PERBEDAAN PERSEPSI KONSUMEN ATAS FAKTOR PENENTU TEMPAT BELANJA PADA INDOMARET DAN ALFAMART ( Studi Kasus Pada Masyarakat Kelurahan Mangga Kecamatan Medan Tuntungan )

Authors

  • Elisabeth - Fak Ekonomi Universitas Katolik Santo Thomas

DOI:

https://doi.org/10.54367/jrak.v3i2.447

Keywords:

Produk, Lokasi, Harga, Iklan, Kenyamanan dan Pelayanan

Abstract

Tujuan penelitian ini menganalisis perbedaan persepsi konsumen atas faktor penentu tempat belanja mengenai produk, lokasi, harga, kenyamanan berbelanja, iklan, dan pelayanan karyawan yang terdapat di Indomaret dan Alfamart dan menganalisis beberapa macam faktor yang menjadi keunggulan Indomaret dan Alfamart untuk dapat bersaing dengan ritel- ritel lain yang terdapat di Kelurahan Mangga Kecamatan Medan Tuntungan. Jumlah sampel 200 responden, metode pengumpulan data melalui koesioner dan dokumentasi, variabel yang diteliti tentang persepsi konsumen atas faktor penentu tempat belanja mengenai produk, lokasi, harga, kenyamanan berbelanja, iklan, dan pelayanan karyawan yang dimiliki oleh Indomaret dan Alfamart, metode analisis data dengan chisquare. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan persepsi konsumen Indomaret dengan persepsi konsumen Alfamart pada indikator lokasi, kelengkapan produk yang ditawarkan, harga dan iklan. Perbedaan yang dimaksudkab di atas bahwa Indomaret lebih unggul di bandingkan dengan Alfamart. Sedangkan dari segi kenyamanan berbelanja dan pelayanan yang diberikan mempunyai perbedaan yang signifikan dalam arti Alfamart lebih unggul dibandingkan dengan Indomaret. Berdasarkan hasil pengujian hipotesa dengan Chi†Square ( χ2 ) diketahui bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara persepsi konsumen Indomaret dengan persepsi konsumen Alfamart. Hal ini ditunjukkan dengan nilai χ2 hitung ( χ2 = 28.4) > χ2 tabel (χ2 tabel = 11,07). Bagi pihak manajemen Indomaret sebaiknya menyempurnakan kebijakan yang berhubungan dengan kenyamanan dalam berbelanja seperti kemudahan mobilitas konsumen saat berbelanja dan kualitas pelayanan. Sedangkan bagi pihak Alfamart sebaiknya mengevaluasi kebijakan yang berhubungan dengan produk, lokasi, harga dan iklan.

Author Biography

Elisabeth -, Fak Ekonomi Universitas Katolik Santo Thomas

Dosen Tetap UNIKA Santo Thomas

References

Amir, M. Taufiq. 2005, Dinamika Pemasaran: Jelajahi & Rasakan, . Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.

Basu Swastha. 2002, Manajemen Pemasaran. Edisi Kedua. Cetakan Kedelapan. Jakarta: Penerbit Liberty

Fandy Tjiptono,2000, Manajemen Jasa, Andi Offset, Yogyakarta.

____________,2001, Strategi Bisnis dan Manajemen, Andi Offset, Yogyakarta.

Fandi Tjiptono dan Gregorius Candra .2005. Service, Quality, and Satisfaction. Yogyakarta: Andi Offset.

J. Setiadi, Nugroho, 2003, â€Perilaku Konsumen Konsep dan Implikasi untuk Strategi dan Penelitian Pemasaranâ€. Jakarta: Kencana.

Kolcaba, Katherine. 2003, Comfort Theory And Practice: A Vision For Holistic Health Care And Research : New York: Spinger Publishing Company.

Kotler, Philip .2003. Marketing Management. New Jersey: Prentice Hall.

___________, 2000, Marketing Management : Analysis Planning Implemebtation

and Control, Millenium Edition, Englewood Cliffs, New Jersey : Prentice Hall, Inc.

Kotler dan Amstrong. 2001. Prinsip - prinsip Pemasaran . Jilid 1 dan 2.Edisi 12. Jakarta: Erlangga

________________ 2008, Prinsip - prinsip Pemasaran, Jilid 1, Erlangga, Jakarta

Lupiyoadi, Rambat, 2001, Manajemen Pemasaran Jasa : Teori dan Praktik, Penerbit Salemba Empat, Edisi Pertama, Jakarta.

Rangkuti, Freddy .2003. Riset Pemasaran. Jakarta: Gramedia Pustaka Ulama Santono, Singgih dan Tjiptono, Fandy, 2001. Riset Pemasaran: Konsep dan Aplikasi dengan SPSS, Edisi Pertama, Jakarta: Alex Media Komputindo

Schiffman dan Kanuk. 2000. Perilaku konsumen. Edisi 7. Jakarta: Indeks Sugiyono, 1994, Statistik Untuk Penelitian, Alfabeta, Bandung.

Sumarwan, Ujang. (2003). “ Perilaku Konsumen “. Penerbit Ghalia Indonesia, Jakarta

Yazid. 1999, Pemasaran Jasa, Konsep dan Implementasi Yogyakarta : Fakultas Ekonomi UII

Published

2019-06-11

How to Cite

-, E. (2019). PERBEDAAN PERSEPSI KONSUMEN ATAS FAKTOR PENENTU TEMPAT BELANJA PADA INDOMARET DAN ALFAMART ( Studi Kasus Pada Masyarakat Kelurahan Mangga Kecamatan Medan Tuntungan ). Jurnal Riset Akuntansi &Amp; Keuangan, 3(2), 202–222. https://doi.org/10.54367/jrak.v3i2.447

Issue

Section

Artikel