PENGARUH PROFITABILITAS, LEVERAGE, STRUKTUR KEPEMILIKAN DAN STATUS PERUSAHAAN TERHADAP PENGUNGKAPAN LAPORAN KEUANGAN PADA PERUSAHAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA

Authors

  • Desi Natalia Br Sinurat FE, Universitas Katolik Santo Thomas SU
  • Eddy Rismanda Sembiring FE Unika ST Thomas SU

DOI:

https://doi.org/10.54367/jrak.v2i1.174

Keywords:

Profitabilitas, Leverage, Struktur Kepemilikan, Status Perusahaan, Pengungkapan Laporan Keuangan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh profitabilitas, leverage, struktur kepemilikan dan status perusahaan terhadap pengungkapan laporan keuangan. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah random sampling dengan menggunakan rumus slovin, dengan jumlah sampel 58 perusahaan. Data diperoleh dari Bursa Efek Indonesia dari tahun 2012-2013. Teknik analisis data yang dipergunakan adalah analisis regresi linear berganda. Hasil koefisien determinasi sebesar 0.117 hal ini berarti bahwa besarnya kemampuan variable independen untuk menjelaskan variable devenden adalah 11.7% dan sisanya sebesar 88.3% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak dimasukkan dalam model regresi. Berdasarkan hasil analisis regresi uji F menunjukkan bahwa profitabilitas (ROA), leverage (DER), kepemilikan institusional dan status perusahaan secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap pengungkapan laporan keuangan pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Berdasarkan hasil analisis regresi uji t menunjukkan bahwa profitabilitas (ROA) berpengaruh negatif dan signifikan, leverage (DER) berpengaruh positif dan tidak signifikan, kepemilikan institusional memiliki pengaruh negatif dan signifikan, dan status perusahaan memiliki pengaruh positif dan tidak signifikan terhadap pengungkapan laporan keuangan pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa profitabilitas, leverage, struktur kepemilikan dan status perusahaan berpengaruh terhadap lengkap atau tidaknya pengungkapan laporan keuangan. Saran yang diberikan kepada peneliti selanjutnya hendaknya menggunakan variabel-variabel lain yang mempengaruhi pengungkapan laporan keuagan.

Author Biographies

Desi Natalia Br Sinurat, FE, Universitas Katolik Santo Thomas SU

Dosen Tetap UNIKA Santo Thomas SU

Eddy Rismanda Sembiring, FE Unika ST Thomas SU

Dosen

References

Agustina, Dewi, 2006. Pengaruh Profitabilitas, Leverage, Kepemilikan Publik dan Status Terhadap Pengungkapan Laporan Keuangan. Jurnal Bisnis dan Akuntansi Vol. 8 No. 3 Desember 2008, hal. 219-246.

Dewi, Kumala, 2008. Pengaruh Luas Pengungkapan Laporan Keuangan Tahunan Pada Perusahaan Manufaktur di Bursa Efek Indonesia terhadap Keputusan Oleh Investor. Jurnal Penelitian.

Eugene F. Brighand, Joel F Houston. 2001. Manajemen Keuangan. Edisi Kedelapan. Jakarta : Erlanggga.

Fitriany, 2001.Pengungkapan Pada Laporan Keuangan Perusahaan Publik, Simposium Nasional Akuntansi IV, Bandung.

Ghozali, Imam, 2006, Aplikasi Analisis Multivariate, Badan Penerbitan Universitas Diponegoro, Semarang.

Hery, 2009. Teori Akuntansi. Jakarta : Kencana Prenada Media Group.

http//www.bapepam.co.id

Ikatan Akuntansi Indonesia, 2009.Standar Akuntansi Keuangan. Salemba empat, Jakarta. Indonesia Capital Market Directory 2011.

Kieso, Donald E, dkk.2002. Akuntansi Intermediate, Edisi Kesepuluh, Jakarta : Erlangga.

Kasmir, 2008.Analisis Laporan Keuangan, Jakarta : PT. Raya Grafindo Persada.

Kuncoro, Mudrajat, 2009. Metode Riset untuk Bisnis dan Ekonomi, Edisi Ketiga, Jakarta : Erlangga.

Munawir, 2000, Analisa Laporan Keuangan, Edisi Keempat, Penerbit Liberty, Yogyakarta.

Purwandari, Arumi, 2012. Pengaruh Profitabilitas, Leverage, Struktur Kepemilikan dan Status Perusahaan Terhadap Pengungkapan Laporan Keuangan Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Portal Garuda.

Santoso, Singgih, 2006. Menggunakan SPSS Untuk Statistik Parametrik. Penerbit PT.Elex Media Kamputindo Gramedia, Jakarta.

Simanjuntak, Binsar H, 2004. Fakto-faktor yang mempengaruhi Kelengkapan Pengungkapan Laporan Keuangan pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Jakarta. Jurnal Riset Akuntansi Indonesia Vol. 7 No. 3 September 2004.

Sugiyono, Wibowo, Eri, 1999. Statistik untuk Penelitian dan Aplikasinya dengan SPSS 10,0 for Windows, Alfabeta, Bandung.

Supranto, 2008. Statistik Teori Dan Aplikasi, Edisi Ketujuh, Penerbit Erlangga Jakarta.

Published

2016-04-23

How to Cite

Sinurat, D. N. B., & Sembiring, E. R. (2016). PENGARUH PROFITABILITAS, LEVERAGE, STRUKTUR KEPEMILIKAN DAN STATUS PERUSAHAAN TERHADAP PENGUNGKAPAN LAPORAN KEUANGAN PADA PERUSAHAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA. Jurnal Riset Akuntansi &Amp; Keuangan, 2(1), 63–82. https://doi.org/10.54367/jrak.v2i1.174

Issue

Section

Artikel