PENGARUH PROFITABILITAS, LIKUIDITAS DAN LEVERAGE TERHADAP PENGHINDARAN PAJAK PADA PERUSAHAANPROPERTY DAN REAL ESTATE YANG TERDAFTAR DI BEI TAHUN 2015-2019

Authors

  • Yan Christin Br Sembiring Fak Ekonomi, Universitas Katolik Santo Thomas
  • Nipka Yolandia Hutabalian Fak Ekonomi, Universitas Katolik Santo Thomas

Keywords:

Penghindaran Pajak, Profitabilitas, Leverage, Likuiditas

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui profitabilitas, likuiditas dan leverage  berpengaruh terhadap penghindaran pajak pada perusahaan property dan real estate yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2015-2019. Sampel pada penelitian ini didapatkan dengan cara purposive sampling. Dengan jumlah sampel 65 perusahaan. Metode analisis yang digunakan adalah persamaan regresi linier berganda dengan menggunakan SPSS 22.         Dari hasil pengujian SPSS diketahui bahwa, nilai koefesien determinasi (Adjusted R Square) sebesar 0,121. Ini berarti profitablitas, likuiditas dan leverage bersama-sama mempengaruhi penghindaran pajak yaitu 12,1%. Berdasarkan hasil analisis regresi linier berganda dapat disimpulkan bahwa profitabilitas berpengaruh negatif dan  signifikan terhadap penghindaran pajak pada perusahaan property dan real estate yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2015-2019. Likuiditas  berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap penghindaran pajak pada perusahaan property dan real estate yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2015-2019. Leverage berpengaruh positif dan signifikan terhadap penghindaran pajak pada perusahaan property dan real estate yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2015-2019.

Author Biographies

Yan Christin Br Sembiring, Fak Ekonomi, Universitas Katolik Santo Thomas

<br data-mce-bogus="1">

Nipka Yolandia Hutabalian, Fak Ekonomi, Universitas Katolik Santo Thomas

<br data-mce-bogus="1">

References

Ancok. 2004. Mengapa Orang Kurang Antusias Membayar Pajak. Penelitian Psikologi Terapan. Jurnal Universitas Gajah Mada

Artinasari Nikita. 2018. Pengaruh Profitabilitas, Leverage,Likuiditas, Capital Intensity dan Inventory Intensity Terhadap Tax Avoidance. Jurnal. Surabaya: Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA)

Agus Harjito dan Martono, 2011. Manajemen Keuangan, Edisi Kedua, Cetakan Pertama, Penerbit EKONISIA, Yogyakarta.

Agusti, W. Y. 2014. Pengaruh Profitabilitas, Leverage, Corporate Governance Terhadap Tax Avoidance. Padang: Jurnal Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang.

Bradley. 1994. Bradley & Cassie, F. 1994. “An Empirical Investigation of Factors Affecting Corpotare Tax Compliance Behavior”.

Dendawijaya, Lukman . 2001, Manajemen Perbankan, Jakarta: Salemba Empat

Derashid, C., & Zhang, H. 2003. Effective Tax Rates and The “Industrial Policy” Hypothesis: Evidence from Malaysia. Journal of International Accounting, Auditing and Taxation.

Dinar, Mariana Anik Yuesti dan Ni Putu Shinta Dewi. 2019. Pengaruh Profitabilitas, Likuiditas dan Leverage Terhadap Agresivitas Pajak Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bei. Jurnal. Universitas Mahasaraswati Denpasar

Ekaputra Taufianto. 2019. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Penghindaran Pajak. Jakarta. Fakultas Ekonomi Universitas Tarumanagar.

Fahmi, I (2014),”Analisa Kinerja Keuangan, : Cetakan ketiga, Bandung, Alfabeta.

Firyatama Firyanka .2020. Pengaruh Profitabilitas, Leverage, dan Capital Intensity Terhadap Tax Avoidance. Jurnal. Tangerang. Fakultas Bisnis Universitas Buddhi Dharma.

Ghozali, I. 2006. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: Edisi Empat. Badan Penerbit Universitas Diponegoro,

https://.emitankontan.co.id

https://www.sahamok.net/emiten/sektor-property-realestate/sub-sektor-property realestate.

Hoque, et al. 2011. Tax Avoidance Crimes-A Study on Some Corporate Firms of Bangladesh.

