PENGARUH FAKTOR FUNDAMENTAL DAN RISIKO SISTEMATIK TERHADAP RETURN SAHAM PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG GO PUBLIK DI BURSA EFEK INDONESIA

Authors

  • Poltak Theodorus Parhusip Fak Ekonomi, Universitas Katolik Santo Thomas
  • Esli Silalahi Fak Ekonomi, Universitas Katolik Santo Thomas

Keywords:

Faktor Fundamental, Risiko Sistematik dan Return Saham

Abstract

Hasil pegujian secara empiris membuktikan pengaruh faktor fundamental perusahaan dan risiko sistematik terhadap return saham. Fundamental perusahaan merupakan faktor internal perusahaan yang dapat dianalisis dari data laporan keuangan, dan risiko sistematis dapat dilihat dari nila beta saham. Tujuan penelitian ini untuk menguji secara empiris pengaruh faktor fundamental perusahaan dan risiko sistematik terhadap return saham pada perusahaan manufakture di Bursa Efek Indonesua. Faktor Fundamental meliputi likuiditas, leverage keuangan, return on equity, earning per share, sedangkan risiko sistematik diukur dari beta saham. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tehnik Dokumentasi dilakukan dengan mengumpulkan dan mentabulasikan data yaitu berupa data laporan keuangan dan data harga saham individu dan harga saham gabungan yang dapat diakses melalui internet, pojok bursa dan jurnal yang berkaitan dengan topik penelitian. Metode analisis yang digunakan adalah dengan analisis regresi linear berganda dengan melakukan uji asumsi klasik yaitu : uji normalitas, uji heteroskedastisitas dan uji multikolonieritas kemudian setelah memenuhi uji asumsi klasik dilakukan pegujian hipotesis baik pengujian secara simultan (uji F) dan pengujian secara parsial (uji t) Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahwa Pengujian secara simultan Likuiditas , Leverage keuangan, Return on equity, Earning per share dan Beta saham berpengaruh positif dan signifikan terhadap return saham sedangkan pengujian secara parsial menunjukkan bahwa likuiditas dan return on equity berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap return saham ; Leverage keuangan, Earning per share dan Beta saham berpengaruh positif dan signifikan terhadap return saham.

Author Biographies

Poltak Theodorus Parhusip, Fak Ekonomi, Universitas Katolik Santo Thomas

Dosen Tetap UNIKA Santo Thomas

Esli Silalahi, Fak Ekonomi, Universitas Katolik Santo Thomas

Dosen Tetap UNIKA Santo Thomas

References

Absari Dyatri Utami Arian, 2012. Analisis Pengaruh Faktor Fundamental Perusahaan Dan Risiko Sistematis Terhadap Return Saham Pada Perusahaan Manufaktur yang Listing Di Bursa Efek Indonesia Periode 2008-2011. Thesis Universitas Brawijaya Malang. http:// ejournal.uinmalang.

ac. id/index.php/el.. ./article/ .Di Akses 10 Desember 2013

Anastasia Nio, 2003. Analisis Faktor Fundamental dan Risiko Sistematik Terhadap Harga Saham Di Bursa Efek Jakarta. Jurnal Akuntansi & Keuangan Vol. 5, No. 2, hal 123 - 132

Absari Dyatri Utami Arian, 2012. Analisis Pengaruh Faktor Fundamental Perusahaan Dan Risiko Sistematis Terhadap Return Saham Pada Perusahaan Manufaktur yang Listing Di Bursa Efek Indonesia Periode 2008-2011. Thesis Universitas Brawijaya Malang. http:// ejournal.uinmalang.

ac. id/index.php/el.. ./articl e/.Di Akses 10 Desember 2013

Aristanto Eko, 2002. Pengaruh Faktor Fundamental Perusahaan dan

Fundamental Ekonomi Terhadap Risiko Investasi Pada Saham Sektor Perbankan Yang Go Public Di Bursa Efek Jakarta Periode 1994-1999.

Thesis Pascasarjana Universitas Padjadjaran bandung

Brigham Eugene F. & Houston Joel F, 2006. Dasar-Dasar Manajemen Keuangan Terjemahan Ali Akbar Yulianto, Edisi kesepuluh Jakarta: Salemba Empat Dian, R.2009. Analisis Pengaruh Faktor - faktor fundamental Terhadap Harga

Saham Studi pada Perusahaan Yang masuk Kategori LQ 45 Periode 2008.

Undergraduate thesis, University of Muhammadiyah Malang.

http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/ 2749. Di Akses 22 Maret 2016

Dhatt, S., Kim, Y. H., dan Mukherji, S. 1999. Hubungan antara Stock Return dengan Berbagai Variabel Fundamental di Pasar Modal Korea Selatan, Asia- Pacific Financial Markets Journal 6: 221233.

Husnan, S. 2005. Dasar-Dasar Teori Portfolio dan Analisis Sekuritas, Edisi Ketiga. Unit Penerbit dan Percetakan UNP YKPN. Yogyakarta.

Husnan, S. dan Pudjiastuti. 1994. Dasar Manajemen Keuangan Edisi 1, Yogyakarta : Penerbit dan Percetakan AMP YKPN.

Meythi. 2007. Rasio Keuangan Yang Paling Baik Untuk Memprediksi

Return Saham, Jurnal Bisnis Dan Akuntansi hal : 47-65.

Martono & Agus Harjito, 2001. Manajemen Keuangan. Edisi Pertama, Yogyakarta : Penerbit Ekonesia

Sembel, Roy. 2001. Indikator Fundamental, Jurnal Pasar Modal Indonesia, Edisi Maret, Jakarta. Jakarta stock Echange.

Syahrir, 1995. Tinjauan Pasar Modal Jakarta, PT. Gramedia Pustaka Umum Sitompul, K., A. F. Lubis,. And S. Fauzie, 2010. Analisis Pengaruh Faktor- faktor Fundamental Terhadap Harga Saham Perusahaan Real Estate dan Property yang terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. http:// repository.usu.ac.id. Di akses 20 Mei 2011.

Sunardi, H. 2010. Pengaruh Penilaian Kinerja dengan ROI dan EVA terhadap Return Saham pada Perusahaan yang Tergabung dalam Indeks LQ 45 di Bursa Efek Indonesia, Jurnal Akuntansi hal: 70-92.

Syamsudin, L. 2007. Manajemen Keuangan Perusahaan, Edisi Baru. PT. Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Tandelilin, E. 2010. Portofolio dan Investasi, Edisi Pertama. KANISIUS (Anggota IKAPI). Yogyakarta.

Warsono. 2008. Kontribusi Pasar Modal terhadap Perekonomian Indonesia, Economics Bulletin Usahawan XXXVII .

Wiksuana, I Gst. Bgs. 2008. Pengaruh Faktor-faktor Fundamental

terhadap Return Saham di Bursa Efek Indonesia, Jurnal Bisnis dan Manajeman hal : 401-411.

Wira, V. 2008. Analisa Karakteristik Perusahaan Terhadap Return dan Beta Perusahaan Makanan dan Minuman di Bursa Efek Jakarta, Jurnal Bisnis dan Manajeman hal : 1-110.

Published

2019-06-10

Issue

Section

Artikel