ANALISIS REAKSI PASAR ATAS PENGGABUNGAN USAHA PADA PERUSAHAAN GO PUBLIC DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2012-2014

Authors

  • Dhita Hariani Br Tarigan Fak Ekonomi, Universitas Katolik Santo Thomas
  • Romasi Lumban Gaol Fak Ekonomi, Universitas Katolik Santo Thomas

DOI:

https://doi.org/10.54367/jrak.v3i2.446

Keywords:

Merger, Akuisisi, Harga Saham, Return Saham, Return Ekspektasi, Abnormal Return

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh pengumuman merger dan akuisisi terhadap reasksi pasar yang diukur dengan perubahan harga saham, return saham, return ekspektasi dan abnormal return saham pada perusahaan go public di Bursa Efek Indonesia periode 2012-2014. Perusahaan sampel yang di uji dalam penelitian ini adalah 46 perusahaan dari berbagai jenis industri yang berbeda-beda yang melakukan merger dan akuisisi selama periode 2012-2014.Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling.Data diperoleh dari Bursa Efek Indonesia tahun 2012 sampai dengan 2014.Pengujian hipotesis yang digunakan adalah One sample t-test dan Paired sample t-test dengan tingkat signifikansi sebesar 5%.Dari hasil pengujian diperolehbahwa perusahaan pengakuisisi tidak memperoleh tambahan kemakmuran dari aktivitas merger dan akuisisi. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa secara statistik tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara rata-rata abnormal return sebelum dan sesudah pengumuman merger dan akuisisi.

Author Biographies

Dhita Hariani Br Tarigan, Fak Ekonomi, Universitas Katolik Santo Thomas

Dosen Tetap UNIKA Santo Thomas

Romasi Lumban Gaol, Fak Ekonomi, Universitas Katolik Santo Thomas

Dosen Tetap UNIKA Santo Thomas

References

Edward, M.Y. 2012. Analisis Reaksi Pasar Atas Pengumuman Merger dan Akuisisi.Jurnal Dinamika Ekonomi dan Bisnis.Vol.9, No.1.

Floyd A. Beams dan Amir Abadi Jusuf, 1999. Akuntansi Keuangan Lanjutan Di Indonesia, Buku Satu, Salemba Empat.

Karyawati, Golrida. 2009. Akuntansi Keuangan Lanjutan (Advanced Accounting). Jakarta: Erlangga.

Meilany, Kania Intan. 2008. Analisis Pengaruh Merger dan Akuisisi Terhadap Return Saham, Volume Perdagangan Saham, Risiko Sistematis, dan Kinerja Keuangan Pada Perusahaan Go Public di BEI. Skripsi. Jakarta: Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Mohamad Heykal, Monica Hennisia Wijayanti. 2015. Analisis Hubungan Antara Merger dan Akuisisi Terhadap Kinerja Keuangan dan Return Saham Pada Perbankan yang Terdaftar Di BEI. Jurnal Akuntansi, Keuangan dan Perbankan. Vol.1, No.3.

Novaliza, Putri dan Atik Djajanti. 2013. Analisis Pengaruh Merger dan Akuisisi Terhadap Kinerja Perusahaan Publik di Indonesia (Periode 2004-2011). Jurnal Akuntansi dan Bisnis.Vol.1, No.1.

R. Drebin, Allan. 2006. Advanced Accounting. Jakarta: Erlangga.

Rahmawati, Indah. 2007. Pengaruh Merger dan Akuisisi Terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan Manufaktur Go Public di Indonesia.Skripsi. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.

Rumondang, Astri. 2010. Analisis Dampak Pengumuman Merger dan Akuisisi Terhadap Abnormal Return Saham Perusahaan.Skripsi. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.

Sianturi, Heriston. 2010. Analisis Pengaruh Perlakuan Akuntansi Penggabungan Usaha Terhadap Harga Saham. Jurnal Ilmiah Satya Negara Indonesia.Vol.3, No.1.

Slamat Harijono Aritonang, Atim Djazuli dan H.M. Harry Susanto.2009. Analisis Return, Abnormal Return, Aktivitas Volume Perdagangan Atas Pengumuman Merger dan akuisisi. Wacana. Vol.12, No.4.

Widyastuti, Ira. 2010. Analisis Perbandingan Return dan Risiko Pemegang Saham Sebelum dan Sesudah Merger dan Akuisisi.Skripsi. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.

www.idx.co.id

www.kppu.go.id

finance.yahoo.com

Published

2019-06-11

How to Cite

Tarigan, D. H. B., & Lumban Gaol, R. (2019). ANALISIS REAKSI PASAR ATAS PENGGABUNGAN USAHA PADA PERUSAHAAN GO PUBLIC DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2012-2014. Jurnal Riset Akuntansi &Amp; Keuangan, 3(2), 181–202. https://doi.org/10.54367/jrak.v3i2.446

Issue

Section

Artikel