ANALISIS PERBANDINGAN KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN SEBELUM DAN SESUDAH MERGER DAN AKUISISI YANG TERDAFTAR DIBURSA EFEK INDONESIA (STUDI PADA PERUSAHAAN PUBLIK TAHUN 2010-2013)

Authors

  • Fitriani F. Silaban Fak Ekonomi, Universitas Katolik Santo Thomas
  • Evelin R.R. Silalahi Fak Ekonomi, Universitas Katolik Santo Thomas

DOI:

https://doi.org/10.54367/jrak.v3i2.444

Keywords:

Merger dan Akuisisi, Net Profit Margin, Return on Investment, Return on Equity, Return on Assets, Earning Per Share, Total Asset Turn over, Current Ratio, dan Debt To Equity Ratio.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan kinerja keuangan perusahaan yang melakukan merger dan akuisisi 2 tahun sebelum dan 2 tahun sesudah merger dan akuisisipada perusahaan publik yang terdaftar di Bursa efek indonesia tahun 2010-2013.Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 14 perusahaan. Data diperoleh dari Bursa Efek Indonesia tahun 2010-2013. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji beda (uji t) dan pengujian hipotesis menggunakan uji Paired Sample T-test dengan tingkat signifikansi sebesar 5%.Berdasarkan hasil penelitian dan uji Paired Sample T-test menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan kinerja keuangan perusahaan yang melakukan merger dan akuisisi 2 tahun sebelum dan 2 tahun sesudah merger dan akuisisi yang diukur dengan Net Profit Margin, Return on Investment, Return on Equity,Earning Per Share, Total Asset Turn over, Current Ratio, Debt To Equity Ratio, sedangkan pada Return on Assets terdapat perbedaan yang signifikan terhadap kinerja keuangan pada perusahaan publik yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2010-2013. Hasil penelitian ini disebabkan karena adanya kemungkinan principal yang mengusulkan merger dan akuisisi dilakukan tanpa melakukan pengendalian terhadap kinerja perusahaan yang akan dimerger dan diakuisisi serta kemungkinan agen juga memanfaatkan keputusan ini untuk kepentingan pribadi yang menjadikan kinerja perusahaan tidak optimal sehingga tujuan merger dan akuisisi yang dibuat perusahaan untuk meningkatkan nilai dan kinerja perusahaan tidak tercapai.

Author Biographies

Fitriani F. Silaban, Fak Ekonomi, Universitas Katolik Santo Thomas

Dosen Tetap UNIKA Santo Thomas

Evelin R.R. Silalahi, Fak Ekonomi, Universitas Katolik Santo Thomas

Dosen Tetap UNIKA Santo Thomas

References

Dharmasetya, Lany dan Vonny Sulaiman. 2009. Merger dan Akuisisi. Tinjauan dari sudut akuntansi dan perpajakan. Jakarta : PT Elex Media Komputindo.

Fatimah, Siti.2013.Analisis Perbedaan Kinerja Keuangan Sebelum dan Sesudah akuisisi (Pada perusahaan Publik yang terdaftar di bursa efek indonesia periode 2007-2009). Jurnal akuntansi. Agustus.

Fahmi irham. 2014. Manajemen Keuangan Perusahaan Dan Pasar Modal:Jakarta : Mitra Wacana Media.

Fitriasari. F. 2016. Analisis Perbandingan Kinerja Keuangan PerusahaanSebelumdanSesudah Merger dan Akuisisi Terhadap Manajemen Enterenchment ( Studi Perusahaan yang melakukan Merger dan Akuisisi yang terdaftar di BEI periode 2011-2013). Skripsi. Sidoarjo: Program Manajemen Universitas Muhhammadiyah Sidoarjo.

Ghozali. I. 2016. Aplikasi Analisis Multivariate dengan program SPSS. Semarang:Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Halim. A. 2015.Akuntansi Keuangan Lanjutan. Malang: Mitra Wacana Media.

Hamidah & M. Noviani. 2013. Perbandingan Kinerja Keuangan

PerusahaanSebelum Dan Sesudah Merger Dan Akuisisi (Pada Perusahaan Pengakuisisi Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2004-2006.Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia.. Vol. 4. No. 1.

Jo, Estanol, Albert B dan Seldeslachts. 2005. Merger Failures, University of Western Ontario, Jerman.

Indriani. Y. 2015. Analisis Perbandingan Kinerja Keuangan Sebelum dan Sesudah Merger dan Akuisisi Pada Perusahaan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2010-2011.Skripsi. Medan: Program Studi S1 Manajemen Universitas Sumatera Utara.

I Made Sudana. 2011. Manajemen keuangan perusahaan teori dan praktik.Jakarta : Erlangga.