Ida Ayu Rosa dan Putu Ery Setiawan. 2016. Pengaruh Ukuran Perusahaaan, Umur Perusahaan , Profitabilitas, Leverage dan Pertumbuhan Penjualan Terhadap Tax Avoidance . E-Jurnal Akunatansi Universitas Udayana Vol.14.3: 1584-1613

Kasmir. 2014. Analisis Laporan Keuangan, Edisi Pertama, Cetakan Ketujuh. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

Lanis, Robert and Grant Richardson. 2007. Determinants of Variability in Corporate Effective Tax Rate and Tax Reform : Evidence from Australia. Journal of Accounting and Public Policy 26, 689-704.

Liu, X and S. Cao. 2007. “Determinants of Corporate Effective Tax Rates”. The Chinese Economy

Mardiasmo. 2003. Perpajakan edisi revisi. Yogyakarta: Andi

Martono dan Agus. 2014. Manajemen Keuangan. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.Bandung

Munawir. S. 2015. Akuntansi Keuangan dan Manajemen. Yogyakarta: Edisi Revisi. Penerbit BPFE

Pasaribu, D., & Mulyani, S. 2019. Pengaruh Leverage dan Liquidity Terhadap Tax Avoidance dengan Inventory Intensity Sebagai Variabel Moderasi. Jurnal Akuntansi, Program Studi Magister Akuntansi-Univ. Trisakti

Rahayu Novita. 2015. Profitabilitas, Likuiditas, Capital Intensity dan Ukuran Perusahaan Terhadap Penghindaran Pajak.Jurnal Universitas Magelang

Resmi, Siti. 2013:23. Perpajakan teori dan kasus. Edisi 11. Jakarta: Salemba Empat

Rinaldi, dan Cheisviyanny, C. 2015. Pengaruh Profitabilitas, Ukuran Perusahaan dan Kompensasi Rugi Fiskal Terhadap Tax Avoidance Padang: Jurnal Universitas Negeri Padang.

Rosalia, Y. 2017. Pengaruh Profitabilitas, Likuiditas dan Corporate Governance Terhadap Penghindaran Pajak. Surabaya: Jurnal Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA)

Rusydi, M. Khoiru & Martani, Dwi. 2014 Pengaruh Struktur Kepemilikan Terhadap Aggresive Tax Avoidance. Simposium Nasional Akuntansi XVII.

Sartono, Agus, R. 2010. Manajemen keuangan Teori dan Aplikasi. Edisi Keempat. Yogyakarta;BPFE.

Siahaan, M. P. 2005. Pajak Daerah dan Retribusi Daerah. PT Raja Grafindo Persada. Jakarta

Siti. 2016. Perpajakan:Teori dan Kasus. Edisi 8 Buku 1. Jakarta.: Salemba Empat

S.Munawir. 2002. Analisis Laporan Keuangan, Edisi Keempat, Yogyakarta: Liberty.

Suandy, Erly. 2008. Perencanaan Pajak. Edisi Empat. Jakarta: Salemba Empat.

Sudana, I. M. 2015. Teori & Praktik Manajemen Keuangan Perusahaan Edisi 2. Jakarta: Erlangga.

Sumarsan, Thomas. 2018. Perpajakan Indonesia Edisi Kelima. Jakarta: Indeks

Sugiyono. 2017.Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta. Bandung

Suyanto, K. D. dan Supramono. 2012. Pengaruh Likuiditas, Leverage, Komisaris Independen dan Manajemen Laba Terhadap Agresivitas Pajak Perusahaan. Jurnal Keuangan dan Perbankan. : Jurnal Universitas Negeri Padang.

Tri Utami, Wahyu & Setyawan, Hendri 2015. Pengaruh Kepemilikan Keluarga Terhadap Tindakan Pajak Agresif dengan Corporate Governance Sebagai Variabel Moderating. Skripsi Akuntansi Universitas Islam Negeri Sultan Syarif.

Waluyo. 2013. Perpajakan Indonesia. Edisi 11 Buku 1. Jakarta.: Salemba Empat

Windaswari, K. A., & Merkusiwati, N. L. 2018. Pengaruh Koneksi Politik, Capital Intensity, Profitabilitas, Leverage dan Ukuran Perusahaan Pada Agresivitas Pajak. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, 23, 1980- 2008.

Zain, Mohammad. 2008. Manajemen Perpajakan, Edisi 3. Jakarta: Salemba Empat

Zebua, Cessy, Agnes. 2020. Pengaruh Good Corporate Governance Terhadap Tax avoidance Perusahaan pada Perusahaan Pertambangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Pada tahun 2017-2019. Skripsi. Medan: Universitas Katolik Santo Thomas Medan.

Downloads

Published

2022-03-01

Issue

Section

Artikel