PENGARUH RASIO KEUANGAN TERHADAP PERTUMBUHAN LABA PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR SEKTOR AUTOMOTIF DAN ALLIED PRODUCT YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA

Authors

  • Maria Majesty Sihura FE, Universitas Katolik Santo Thomas SU
  • Romasi Lumban Gaol FE Unika Santo Thomas SU

DOI:

https://doi.org/10.54367/jrak.v2i2.180

Keywords:

current ratio, debt ratio, total asset turnover, return on equity dan pertumbuhan laba

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh rasio keuangan (current ratio, debt ratio, total asset turnover dan return on equity) terhadap pertumbuhan laba pada perusahaan manufaktur sektor automotif dan allied product yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Populasi penelitian adalah perusahaan manufaktur sektor automotif dan allied product yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2007- 2011 sebanyak 12 perusahaan. Data yang dibutuhkan adalah data sekunder. Teknik analisis data yang digunakan adalah persamaan regresi linear berganda. Berdasarkan hasil analisis data, diketahui bahwa rasio keuangan (current ratio, debt ratio, total asset turnover dan return on equity) berpengaruh positif signifikan secara simultan terhadap pertumbuhan laba pada perusahaan manufaktur sektor automotif dan allied product yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Dilihat dari uji t, bahwa current ratio, total asset turnover, dan return on equity berpengaruh positif signifikan terhadap pertumbuhan laba; sedangkan debt ratio tidak berpengaruh terhadap pertumbuhan laba;Keragaman variabel tidak bebas, yaitu pertumbuhan laba dapat dijelaskan oleh rasio keuangan sebesar 48.7059 persen.

Author Biographies

Maria Majesty Sihura, FE, Universitas Katolik Santo Thomas SU

Dosen Tetap UNIKA Santo Thomas SU

Romasi Lumban Gaol, FE Unika Santo Thomas SU

Dosen

References

Bodie, Zvi; Akex Jaben dan Marcus, Alan J., 2009. Investasi, Buku Dua, Alih Bahasa: Zuliani Dalimunthe, Jakarta: Salemba Empat.

Brigham, Eugene G., dan Joel F. Houston, 2006. Manajemen Keuangan, Buku Dua, Alih Bahasa: Suharto dan Herman Wibowo, Jakarta: Erlangga.

Haryanti, Dwi. 2007. Evaluasi Manfaat Rasio Keuangan dalam Memprediksi Pertumbuhan Laba pada KPRI di Kota Semarang. Jurusan Akuntansi. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Semarang.

Horne, James C. Van dan John M. Wachowicz, Jr. 2000. Prinsip-Prinsip Manajemen Keuangan, Buku Satu, Jakarta: Salemba Empat.

Ikatan Akuntan Indonesia, 2009. Standar Akuntansi Keuangan, Jakarta: Penerbit Salemba Empat.

Kasmir, 2008. Analisis Laporan Keuangan, Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Keown, Arthur J, David F. Scott JR., John D. martin dan J. William Petty, 2001. Dasar-dasar Manajemen Keuangan, Edisi Ketujuh, Alih Bahasa: Chaerul D. Djakman, Jakarta: Salemba Empat.

Kieso, Donald E; Jerry J Weygandt dan Terry D Warfield, 2004. Akuntansi Intermediate, Jilid 1, Alih Bahasa: Emil Salim, Edisi Kesepuluh, Jakarta: Erlangga.

Manurung, Jonni, 2005. Ekonometrika: Teknik Pemodelan Dasar dan Lanjutan, Cetakan Pertama, Jakarta: PT Alex Media Komputindo.

Muljo, Hery Harjono, 2007. Akuntansi Keuangan Lanjutan, Edisi Pertama, Cetakan Pertama, Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sawir, Agnes, 2005. Analisis Kinerja Keuangan dan Perencanaan Keuangan Perusahaan, Jakarta: PT. Gramedia Pustama Utama.

Sihombing, Abdonsius Sitanggang, 2011. Pengaruh Rasio Likuiditas, Rasio Leverage, Rasio Aktivitas Terhadap Pertumbuhan Laba, Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Barang Konsumsi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia, Vol. 11 No. 2, September 2011.

Syamsuddin, Lukman, 2000. Manajemen Keuangan Perusahaan: Konsep Aplikasi Perencanaan, Pengawasan dan Pengambilan Keputusan, Edisi Baru, Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.

Sugiono, Arief dan Untung, Edi, 2008. Panduan Praktis Dasar Analisa Laporan Keuangan, Jakarta: Grasindo.

Weygandt, Jerry J.; Donald E. Kieso dan Kimmel Paul D., 2008. AccountingPrinciples (Pengantar Akuntansi), Buku Dua, Alih Bahasa: Desu Adhariani dan Vera Diyanti, Jakarta: Salemba Empat.

Wild, John J., K.R Subramanyam, dan Robert F Halsey, 2005. Analisis Laporan Keuangan, Buku Satu, Edisi Kedelapan,. Alih Bahasa: Yanivi S. Bachtiar dan S. Nurwahyuni Harahap, Jakarta: Salemba Empat.

Published

2016-09-23

How to Cite

Sihura, M. M., & Lumban Gaol, R. (2016). PENGARUH RASIO KEUANGAN TERHADAP PERTUMBUHAN LABA PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR SEKTOR AUTOMOTIF DAN ALLIED PRODUCT YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA. Jurnal Riset Akuntansi &Amp; Keuangan, 2(2), 191–210. https://doi.org/10.54367/jrak.v2i2.180

Issue

Section

Artikel