ANALISIS DESAIN PRODUK DAN JASA

Authors

  • Sarimonang Sihombing Fak Ekonomi, Universitas Katolik Santo Thomas
  • Darna Sitanggang Fak Ekonomi, Universitas Katolik Santo Thomas

DOI:

https://doi.org/10.54367/jrak.v4i2.456

Keywords:

Desain, produk, jasa, inovasi, strategi

Abstract

Dasar keberadaan organisasi adalah produk (barang atau jasa) yang disajikan ke masyarakat . Pembuatan barang atau jasa harus selalu disesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan pasar yang selalu berubah, pasar harus selalu menjadi fokus perhatian dalam setiap kegiatan operasi. Untuk itu dituntut kemampuan perusahaan secara terus menerus menemukan produk baru untuk didesain, dikembangkan dan dipasarkan. Produk baru, bisa berupa produk baru bagi dunia, lini produk baru, tambahan pada lini produk yang sudah ada, revisi atas produk yang sudah ada, penempatan kembali dan penekanan biaya. Secara garis besar siklus kehidupan produk dibagi menjadi empat tahapan, yaitu: tahapan perkenalan (Introduction), tahapan pertumbuhan (Growth), tahapan kejenuhan (Maturity) dan tahapan penurunan (Decline). Langkah-langkah dalam pengembangan produk terdiri dari pemilihan produk, rancangan awal, konstruksi prototype, testing dan final desain.Dalam merancang jasa, manajemen harus secara seksama membaca harapanharapan pelanggan.Kunci dari desain produk jasa adalah mendefinisikan secara tepat barang-barang yang terikat dalam jasa . Suatu campuran yang tepat dari ketiga komponen tersebut harus disampaikan. Tetapi tidak cukup mendefinisikan ciri-ciri barang jasa dalam istilah yang umum/luas, standar-standar juga harus ditentukan.

Author Biographies

Sarimonang Sihombing, Fak Ekonomi, Universitas Katolik Santo Thomas

Dosen Tetap UNIKA Santo Thomas

Darna Sitanggang, Fak Ekonomi, Universitas Katolik Santo Thomas

Dosen Tetap UNIKA Santo Thomas

References

Bary Render dan Jay Heizer, 2005. Manajemen Operasi, Edisi Ketujuh, Buku 1, Jakarta. Penerbit: Salemba Empat

Jacobs F,Robert dan Chase B, Richard, 2015. Manajemen Operasi dan Rantai Pasokan, Operations and Supply Chain Management, Edisi 14, Buku 1, Jakarta. Penerbit: Salemba Empat.

Kosasih Sobarsa, 2009. Manajemen Operasi Internasional, Edisi Pertama, Jakarta, Penerbit Mitra Wacana Media

Schroeder G. Roger, 2000. Manajemen Operasi, Pengambilan Keputusan dalam Suatu Fungsi Operasi, Edisi Kelima. Jakarta. Penerbit: Erlangga

Tampubolon Manahan,P.2004. Manajemen Operasional, Edisi Pertama, Jakarta. Penerbit: Ghalia Indonesia

Published

2019-06-11

How to Cite

Sihombing, S., & Sitanggang, D. (2019). ANALISIS DESAIN PRODUK DAN JASA. Jurnal Riset Akuntansi &Amp; Keuangan, 4(2), 137–156. https://doi.org/10.54367/jrak.v4i2.456

Issue

Section

Artikel