FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEBIJAKAN DIVIDEN PADA PERUSAHAAN INDUSTRI BARANG DAN KONSUMSI YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA

Authors

  • Joana L. Saragih Fak Ekonomi, Universitas Katolik Santo Thomas
  • Nopita Irayani Saragih Fak Ekonomi, Universitas Katolik Santo Thomas Medan

DOI:

https://doi.org/10.54367/jrak.v8i1.1752

Keywords:

Kebijakan Dividen, Profitabilitas, Likuiditas, Ukuran Perusahaan dan Leverage

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pengaruh, profitabilitas, likuiditas, ukuran perusahaan dan leverage terhadap kebijakan dividen pada perusahaan industri barang dan konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Populasi dalam penelitian ini adalah 59 perusahaan industri barang dan konsumsi. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling sesuai dengan kriteria yang telah ditentukan, sehingga diperoleh sampel 45 perusahaan, dengan periode penelitian 3 tahun sehingga jumlah seluruh 45. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dan pengujian hipotesis menggunakan uji t dan uji F dengan tingkat signifikansi sebesar 5%. Hasil uji secara parsial (uji t) menunjukkan Profitabilitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap kebijakan dividen, likuiditas berpengaruh positif tidak signifikan terhadap kebijakan dividen, ukuran perusahaan berpengaruh positif tidak signifikan dan leverage berpengaruh negatif dan signifikan terhadap kebijakan dividen. Hasil uji secara simultan (uji F) menunjukkan bahwa variabel profitabilitas, likuiditas, ukuran perusahaan dan leverage secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap kebijakan dividen pada perusahaan Industri Barang dan Konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI).

References

Agnes Sulistyowati, Suhadak, Achmad Husaini (2014). Pengaruh Struktur Modal Terhadap Kebijakan Dividen (Studi pada Perusahaan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode Tahun 2010-2012), Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya, Malang.

Bursa Efek Indonesia.Laporan Keuangan Bursa Efek Indonesia.www.idx.go.id (diakses pada 05 Desember 2019).

Eka Sartika Sari (2014). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Likuiditas, Profitabilitas, Pertumbuhan Perusahaan, Dan Kepemilikan Institusional Terhadap Kebijakan Devidend Payout Ratio (DPR). Fakultas Ekonomi Universitas Dehasen Bengkulu.

Kania Rachmawati, Dikdik Tandika, Nurdin (2017). Pengaruh Ukuran Perusahaan dan Kebijakan Utang terhadap Kebijakan Dividen (Studi kasus pada Perusahaan Properti yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2012 2015), Prosiding Manajemen ISSN: 2460 6545

Kasmir. 2010.Pengantar Manajemen Keuangan. Jakarta: Kencana Pernada Media Group.

Kekukeu Firda Lestari, Heraeni Tanuatmodjo, Mayasari (2016). Pengaruh Likuiditas Dan Profitabilitas Terhadap Kebijakan Dividen, Univesitas Pendidikan Indonesia. Journal Of Business Management Education, volume 1, number 2.

Mayang Trusta Wanudya Palupi, Nengah Sudjana, Zahroh Z.A (2017). Pengaruh Struktur Modal Terhadap Kebijakan Dividen (Studi Pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Dasar & Kimia Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2013-2015), Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya, Malang.

Ni Putu Ayu Sinta Pradnya Sari, Ni Putu Santi Suryantini (2019). Pengaruh Profitabilitas, Likuiditas, Dan Tingkat Pertumbuhan Terhadap Kebijakan Dividen Pada Perusahaan Manufaktur. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, Bali.

Nugraheni, Bernadetta Diana. 2012. Jurnal Ekonomi dan Keuangan.

Nurwani (2017). Pengaruh likuiditas dan profitabilitas terhadap kebijakan dividen Studi pada perusahaan manufaktur yang terdaftar dibursa efek Indonesia. Universitas Muhammadiyah Sumatra Utara, vol 1 no 1.

Downloads

Published

2022-03-01

How to Cite

Saragih, J. L. ., & Saragih, N. I. . (2022). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEBIJAKAN DIVIDEN PADA PERUSAHAAN INDUSTRI BARANG DAN KONSUMSI YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA. Jurnal Riset Akuntansi &Amp; Keuangan, 8(1), 77–90. https://doi.org/10.54367/jrak.v8i1.1752

Issue

Section

Artikel