FAKTOR-FAKTOR PENENTU MINAT MAHASISWA JURUSAN MANAJEMEN UNTUK BERWIRAUSAHA (Studi Mahasiswa Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Santo Thomas Sumatera Utara)

Authors

  • Joana L. Saragih FE, Universitas Katolik Santo Thomas SU

DOI:

https://doi.org/10.54367/jrak.v2i2.178

Keywords:

Personal, Sociological, Environmental, Berwirausaha

Abstract

Tujuan penelitian, untuk mengetahui dan menganalisis faktor-faktor apa saja yang menentukan minat mahasiswa untuk berwirausaha dan menganalisis faktor mana yang lebih dominan yang menentukan minat mahasiswa untuk berwirausaha. Populasi penelitian seluruh mahasiswa Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Katolik Santo Thomas Sumatera Utara. Sampel penelitian berjumlah 5 x n (n= banyaknya faktor yang diamati) yang mengacu pada pendapat Hair . Maka jumlah sample sebanyak 5 x 24 faktor = 120 mahasiswa. Metode pengumpulan data yaitu : wawancara (Interview), koesioner (questionaire) dan studi dokumentasi. Metode analisis dengan analisis factor. Hasil penelitian menunjukkan, dari 24 faktor yang yang dominan sebagai penentu minat mahasiswa jurusan manajemen untuk berwirausaha adalah : Faktor 1 : Keyakinan, Prestise, Pekerjaan orang tua, Tanggung jawab keluarga, Senang , Kebebasan Kebijakan pemerintah dan Kreatif ; Faktor 2 : Latar belakang kelurga, Status Sosial, Pesaing, Suka Tantangan, Kesempatan dan Inovatif ; Faktor 3 : Pendapatan, Kompetensi, Bertanggung Jawab, Modal, Optimis, Kreatif dan Kebijakan Pemerintah ; Faktor 4 ; Kepuasan , Pengalaman, Informasi dan Peluang. Untuk penelitian di masa mendatang sebaiknya menambah variabel yang akan dijadikan variabel penelitian yang diduga mempengaruhi minat mahasiswa berwirausaha. Untuk penelitian selanjutnya diharapkan peneliti dapat memperluas responden yang dijadikan sampel penelitian .

Author Biography

Joana L. Saragih, FE, Universitas Katolik Santo Thomas SU

Dosen Tetap UNIKA Santo Thomas SU

References

Ani Murwani Muhar, (2013) Faktor Penentu Minat BerwirausahaDi Kalangan Mahasiswa Perguruan Tinggi Neger (Studi Perbandingan Mahasiswa USU, UNIMED, dan IAIN), Jurnal Keuangan dan Bisnis, Vol. 5, No. 1

Alma, Buchari, 2007. Kewirausahaan, Bandung, Alfabeta.

--------------------,2010. Kewirausahaan. Bandung: Alfabeta.

Fuadi, Iski Fadli â€Hubungan Minat Berwirausaha dengan Prestasi Praktik Kerja Industri Siswa kelas XII Teknik Otomotif SMK Negri 1 Adiwerna Kabupaten Tegal.†Jurnal PTM Volume 9,Desember 2009,hlm 92-98.

Hair, J.F., Anderson, R.E., Tatham, R.L., dan Black, W.C. (1998), Multivariate Data Analysis, New Jersey: Prentice-Hall.

Muladi Wibowo.2011, “Pembelajaran kewirausahaan dan minat wirausaha lulusan SMK,†jurnal ekspansi volume 6 nomor 2 edisi september 2011.

Nasution, Arman Hakim dkk. (2001).Membangun Spirit Entrepreneur Muda Indonesia, Suatu Pendekatan Praktis dan Aplikatif. Gramedia, Jakarta.

Nugroho J, setiadi. 2003. Perilaku konsumen konsep dan implikasi untuk strategi dan penelitian pemasaran .Jakarta: Prenada Media.

Hisrich. D.Robert , Michael P.Peters dan Dean A. Shepherd. 2008. Kewirausahaan. Terjemahan Chriswan Sungkono dan Diana Angelica , Jakarta Salemba Empat.

Sugiyono, 2005, Pengujian Reliabilitas Dengan Internal Consistency, Penerbit Yogyakarta

Suryana. 2008. Kewirausahaan. Salemba empat. Jakarta.Yogyakarta: Fakultas Ekonomi Universitas Gajah Mada.

Titik Purwinarti. 2006. â€Faktor Pendorong Minat Berwirausaha (Studi lapangan terhadap polieknik Negeri Jakarta),†jurnal penelitian ekonomi dan bisi vol 5 no 1 maret 2006:39-46.

Utin Nina Hermina.dkk. â€Pengaruh mata kuliah kewirausahaan terhadap minat mahasiswa menjadi wirausaha pada program studi administrasi bisnis politeknik negeri Pontianak.†jurnal eksos juli 2011: hal 130-141.

Yulia dan Endah Kusrini “Analisis karakteristik Mahasiswa dan Faktor-Faktor yang berpengaruh terhadap kepemilikan Usaha Mandiri Mahasiswa ITS†Jurnal penelitian dan Evaluasi. 4(III). Hlm .94- 110.

http://digilib.its.ac.id/ public /ITS -Undergraduate-13441-Paper.pdf

Published

2016-09-23

How to Cite

Saragih, J. L. (2016). FAKTOR-FAKTOR PENENTU MINAT MAHASISWA JURUSAN MANAJEMEN UNTUK BERWIRAUSAHA (Studi Mahasiswa Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Santo Thomas Sumatera Utara). Jurnal Riset Akuntansi &Amp; Keuangan, 2(2), 149–172. https://doi.org/10.54367/jrak.v2i2.178

Issue

Section

Artikel