PENGARUH KOMPETENSI, INDEPENDENSI DAN INTEGRITAS AUDITOR TERHADAP KUALITAS AUDIT

Authors

  • Romasi Lumban Gaol Fak Ekonomi, Universitas Katolik Santo Thomas

DOI:

https://doi.org/10.54367/jrak.v3i1.440

Keywords:

Kompetensi, Independensi dan Integritas dan kualitas audit

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan bukti empiris tentang pengaruh kompetensi, independensi dan integritas auditor terhadap kualitas audit pada Kantor Akuntan Publik di Kota Medan. Populasi penelitian adalah seluruh Auditor Kantor Akuntan Publik di Kota Medan dengan jumlah Auditor sebanyak 70 orang sebagai sampel penelitian. Berdasarkan uji koefisien determinasi menunjukkan bahwa variabel kualitas audit dijelaskan oleh variabel kompetensi, independensi, dan integritas sebesar 72,2%, sedangkan sisanya 27,8% dijelaskan oleh sebab lain di luar model. Hasil statistik dengan uji F diperoleh nilai F-hitung sebesar 30,381 dengan probabilitas 0,000. Karena probabilitas jauh lebih kecil dari nilai signifikan 0,05, maka model regresi dapat digunakan untuk memprediksi kualitas audit atau dapat dikatakan bahwa kompetensi, independensi, dan integritas auditor secara simultan berpengaruh terhadap kualitas audit. Hasil uji t menunjukkan bahwa variabel kompetensi berpengaruh positif signifikan terhadap kualitas audit, sehingga semakin baik tingkat kompetensi, maka akan semakin baik kualitas audit yang dilakukannya. Variabeli Independensi berpengaruh secara positif signifikan terhadap kualitas audit, sehingga semakin independen seorang auditor, maka akan semakin baik kualitas audit yang dilakukannya. Variabel integritas berpengaruh positif terhadap kualitas audit, sehingga semakin baik tingkat integritas, maka akan semakin baik kualitas audit yang dilakukannya.

Author Biography

Romasi Lumban Gaol, Fak Ekonomi, Universitas Katolik Santo Thomas

Dosen Tetap UNIKA Santo Thomas

References

Arens, Alvin A, dkk 2011. Jasa Audit dan Assurance. Salemba Empat. Jakarta.

Alim, M.N., T. Hapsari, dan L. Purwanti, 2007, Pengaruh Kompetensi dan Independensi terhadap Kualitas Audit dengan Etika Auditor sebagai Variabel Moderasi, SNA X Makassar, AUEP-08.

Amin Wijaya Tunggal. 2008. Manajemen Audit. Jakarta : Rineka Cipta

Azwar, Saifuddin. 2000. Reliabilitas dan Validitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Christiawan, Y.J. 2002. “Kompetensi dan Independensi Akuntan Publik: Refleksi Hasil Penelitian Empirisâ€. Journal Directory: Kumpulan Jurnal Akuntansi dan Keuangan Unika Petra. Vol. 4 / No. 2.

Carolita dan Rahardjo. 2012. Pengaruh Pengalaman Kerja, Independensi, Obyektivitas, Integritas, Kompetensi, dan Komitmen Organisasi terhadap Kualitas Audit (Studi pada Kantor Akuntan Publik di Semarang). Diponegoro Journal of Accounting, Volume 1, Nomor 2, Halaman 1-11.

De Angelo, L.E. 1981. " Auditor Size and Audit Quality". Journal of

Accounting and Economics: 183–199.

Elfarini, Eunike Christina. 2007. "Pengaruh Kompetensi dan Independensi Auditor Terhadap Kualitas Audit (Studi Empiris pada Kantor Akuntan Publik di Jawa Tengah)". Skripsi S1 FE Universitas

Negeri Semarang.

Ghozali, Iman. 2013. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21, Edisi ketujuh, Semarang : Universitas Diponegoro.

Harhinto, Teguh, 2004, Pengaruh Keahlian Dan Indepedensi Terhadap Kualitas Audit Studi Empiris Pada KAP Di Jawa Timur, Semarang, Tesis Maksi, Universitas Diponegoro.

Ilmiyati, Feny dan Yohanes Suhardjo. 2012. Pengaruh Akuntabilitas dan Kompetensi Auditor terhadap Kualitas Audit. Jurnal Akuntansi

Vol.1 No.1

Indranata, Iskandar. 2006. Terampil dan Sukses Melakukan Audit Mutu Internal ISO 9001: 2000. Bandung : Alfabeta.