Kasmir. 2012. Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.Komisi Pengawas Persaingan Usaha. 2013. Daftar Notifikasi Merger dan Akuisisi.www.kppu.go.id.

Kusumaningsih, Yeni. (2010). Analisis Perbedaan Kinerja Keuangan Sebelum Dan Sesudah Merger Pada BPR BKK Kabupaten Kendal. Skripsi pada Universitas Diponegoro : diterbitkan. Kusumo,

Moin. Abdul. 2013. Merger, Akuisisi, dan Divestasi.Yogyakarta.Jilid 1. Ekonisia.

Munawir. 2001. Akuntansi Keuangan dan Manajemen. Edisi Pertama, YogyakartaBPFE.

Nugroho, Muhammad Aji, 2010. Analisis Perbandingan Kinerja Keuangan Perusahaan Sebelum dan Sesudah Merger dan Akuisisi (Pada Perusahaan Pengakuisisi, periode 2002-2003).Skripsi. Fakultas Ekonomi dan BisnisUniversitas Diponegoro (Dipublikasikan).

Payamta. 2001. Analisis Perbandingan keputusan merger dan akuisisiterhadap perubahan kinerja perusahaan publik indonesia. Simposium nasional Akuntansi IV

Prabowo, Arief Seno. 2012. Analisa Pengaruh Keputusan Merger dan Akuisisi Terhadap Perubahan Kinerja Perusahaan (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI). Medan: Universitas Sumatera Utara.

R. Agus Sartono. 2001, Manajemen Keuangan Teori dan AplikasiEdisi 4, Yogyakarta. BPFE

Raharjaputra, Hendra. Manajemen Keuangan dan Akuntansi (Untuk Eksekutif Perusahaan ). 2009. Jakarta: Penerbit Salemba Empat.

Rifianti, Rizky. 2014. Kinerja Operasi Pada Perusahaan yang Melakukan Merger dan Akuisisi di Bursa Efek Indonesia Tahun 2006-2011. Skripsi. Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta (Dipublikasikan).

Sarah & Maksun. 2009. Analisis Kinerja Keuangan Sebelum dan Sesudah Merger dan Akuisisi pada perusahaan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia: Jurnal Fakultas Ekonomi Universitas Sumatera Utara.

Saviera, Gita Amelia. (2012). Analisis Merger Dan Akuisisi Perusahaan Non Keuangan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2000-2008.Skripsi. Depok: Universitas Indonesia

Sudaryo, Yoyo. 2014. “Analisis Perbandingan Kinerja Keuangan Sebelum danSetelah Merger dan Akuisisi Pada PT XL Axiata Tbk Ditinjau dari ReturnOn Asset (ROA), Return On Equity (ROE), Current Ratio (CR), Debt to Total Assests (DAR)â€. Jurnal Indonesia Membangun. Vol 2 No. 1.

Suryawathy, I Gusti Ary. 2013. “Analisis Kinerja Keuangan Sebelum dan Sesudah Merger pada Perusahaan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesiaâ€.Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Humanika.

Sjahdeini, Sutan remy. Merger, Konsolidasi dan Akusisi Bank. Jakarta:Perpustakaan IBI.

Syamsuddin, Lukman. 1985. Manajemen Keuangan Perusahaan. Malang: PT Raja Grafindo Persada.

Wachowicz, Van Horne John M. 2005. Prinsip-prinsip Manajemen Keuangan, Buku 2 Edisi 12, dialih bahasakan oleh Deni Fitriasari dan Deny Arnos Kwary, Jakarta Salemba Empat.

Wibowo. Fairuz. 2012. Analisis Perbandingan Kinerja Keuangan Perusahaan Sebelum dan Sesudah Merger dan Akuisisi (Studi pada Perusahaan yang melakukan Merger dan Akuisisi. Periode 2004-2010). Skripsi S-1 Jurusan Manajemen Keuangan Fakultas Ekonomi. Universitas Diponegoro Semarang.

Widjaja. 2002. Merger dalam Perspektif Monopoli. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada .

Widyaputra, Dyaksa. 2006. Analisis Perbandingan Kinerja Perusahaan & Abnormal Return Saham Sebelum & Sesudah Merger dan Akuisisi (di BursaEfek Jakarta Periode 1998-2004). Thesis Pascasarjana Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro, Semarang.

Published

2019-06-11

How to Cite

Silaban, F. F., & Silalahi, E. R. (2019). ANALISIS PERBANDINGAN KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN SEBELUM DAN SESUDAH MERGER DAN AKUISISI YANG TERDAFTAR DIBURSA EFEK INDONESIA (STUDI PADA PERUSAHAAN PUBLIK TAHUN 2010-2013). Jurnal Riset Akuntansi &Amp; Keuangan, 3(2), 139–160. https://doi.org/10.54367/jrak.v3i2.444

Issue

Section

Artikel