PENGARUH PROMOSI, HARGA DAN INOVASI PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA KENTUCKY FRIED CHICKEN (KFC) SIMPANG MATARAM MEDAN

Authors

  • Sunarti E. Silaban FE, Universitas Katolik Santo Thomas
  • Elisabeth Elisabeth FE, Universitas Katolik Santo Thomas
  • Roslinda Sagala FE, Universitas Katolik Santo Thomas

DOI:

https://doi.org/10.54367/jrak.v5i2.534

Keywords:

Promosi, Harga, Inovasi Produk, Keputusan Pembelian KFC.

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh promosi, harga dan inovasi produk terhadap keputusan pembelian KFC Simpang Mataram Medan. Pengumpulan data dilakukan melalui cara penyebaran kuesioner yang dilaksanakan pada 100 pengunjung pada KFC Simpang Mataram Medan. Analisis data pada penelitian ini menggunakan SPSS versi 22. Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persamaan regresi berganda adalah Y=3,374+0,531X1+0,285X2+0,149X3 artinya dalam pengujian uji F menunjukkan bahwa Promosi, harga dan inovasi produk berpengaruh positif dan signifikan secara simultan terhadap keputusan pembelian KFC Simpang Mataram Medan (Fhitung sebesar 30,041 > Ftabel sebesar 2,70). Secara parsial (uji t) menunukkan bahwa promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian KFC Simpang Matararam Medan (thitung 5,675 > 1,984 dan tingkat signifikan sebesar 0,000 < 0,05), harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian KFC Simpang Mataram Medan (thitung 2,330 > 1,984 dan tingkat signifikan 0,022 < 0,05) dan Inovasi produk berpengaruh positif tetapi tidak signifikan terhadap keputusan pembelian sebesar (thitung 1,708 < 1,984 dengan tingkat signifikan 0,091 > 0,05 ) dan nilai koefisien determinasi (R square) sebesar 0,484 Artinya, Keputusan Pembelian dapat dijelaskan oleh Promosi, Harga dan Inovasi Produk sebesar 48,4%, sedangkan 42,6% lagi dijelaskan oleh faktor lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini seperti komunikasi dan keamanan dan lain-lain. Dan dari hasil penelitian dan pembahasan sebaiknya KFC Simpang Mataram Medan semakin mengembangkan dan mempertahankan indikator-indikator dari Promosi, harga dan inovasi produk yang telah ada di KFC Simpang Mataram Medan.

Author Biographies

Sunarti E. Silaban, FE, Universitas Katolik Santo Thomas

Dosen Tetap UNIKA Santo Thomas

Elisabeth Elisabeth, FE, Universitas Katolik Santo Thomas

Dosen Tetap UNIKA Santo Thomas

Roslinda Sagala, FE, Universitas Katolik Santo Thomas

Dosen Tetap UNIKA Santo Thomas

References

Arikunto, Suharsimi, 2002, Metodologi Penelitian. Penerbit PT. Rineka Cipta. Jakarta.

Astari, Tuti. (2017), “Pengaruh harga, kualitas produk dan promosi penjualan terhadap keputusan pembelian produk makanan ringan hasil olahan laut dikota tanjung pinang. Skripsi. Fakultas Ekonomi, Universitas Riau.

Harahap, Nurzannah, (2013), “Pengaruh kualitas produk, harga dan promosi tehadap keputusan pembelian mie instant merek sedaap pada mahasiswa asrama putri Universitas Sumatera Utaraâ€. skripsi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Sumatera Utara.

Hartono, Jogiyanto, 2004, Metodologi Penelitian Bisnis, BPFE, Yogyakarta.

Hersona, S.G.W., Muslihat, dan Setyawan, T. 2013, Analisis Pengaruh Bauran Promosi terhadap Keputusan Pembelian Jasa di Lembaga Pendidikan Speaking Karawang. Jurnal Manajemen. Vol.10. No. 3 April 2013. h. 1149-1159.

Irawan, 2000, Manajemen Pemasaran Modern, Edisi 2, Yogyakarta : Liberty.

Kotler, Philip, 2000, Manajemen Pemasaran, Edisi Milenium, Jakarta, Prehallindo

Lupiyoadi, Rambat dan A. Hamdani. 2006, Manajemen Pemasaran Jasa. Edisi Kedua. Jakarta; Salemba Empat.

Sudarsono, D. S dan Kurniawati, Dyah, 2013, Elemen Ekuitas Merek Dalam Keputusan Pembelian Laptop. Vol. 1 No. 1

Swastha, Basu dan Irawan, 2001, Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta: Liberty.

Tamamudin, 2012. Analisis Pengaruh Pengenalan Merek, Persepsi Kualitas, Harapan Konsumen dan Inovasi Produk terhadap Keputusan Membeli Dan Dampaknya Pada Loyalitas Konsumen (Studi Kasus: Produk Batik Sutra Halus Merek Tamina). Jurnal Penelitian Vol. 9, No. 2,November 2012. Hlm. 283-300.

Tantia, D. (2017) “Pengaruk kualitas pelayanan , harga, promosi dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian pada makanan cepat saji KFC Coffee Kedaton Bandar Lampungâ€. Skripsi, Fakultas Ekonomi, Universitas Lampung

Tjiptono, Fandy. 2006, Manajemen Jasa. Yogyakarta:Penerbit Andi.

Ujianto, Abdurachman, 2004, Jurnal Manajemen & Kewirausahaan Vol. 6, No. 1, Maret 2004: 34 -53Analisis Faktor-Faktor yang Menimbulkan Kecenderungan Minat Beli Konsumen Sarung (Studi Perilaku Konsumen Sarung di Jawa Timur), Staf Pengajar Fakultas Ekonomi,Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya.

Published

2019-10-15

How to Cite

Silaban, S. E., Elisabeth, E., & Sagala, R. (2019). PENGARUH PROMOSI, HARGA DAN INOVASI PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA KENTUCKY FRIED CHICKEN (KFC) SIMPANG MATARAM MEDAN. Jurnal Riset Akuntansi &Amp; Keuangan, 5(2), 209–228. https://doi.org/10.54367/jrak.v5i2.534

Issue

Section

Artikel