t, disimpulkan bahwa perputaran persediaan dan perputaran piutang tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap likuiditas, sedangkan tingkat pertumbuhan penjualan berpengaruh negatif signifikan terhadap likuiditas. Saran untuk peneliti selanjutnya diharapkan menambahkan variabel lain karena dalam penelitian ini variabel independen hanya mampu menjelaskan variabel dependen sebesar 14,6%. Peneliti selanjutnya diharapkan menggunakan objek penelitian selain perusahaan barang konsumsi. Pengukuran likuiditas dapat diukur menggunakan rasio lain selain rasio lancar, seperti rasio cepat, dan rasio kas.

Author Biography

Romasi Lumban Gaol, FE, Universitas Katolik Santo Thomas SU

Dosen Tetap UNIKA Santo Thomas SU

References

Andina Nabila. 2012. “Pengaruh Tingkat Pertumbuhan Penjualan Perputaran Piutang Terhadap Tingkat Likuiditas Pada Perusahaan Manufaktur Makanan dan Minuman Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesiaaâ€, Skripsi Sarjana, Fakultas Ekonomi USU : Medan

Debbianita. 2012. “Pengaruh perputaran Piutang dan Perputaran Modal Kerja Terhadap Likuiditas perusahaan (Studi Kasus pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Barang Konsumsi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia 2008-2011)â€, Skripsi, Universitas Kristen Maranatha Bandung.

Dunia, F. A. 2008. Pengantar Akuntansi Edisi Ketiga. Jakarta: Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.

Falahi, Muhammad Ilyas. 2010. “Pengaruh Siklus Konversi Kas dan Pertumbuhan Penjualan Terhadap Likuiditas Pada Perusahaan Retail yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesiaâ€. Skripsi, Universitas Pembangunan Nasional “Veteran†: Jakarta.

Ghozali, Iman. 2013. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21, Edisi ketujuh, Semarang : Universitas Diponegoro.

Higgins, Robert C. 2003. Analysis for Financial Management, Seventh Edition, McGraw-Hill, Singapore.

Horngren, Harrison JR., dan Bamber. 2006. Akuntansi Alih bahasa: Barlian muhammad. Edisi keenam jakarta, Indeks

James C. Van Horne dan John M. Wachowicz. 2005. Prinsip-Prinsip Manajemen Keuangan. Edisi kedua belas. Jakarta: Salemba Empat.

Jumingan. 2011. Analisis Laporan Keuangan, Aksara: Jakarta.

Kasmir. 2012. Analisis Laporan Keuangan, Jakarta : PT Rajagrafindo Persada.

Keown, et al. 2008. Manajemen Keuangan. Alih Bahasa: Widodo. Ed. 10, Jakarta: Cemerlang.

Published

2015-09-22

How to Cite

Lumban Gaol, R. (2015). PENGARUH PERPUTARAN PERSEDIAAN, PERPUTARAN PIUTANG DAN PERTUMBUHAN PENJUALAN TERHADAP LIKUIDITAS PADA PERUSAHAAN INDUSTRI BARANG KONSUMSI YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA. Jurnal Riset Akuntansi &Amp; Keuangan, 1(2), 181–202. https://doi.org/10.54367/jrak.v1i2.167

Issue

Section

Artikel