PENGARUH ASIMETRI INFORMASI DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP MANAJEMEN LABA PADA PERUSAHAAN FOOD DAN BEVERAGES YANG GO PUBLIC DI BURSA EFEK INDONESIA

Authors

  • Erisa Malau FE, Universitas Katolik Santo Thomas SU
  • Potak Parhusip FE Unika Santo Thomas SU

DOI:

https://doi.org/10.54367/jrak.v2i1.175

Keywords:

Asimetri Informasi, Ukuran Perusahaan dan Manajemen Laba.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah simetri informasi dan ukuran perusahaan berpengaruh secara parsial maupun secara simultan terhadap manajemen laba pada perusahaan food and beverages yang go public di Bursa Efek Indonesia tahun 2011- 2013. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder dan pemilihan sampel dengan menggunakan metode purposive sampling. Berdasarkan hasil purposive sampling dari 17 perusahaan diperoleh 14 perusahaan food and beverages yang memenuhi kriteria sampel. Metode analisis yang digunakan adalah metode analisis linier berganda untuk menguji pengaruh asimetri informasi dan ukuran perusahaan terhadap manajemen laba. Hasil penelitian menunjukkan bahwa asimetri informasi dan ukuran perusahaan secara simultan tidak berpengaruh signifikan terhadap manajemen laba pada perusahaan food and beverages yang go public di Bursa Efek Indonesia. Asimetri informasi secara parsial berpengaruh positif tetapi tidak signifikan terhadap Manajemen Laba pada perusahaan food and beverages yang go public di Bursa Efek Indonesia. Ukuran perusahaan secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap Manajemen Laba pada perusahaan food and beverages yang go public di Bursa Efek Indonesia.

Author Biographies

Erisa Malau, FE, Universitas Katolik Santo Thomas SU

Dosen Tetap UNIKA Santo Thomas SU

Potak Parhusip, FE Unika Santo Thomas SU

Dosen

References

Ali, Irfan. 2002. Pelaporan Keuangan dan Asimetri Informasi dalam Hubungan Agensi. Lintasan Ekonomi Vol. XIX No. 2.

Badruzaman, Nunung (2010). Earning management, Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi. Bandung.

Chan, K., Chan L.K., Jegadesh, N., and Lakonishok, J. 2001. Earnings Qualityand Stock Returns. NBER Working Paper Series.

Fuad. 2005. Simultanitasdan “Trade-Off†Pengambilan Keputusan Finansial dalam Mengurangi KonflikAgensi: Perandari Corporate Ownership. Simposium Nasional Akuntansi VIII. Ikatan Akuntansi Indonesia.

Ghozali, Imam. 2005. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Healy, Paul M. and J.M. Wahlen. 1998. A Review of The Earnings Management Literature and Its Implications for Standard Setting. Accounting Horizons, v. 13 (4), 1999, 365-83.

Kieso, D.E., J.J. Weigandt, dan T.D. Warfield. 2011. Intermediate Accounting IFRS Edition. Hoboken Willey.

Komalasari, Puput T. 2001. Asimetri Informasidan Cost of Equity Capital. Simposium Nasional Akuntansi III.

Meutia, Inten.2004. Pengaruh Independensi Auditor terhadap Manajemen laba untuk KAP Big 5 dan Non Big 5. Jurnal Riset Akuntansi Indonesia.Vol. 7, No. 3.

Nazir, Moh. 2003. Metode Penelitian. Cetakan Kelima. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Sastradipraja, U. 2010. Analisis dan Penggunaan Laporan Keuangan pada Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi. Bandung.

Schipper, K. (1989). “Commentary on Earnings Managementâ€. Accounting Horizon, 3: 91-102.

Scott, William R. 2009. Financial Accounting Theory. Fourth Edition. USA Prentice Hall, Inc.

Richardson, V. J. 1998. Information Asymmetry and Earnings Management: Some Evidence. http /www.ssrn.com.

Santoso, Purbayu Budi dan Ashari. 2005. Analisis Statistik dengan Microsoft Excel dan SPSS. Yogyakarta: Andi Offset.

Setiawati, L. dan A. Na.im. 2000. Manajemen Laba. Journal Ekonomi dan Bisnis. Mei: 159-176.

Sulistyanto, Sri. 2008. Manajemen Laba Teori dan Model Empiris. Grasindo: Jakarta.

Utami, W. 2006. Pengaruh Manajemen Laba terhadap Biaya Moda Ekuitas (Studi pada Perusahaan Publik Sektor Manufaktur). Jurnal Riset Akuntansi Indonesia 9 (2): 178-199.

Wasilah. 2005. Hubungan Asimetri Informasi dan Praktik Perataan Laba di Indonesia. Jurnal Akuntansi dan Keuangan. Vol. 2, No. 1. Hal. 1- 23.

www.google.com

www.idx.co.id

Published

2015-04-23

How to Cite

Malau, E., & Parhusip, P. (2015). PENGARUH ASIMETRI INFORMASI DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP MANAJEMEN LABA PADA PERUSAHAAN FOOD DAN BEVERAGES YANG GO PUBLIC DI BURSA EFEK INDONESIA. Jurnal Riset Akuntansi &Amp; Keuangan, 2(1), 83–106. https://doi.org/10.54367/jrak.v2i1.175

Issue

Section

Artikel