PENGARUH CORPORATE SOSIAL RESPONSIBILITY (CSR) TERHADAP KINERJA KEUANGAN PADA PERUSAHAAN MAKANAN DAN MINUMAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA

Authors

  • Herna R Simaremare Fak Ekonomi, Universitas Katolik Santo Thomas
  • Romasi Lumban Gaol Fak Ekonomi, Universitas Katolik Santo Thomas

DOI:

https://doi.org/10.54367/jrak.v4i2.457

Keywords:

Pengungakapan CorporateSocial Responsibility, Kinerja Keuangan Perusahaan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan secara empiris pengaruh pengungkapan Corporate Social Responsibility terhadap kinerja keuangan perusahaan makanan dan minuman yang terdaftar di bursa efek indonesia (BEI) tahun 2013- 2016.Populasi dalampenelitianiniadalah 18 perusahaan makanan dan minuman. Teknik pengambilan sampel adalah dengan cara purposive sampling sesuai dengan kriteria yang telah ditentukan, sehingga diperoleh 11 perusahaan sampel dengan periode penelitian selama 4 tahun, sehingga jumlah seluruh sampel 44, data diperoleh dari Bursa Efek Indonesia dari tahun 2013 sampai tahun 2016. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linier sederhana dengan tingkat signifikansi yang dipergunakan adalah 5% dan untuk pengujian hipotesis digunakan uji t.Hasil uji statistik terbukti bahwa Corporate Social Responsibility (CSR) memiliki pengaruh yang positif dan tidak signifikan terhadap kinerja perusahaan yang diproksikan dengan Return On Asset (ROA) dimana nilai thitung 0,754< nilai ttabel 2,017 dan nilai signifikansi 0,455> 0,05. Dan hasil uji statistik terbukti bahwaCorporate Social Responsibility (CSR) memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kinerja perusahaan yang diproksikan dengan Net Profit Margin (NPM) dimana nilai thitung 2,308 > nilai ttabel 2,017 dan nilai signifikansi 0,026 < 0,05. Hasil uji koefisien determinasi (r2) menunjukkan bahwa besarnya pengaruh Corporate Social Responsibility terhadap kinerja perusahaan yang diproksikan dengan return on assets sebesar 1,3% dan sisanya 98,7% dipengaruhi oleh faktor lain. Dan uji koefisien determinasi (r2) menunjukkan bahwa besarnya pengaruh Corporate Social Responsibility terhadap kinerja perusahaan yang diproksikan dengan Net Profit Margin sebesar 11,3% dan sisanya 88,7% dipengaruhi oleh faktor lain.Saran yang diberikan kepada peneliti selanjutnya hendaknya menambah tahun penelitian, sampel penelitian dan variabel lain yang mempengaruhi kinerja keuangan perusahaan.

Author Biographies

Herna R Simaremare, Fak Ekonomi, Universitas Katolik Santo Thomas

Dosen Tetap UNIKA Santo Thomas

Romasi Lumban Gaol, Fak Ekonomi, Universitas Katolik Santo Thomas

Dosen Tetap UNIKA Santo Thomas

References

Ajilaksana. 2013. Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Kinerja Perusahaan. Skripsi. Semarang: Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro.

Alit. 2013. Pengaruh pengungkapan CSR terhadap kinerja keuangan perusahaan pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Akuntansi Universitas Udayana.

Anggara. 2015.pengaruh pengungkapan CSR terhadap kinerja keuangan perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. simposium nasional akuntansi 6,Yogyakarta.

Bursa Efek Indonesia. Laporan Tahunan Bursa Efek Indonesia.

(www.idx.co.id), (diakses pada 06 Februari 2018).

Daniri, Achmad. 2008. Standarisasi Tanggungjawab Sosial Perusahaan.

(http://www.madani-ri.com). Diakses 15 Februari 2018.

Ghozali, H Imam. 2006. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ibnu. 2012. Pengaruhcorporate social responsibilityterhadap kinerja

keuangan perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek

Indonesia. Jurnal Akuntansi Universitas Dian Nusantara.

Indrawan, Danu Candra. 2011. Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Kinerja Perusahaan. Skripsi. Semarang: Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro.

Kadek, rosiliana. 2014. pengaruh pengungkapan CSR terhadap kinerja keuangan perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Akuntansi Universitas Pendidikan Ganesha Bamdung .

Kamaludin. 2010. Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Kinerja Perusahaan. Skripsi. Semarang: Fakultas Ekonomi Universitas Islam Negeri Jakarta.

Kartini, Dwi. 2009. corporate sosial responsibilitytransformasi konsep sustainability managementdan implementasi di indonesia. Bandung: PT Refika Aditama.

Kasmir. 2012. Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Lako, Andreas. 2011.Dekonstruksi CSR & Reformasi Paradigma Bisnis dan Akuntansi. Jakarta: Erlangga.

Satria, Emerald. 2013. Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Kinerja Perusahaan. Skripsi. Semarang: Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro.

Sembiring, E.R. 2005. Karakteristik perusahaan dan pengungkapan

tanggungjawab sosial: study empiris pada perusahaan yang

tercatat di Bursa Efek Jakarta, Simposium Nasional Akuntansi

VIII.

Sugyono. 2015. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Undang-undang No. 40 tahun 2007 tertang Perseroan Terbatas.

Published

2019-06-11

How to Cite

Simaremare, H. R., & Lumban Gaol, R. (2019). PENGARUH CORPORATE SOSIAL RESPONSIBILITY (CSR) TERHADAP KINERJA KEUANGAN PADA PERUSAHAAN MAKANAN DAN MINUMAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA. Jurnal Riset Akuntansi &Amp; Keuangan, 4(2), 157–174. https://doi.org/10.54367/jrak.v4i2.457

Issue

Section

Artikel