Indriantoro, Nur dan Bambang Supeno. 1999. Metode Penelitian Bisnis. Edisi I Yogyakarta : BPFE

Kusharyanti. 2003. Temuan Penelitian Mengenai Kualitas Audit Dan

Kemungkinan Topik Penelitian Di Masa Datang. Akuntansi dan

Manajemen (Desember). Hal.25-60

Lasmahadi, A. 2002. Sistem Manajemen SDM Berbasis Kompetensi.

www.e-psikologi.com

Mayangsari, S. 2003. “Analisis Pengaruh Independensi, Kualitas Audit, serta Mekanisme Corporate Governance terhadap Integritas

Laporan Keuanganâ€. Simposium Nasional Akuntansi VI Surabaya,

– 17 Oktober 2003, pp. 1255–1273.

Mautz, R.K dan H.A. Sharaf. 1993. The Philosophy of Auditing. Sarasota: American Accounting Association.

Mulyadi dan Kanaka Purwadireja. 2002. Auditing. Edisi Kelima. Penerbit Salemba Empat. Jakarta.

Moizer, Peter. 1997. Auditor Reputation:The International Empirical

Evidence. International Journal of Auditing 1 (1). pp.61-74.

Nugroho, Agung, 2005. Strategi Jitu memilih Metode statistic Penelitian dengan. SPSS, Andi Jogyakarta

Purbayu, Budi Santoso, 2005, Analisis Statistik Dengan Microsoft Excel Dan SPSS, Yogyakarta,ANDI.

Rapina, Lili Marlen Saragi, Verani Carolina, 2010, Pengaruh Independensi Ekternal Auditor, Terhadap Kualitas Pelaksanaaan Audit (Studi Kasus Pada Bebebrapa Kantor Akuntan Publik Di Bandung), Akurat Jurnal Ilmiah Akuntansi No. 2 Tahun ke-1 Mei-Agustus.

Reni Amaliah. 2010. Pengaruh Akuntabilitas, Independensi, Integritas dan Kompetensi Auditor terhadap Kualitas Hasil Kerja Auditor. Skripsi. Universitas Negeri Padang

Saripudin. Netty Herawaty dan Rahayu. 2012. Pengaruh Independensi, Pengalaman, Due Professional Care, dan Akuntabilitas terhadap Kualitas Audit. E-jurnal Binar Akuntansi. Vol.1 No.1 (September).

Singgih, E.M., dan I.R. Bawono, 2010, Pengaruh Independensi,

Pengalaman, Due Professional Care dan Akuntabilitas Terhadap

Kualitas Audit, Simposium Nasional Akuntansi XIII, Purwokerto.

Sunarto, 2003, Auditing, Edisi Revisi Cetakan Pertama, Penerbit Panduan, Yogyakarta.

Sukriah, I., Akram, dan A.I. Biana, 2009, Pengaruh Pengalaman Kerja, Independensi, Obyektifitas, Integritas dan Kompetensi Terhadap Kualitas Hasil Pemeriksaan, Makalah ini dipresentasikan dalam Simposium Nasional Akuntansi XII, Palembang.

Suseno, Novie Susanti. 2013. An Empirical Analysis of Auditor

Independence and Audit Fees on Audit Quality. International

Journal of Management and Business Studies ISSN. Vol.3 (March).

Sukriah, Ika. Akram dan Biana Adha Inapty. 2009. Jurnal. Pengaruh Pengalaman Kerja, Independensi, Objektivitas, Integritas, dan Kompetensi terhadap Kualitas Audit. Simposium Nasional Akuntansi XII. Palembang.

Sukrisno, Agoes. 2004. Auditing (Pemeriksaan Akuntansi) oleh Kantor Akuntan Publik. Jakarta: Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.

Tugiman, Hiro. 2006. Pandangan Baru Internal Auditng. Yogyakarta : Kanisius.

Tugiman, Hiro. 2006. Standar Profesional Auditor Internal. Yogyakarta : Kanisius.

Published

2019-06-10

How to Cite

Lumban Gaol, R. (2019). PENGARUH KOMPETENSI, INDEPENDENSI DAN INTEGRITAS AUDITOR TERHADAP KUALITAS AUDIT. Jurnal Riset Akuntansi &Amp; Keuangan, 3(1), 47–70. https://doi.org/10.54367/jrak.v3i1.440

Issue

Section

Artikel