PENGARUH SANKSI PAJAK, KUALITAS PELAYANAN FISKUS, KESADARAN PERPAJAKAN TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK ORANG PRIBADI DI KPP PRATAMA MEDAN PETISAH

Authors

  • Steven Briantoro Dawolo FE, Universitas Katolik Santo Thomas SU
  • Joana L. Saragih FE, UNika Santo Thomas SU

DOI:

https://doi.org/10.54367/jrak.v1i2.168

Keywords:

Sanksi Pajak, Kualitas Pelayanan Fiskus, Kesadaran Perpajakan, dan Kepatuhan Wajib Pajak

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh sanksi pajak, kualitas pelayanan fiskus dan kesadaran perpajakan terhadap kepatuhan untuk membayar pajak wajib pajak orang pribadi (studi kasus pada KPP Pratama Medan Petisah ). Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah convenience sampling dengan jumlah sampel sebanyak 100 orang responden. Data diperoleh dari hasil kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda dan pengujian hipotesis menggunakan uji t dan uji F dengan tingkat signifikansi sebesar 5%. Hasil uji secara parsial (uji t) dan hasil uji secara simultan (uji F) menunjukkan bahwa pengaruh sanksi pajak, kualitas pelayanan fiskus dan kesadaran perpajakan mempunyai pengaruh signifikan terhadap kepatuhan membayar pajak.

Author Biographies

Steven Briantoro Dawolo, FE, Universitas Katolik Santo Thomas SU

Dosen Tetap UNIKA Santo Thomas SU

Joana L. Saragih, FE, UNika Santo Thomas SU

Dosen

References

Azwar (2001) Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Edisi Ketiga. Semarang: Badan Penerbit UNDIP.

Augusty, Ferdinand. 2006. Metode Penelitian Manajemen. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Azwar, Syaifuddin. 2005. Reliabilitas dan Validitas : Interprestasi dan Komputasi. Yogyakarta: Liberty

Agus N.Jatmiko (2006), Pengaruh Sikap Wajib Pajak Pada Pelaksanaan Sanksi Denda, Pelayanan Fiskus dan Kesadaran Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak (Studi Empiris Terhadap Wajib Pajak Orang Pribadi di Semarang). Tesis Program S2 Magister Akuntansi Universitas Diponegoro. Tidak Dipublikasikan. Parasuraman (2000)

Chaizi Nasucha, 2004, Reformasi Administrasi Publik. Jakarta: PT. Grasindo Santoso .

Gibson, James L, John M Ivancevich, James H. Donnely Jr. 2000.

Organization:Behavior, Structure, Processes. England: Irwin Inc.

Kiryanto,2000. Analisis Pengaruh Penerapan Struktur Pengendalian Intern Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Dalam Memenuhi Kewajiban Pajak Penghasilannya, EKOBIS, Vol. 1 No. 1, p. 41 – 52. Nurmantu (2003) .

Karim, Abdul .2008. Perilaku Wajib Pajak Dalam Pelunasan Tunggakan Pajak dan Implementasi Penagihan aktif di Kantor Pelayanan Pajak. Jakarta: Universitas Indonesia.

Muljono, Djoko .2008. Pajak Pertambahan Nilai. Yogyakarta: Cv Andi.

Muliari dan Setiawan. 2009. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kemauan untuk Membayar Pajak Wajib Pajak Orang Pribadi yang Melakukan Pekerjaan Bebas (Studi Kasus pada KPP Pratama Denpasar). Simposium Nasional Akuntansi XII.Denpasar Bali.

Nowak, Norman D. 2004. Tax Administration in Theory and Practice. New York : Praeger Publisher.

Robbins, Stephen P. 2001. Perilaku Organisasi, Edisi 8. Prentice Hall, Jakarta.

Supriyati dan Hidayati. 2008. Pengetahuan Pajak dan Persepsi Wajib Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak, Jurnal Akuntansi dan Teknologi Informasi. Vol. 7 No 1.

Suyatmin (2004) PENGARUH SIKAP WAJIB PAJAK TERHADAP KEPATUHAN WAHB PAJAK DALAM PEMBAYARAN PAJAK STUDI EMPIRIS DI WILAYAH KP.PBB S(JRAKARTA). Masters thesis, Program Pascasarjana Universitas Diponegoro.

UU KUP NOMOR 28 TAHUN 2007. Tentang Perubahan dan Ketentuan tata Cara Perpajakan

Wirawan B. Ilyas dan Burton , Richard .2004. Hukum Pajak. Edisi 5. Buku 1. Salemba Empat. Jakarta.

Zain , Mohamad. 2007. Manajemen Perpajakan. Edisi Buku 3. Penerbit Salemba Empat,Jakarta

Published

2015-09-23

How to Cite

Dawolo, S. B., & Saragih, J. L. (2015). PENGARUH SANKSI PAJAK, KUALITAS PELAYANAN FISKUS, KESADARAN PERPAJAKAN TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK ORANG PRIBADI DI KPP PRATAMA MEDAN PETISAH. Jurnal Riset Akuntansi &Amp; Keuangan, 1(2), 203–218. https://doi.org/10.54367/jrak.v1i2.168

Issue

Section

Artikel